Apakah Kurma bisa berbuah di Indonesia?

Mungkin banyak orang bertanya kenapa kita selalu mengimpor kurma dari Timor Tengah, khususnya Arab Saudi. Apakah kurma bisa berbuah jika di taman di Indonesia? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita harus menganalisa karakteristik pohon kurma.

Seperti yang kita ketahui, kurma tumbuh subur di wilayah Timur Tengah, dimana suhu udara di wilayah tersebut sangat panas antara 40o-50oC dan pohon Kurma hanya memerlukan sedikit air untuk tumbuh kembangnya.

Namun demikian, kita harus ingat bahwa Indonesia adalah negara agraris yang dapat ditumbuhi tanaman apapun, tidak terkecuali dengan Kurma. Hal tersebut dibuktikan oleh seorang ustad di pondok pesantren Darussalam yang menanam kurma sejak 1994, dan 7 tahun kemudian tepatnya pada 2011, pohon Kurma tersebut menghasilkan buah yang pertama. Meskipun hasil buahnya tidak semanis buah Kurma yang berasal dari Arab Saudi.

Jual Bibit Kurma Unggul

Berdasarkan percobaan yang dilakukan tersebut, pihak petani bersama institut pertanian mengembangkan penelitian lebih lanjut tentang pertumbuhan buah kurma agar dapat menghasilkan buah berkualitas dan pada akhirnya sekarang sudah ditemukan formula terbaik untuk menanam kurma di Indonesia. Hal tersebut juga sudah dilakukan oleh beberapa negara di kawasan ASEAN seperti Malaysia dan Thailand yang notabene cuacanya hampir mirip Indonesia.

jual bibit kurma unggulKini, kami sudah menyediakan bibit kurma unggul yang dapat di tanam di wilayah Indonesia berdataran rendah, khususnya di wilayah yang memiliki suhu antara 30-35 derajat celcius.

Bibit Kurma yang kami jual sudah tumbuh sekitar 40-60 cm, seperti tampak pada gambar di samping. Lebih detailnya, silahkan lihat katalog kami disini.

Di habitat aslinya, pohon Kurma dapat tumbuh sangat tinggi mencapai 15 meter. Tetapi dengan penelitian dan uji coba, para petani dan peneliti mampu menghasilkan bibit Kurma yang tumbuh tidak terlalu tinggi namun dapat menghasilkan buah yang baik.

Satu bibit kurma unggul akan lebih baik dari satu hektar tanaman sayur karena setiap tahunnya dapat menghasilkan hampir 3 kwintal buah kurma yang berharga jauh lebih baik dari tanaman lainnya.

Jadi kesimpulannya, Kurma dapat ditanam di Indonesia, bahkan masa panen lebih cepat dari pohon kurma yang berada di habitat aslinya, yakni Timur Tengah. Tetapi buah Kurma yang dihasilkan lebih rendah, meski dapat berbuah yang sama banyaknya. Tertarik mencoba?

Leave a Reply