Cara Menanam Buah Duku dan Perawatannya

Cara Menanam Buah Duku hampir sama dengan menanam tanaman buah lainnya. Budidaya buah duku harus dilakukan di tempat terbuka, bisa saja di tanam dalam pot namun tetap harus berada di luar ruangan agar terkena sinar matahari secara langsung. Tanaman buah Duku juga sangat bergantung pada air, mengingat kebutuhan air untuk tumbuh kembangnya cukup banyak, jadi pengairan tidak boleh terlambat.

Tanaman duku akan tumbuh baik jika ditanam pada wilayah dataran tinggi, dengan suhu rata-rata 19 derajat. Dan ketika musim hujan datang memiliki curah hujan yang tinggi dan juga intensitas cahaya yang tinggi.

Duku memiliki kandungan vitamin yang banyak jadi sangat baik dikonsumsi oleh segala usia. Terlebih lagi, tidak ada efek samping jika memakan duku berlebihan, tidak seperti durian misalnya yang tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak karena dapat meningkatkan darah tinggi.

Cara Menanam Buah Duku agar cepat Berbuah

Agar tanaman duku cepat berbuah, anda harus memiliki bibit duku yang berasal dari tanaman unggul. Selain itu, media tanam juga harus terjaga kualitasnya dengan memenuhi unsur hara dan nutrisi tanah. Perawatan juga harus tepat dan teratur.

Persiapan Bibit Duku

bibit buah duku unggulJika anda menaman buah duku dari bijinya tentunya sangat tidak efektif dan memakan waktu lama untuk berbua. Selain itu juga belum tentu buah yang akan tumbuh nanti berkualitas baik, karena tidak mudah mendapatkan bibit buah duku unggul dari bijinya. Sebaiknya menanam duku dari bijinya hanya dilakukan apabila tidak ada opsi lainnya.

Solusi terbaik yang kami rekomendasikan adalah dengan membeli bibit tanaman duku yang sudah tumbuh. Dan untungnya, kami sudah menyediakan 3 varian buah duku yang bisa anda pilih, diantaranya Tanaman Duku Palembang, Tanaman Dukong atau Duku Malaysia, dan Tanaman Duku tanpa biji.

Harga yang kami tawarkan cukup terjangkau, untuk mendapatkan bibit tanaman duku Palembang, anda hanya perlu merogoh kocek 85 ribu rupiah, bibit dukong seharga 145 ribu, dan yang paling mahal adalah bibit tanaman duku tanpa biji yang kami jual dengan harga 220 ribu, mengingat kualitas dan rasanya sangat manis. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat katalognya di situs utama kami disini.

Penanaman buah Duku

Media tanam yang harus dipersiapkan untuk menanam buah duku adalah tanah berpasir, arang sekam, dan kompos ataupun pupuk kandang. Campurkan ketiga media tersebut dengan perbandingan 1x1x1. Diaduk dan biarkan 1-2 hari agar kesemua bahan menyatu dengan sempurna.

cara menanam buah dukuPerlu dilakukan pembajakan tanah terlebih dahulu sebelum melakukan proses penanaman. Pembajakan tanah dimaksudkan untuk membebaskan tanah dari segala hal yang nantinya dapat mengganggu tumbuh kembangnya tanaman duku, seperti gulma, bebatuan, rumput liar, dan pengganggu lainnya.

Pastikan lokasi tanam tidak tertutup oleh bangunan yang tinggi atau pepohonan sekitar agar cahaya matahari dapat menyinari tanaman dengan sempurna.

Setelah pembajakan lahan selesai, buatlah bedengan dengan lebar 60×60 cm berikan jarak antar tanaman sekitar 1 meter. Setiap bedengan yang dibuat, diletakan media tanam yang sudah diolah tadi. Sebagai permulaan, anda dapat menanam 1-5 pohon duku di pekarangan rumah anda, jika ingin melakukan budidaya duku setidaknya diperlukan 1 hektar lahan.

Tanaman duku yang akan kami kirim ke Anda sudah tumbuh sekitar 40-60 cm, sehingga lebih mudah menanamnya dan dijamin duku akan cepat berbuah. Pelajari juga cara menanam buah dalam pot

Cara Merawat Pohon Duku

Perlu ketelatenan dan ketekunan dalam perawatan duku. Tahap-tahap dalam perawatan tanaman duku antara lain penyiraman tanaman, penyulaman, penyiangan, pemupukan dan pemangkasan serta pengendalian hama tanaman.

Penyiraman

Lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari secara teratur, karena duku sangat tidak tahan dengan kekeringan. Kebutuhan air cukup banyak akibat penyinaran matahari yang terus menerus pada siang hari, sehingga tanah akan sangat cepat kering.

Penyulaman

Penyulaman adalah penggantian tanaman duku yang telah mati dengan yang baru. Penyulaman sebaiknya dilakukan apabila tanaman mati ketika usia tanam sebelum 30 hari. Selebihnya tidak perlu dilakukan karena membuat tanaman dan masa panen tidak merata.

Penyiangan

Yakni pembersihan tanaman dari gulma dan tanaman pengganggu lainnya. Bersihkan daerah penanaman dari segala tanaman dan pengganggu lainnya seperti rumput liar secara teratur, karena apabila dibiarkan maka unsur hara pada tanah akan cepat habis. Akibatnya pohon duku tidak dapat tumbuh optimal.

Pemupukan

Pemupukan dilakukan setelah usia tanam 1 bulan, 3 bulan, dan 6 bulan. Gunakanlah pupuk kandang yang sudah matang. Banyaknya adalah satu kepal tangan per tanaman. Dapat juga menggunakan pupuk NPK daun.

Pengendalian hama Tanaman Duku

Hama seringkali menjadi momok menakutkan setiap tanaman. Namun jika anda rajin merawatnya niscaya hama tanaman akan menjauh dengan sendirinya.

Apabila tanaman duku terkena hama, lakukan pembersihan secara manual tentunya jika hama yang menyerang masih sedikit. Jika hama terus menyerang, lakukan penyemprotan dengan pestisida.

Baca Selengkapnya tentang Cara Mengatasi Hama Tanaman

Cukup mudah bukan tips bagaimana cara menanam buah duku agar cepat berbuah. Silahkan hubungi kami melalui kontak yang tersedia, jika anda berminat untuk membudidayakan buah duku.

Leave a Reply