7 Tanaman yang Berkhasiat Mengobati Diabetes

Tanaman herbal memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh manusia karena bisa digunakan sebagai alternatif pengobatan tanpa efek samping. Penyakit diabetes yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah, menjadi salah satu penyakit yang banyak ditemui. Namun di sekitar kita juga ada banyak tanaman obat yang berkhasiat untuk mengatasinya. Berikut tujuh jenis tanaman yang berkhasiat mengobati penyakit diabetes :

Tanaman Obat Diabetes

Sambiloto Bibit Sambiloto »

sambilotoDaun sambiloto umumnya digunakan untuk membuat jamu. Dibalik rasanya yang pahit, daun ini juga memiliki kandungan flavonoid yang cukup tinggi, yang berkhasiat mengurangi produksi glukosa pada hati sehingga dapat mengurangi kadar gula darah di dalam tubuh. Selain itu, daun ini juga dapat mengaktifkan sel beta pankreas yang berfungsi menghasilkan jumlah insulin yang cukup.

Kumis Kucing Bibit Kumis Kucing »

kumis kucingKumis kucing memiliki kandungan nutrisi dan mineral seperti orthosihon glikosida, myoinositol, minyak atsiri, garam kalium serta saponin yang dapat mengaktifkan sel beta pankreas. Manfaat lainnya adalah sebagai peluruh air seni dan anti peradangan untuk mencegah amputasi akibat ulkus diabetes. Ambil segenggam daunnya dan rebus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Saring dan minum sebelum tidur malam.

Daun Salam Bibit Salam »

daun salamDaun salam berfungsi untuk memperbaiki sirkulasi pada tubuh sehingga glukosa tidak akan menetap di aliran darah, tetapi akan kembali kedalam sel untuk diproses menjadi energi. Daun salam memiliki 0,05% minyak atsiri yang terdiri dari tannin, eugenol, sitral serta senyawa yang sangat berpengaruh menurunkan gula darah seperti flavanoid.

Pegagan Bibit Pegagan »

daun pegaganKeseluruhan bagian dari tumbuhan pegagan memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan, khususnya untuk menurunkan gula darah. Tanaman obat diabetes ini juga memiliki fungsi lain sebagai anti toksin, anti infeksi, anti lepra, anti sifilis serta penurun panas.

Tapak Dara Bibit Tapak Dara »

tapak daraTapak Dara memiliki kandungan alkaloid sebanyak 70 jenis yang salah satunya berguna untuk menurunkan kadar gula darah. Bagian yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan adalah daun dan bunganya. 3 lembar daun dan 15 kuntum bunga direbus dalam 4 gelas air hingga sisa air tinggal 1,5 gelas. Kemudian diminum setiap pagi dan sore hari setelah makan.

Mahkota Dewa Bibit Mahkota Dewa »

mahkota dewaMahkota dewa dapat digunakan untuk menurunkan gula darah sehingga efektif menjadi obat diabetes. Penggunaannya dilakukan dengan merebus irisan buah mahkota dewa dalam segelas air panas. Dapat diminum sebanyak 2-3 kali sehari.

Pletekan Bibit Pletekan »

pletekanRuellia Tuberosa atau yang lebih dikenal dengan pletekan, merupakan tanaman obat diabetes yang cukup ampuh. Rebusan daun pletekan ini dapat menurunkan gula darah sehingga dapat mengobati diabetes secara alami. Saring air rebusan, kemudian diminum setiap pagi dan sore hari setelah makan.

Alam telah menyediakan banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Menanam dan melestarikan berbagai tanaman obat, dapat membuat lingkungan menjadi lebih hijau dan sewaktu-waktu diperlukan dapat menjadi pengobatan alternatif yang jauh lebih aman dibandingkan obat-obatan kimia. Budayakan pengobatan dengan cara alami.

Leave a Reply