4 Jenis Bunga Pengusir Nyamuk

Iklim tropis di Indonesia menjadi salah satu faktor pendukung banyaknya populasi nyamuk yang kerap mengganggu manusia. Terlebih lagi jika sedang musim hujan, genangan air yang muncul sering menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Cara pengusiran yang menggunakan racun nyamuk, terkadang beresiko terhadap kesehatan manusia. Oleh karena itu, terdapat beberapa cara lain yang lebih aman, salah satunya dengan mengandalkan aroma bunga. Berikut beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk:

Tanaman Pengusir Nyamuk

Kecombrang Bibit Kecombrang »

kecombrang mengusir nyamukKecombrang umumnya digunakan sebagai campuran bumbu dalam memasak berbagai jenis makanan di Indonesia. Tanaman ini memiliki bunga yang cukup cantik dengan warna pink ataupun hijau kekuningan. Aroma bunganya yang agak asam sangat tidak disukai oleh nyamuk, sehingga dapat dimanfaatkan juga sebagai bunga pengusir nyamuk. Sayangnya, kebanyakan kecombrang lebih dimanfaatkan sebagai bumbu masak, dibandingkan menjadi hiasan sekaligus pengusir nyamuk.

Geranium / Tapak Dara Bibit Geranium »

tapak dara anti nyamukGeranium atau Tapak Dara merupakan jenis bunga yang sudah cukup dikenal untuk mengusir nyamuk. Bunga ini memiliki zat citronella yang mudah terbang dan memenuhi udara di sekitarnya. Zat inilah yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Walaupun geranium sering ditanam di luar ruangan, anda juga bisa menanamnya di dalam ruangan dengan menempatkannya di dekat jendela. Dengan begitu, hembusan angin dari luar dapat menerbangkan zat citronella ke dalam dan mengusir nyamuk di dalam ruangan. Ada tiga jenis geranium, seperti Citrosa Mosquito Fighter, Citrosa Lady Diana dan Citrosa Queen of Lemon.

Lavender Bibit Lavender »

lavender mengusir nyamukLavender juga menjadi jenis tanaman yang sangat umum digunakan untuk mengusir nyamuk. Bahkan beberapa produk anti nyamuk mulai dari lotion hingga cairan, telah menggunakan aroma bunga ini. Lavender merupakan bunga dari pegunungan Alpen di Swiss dan diperbanyak dengan penyemaian biji. Bunga ini mengeluarkan aroma yang wangi namun sangat tidak disukai oleh nyamuk. Zat linalool dan lynalyl acetate merupakan zat yang mengeluarkan aroma wangi tersebut dan sering diambil dengan proses penyulingan untuk membuat lotion, aromaterapi, sabun ataupun parfum. Menempatkan bunga ini di dalam pot dan menarunya di dekat jendela merupakan hal yang tepat.

Rosemary Bibit Rosemary »

rosemary tanaman pengusir nyamukRosemary merupakan jenis tanaman yang tak hanya memiliki bunga yang indah, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat, bumbu masak hingga pengusir nyamuk. Aroma yang dikeluarkan tumbuhan ini mirip seperti minyak telon dan sangat ampuh dalam mengusir nyamuk. Aroma tersebut mampu mengacaukan efektivitas penciuman nyamuk, sehingga nyamuk akan menghindarinya. Jenis bunga ini sangat menyukai cahaya matahari, sehingga pertumbuhannya akan lebih baik jika berada di luar ruangan. Namun, untuk dijadikan pengusir nyamuk, menempatkannya di dekat jendela merupakan pilihan yang tepat. Tumbuhan akan mendapatkan pencahayaan yang baik serta saat tertiup angin, aromanya dapat mengusir nyamuk di dalam ruangan.

Dibalik kecantikan warna-warni bunga tersebut, tersimpan manfaat yang sangat besar. Selain dapat digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk, ada pula yang bermanfaat untuk kesehatan manusia, dan tentunya dapat memperindah ruangan maupun pekarangan rumah anda.

Leave a Reply