Jenis Bunga Dahlia

Cara Menanam Bunga Dahlia dari Biji Hingga Berbunga

Cara Menanam Bunga DahliaDahlia adalah tanaman hias yang sangat populer di dunia. Bunga Dahlia sangat cocok ditanam di Indonesia yang hanya memiliki 2 musim dengan iklim rata-rata 23-33 C. Karena bunga dahlia dalam proses pertumbuhannya membutuhkan pancaran sinar matahari secara langsung. Sehingga tanaman bunga dahlia sangat cocok berada di luar ruangan untuk menghias halaman dan taman Anda.

Intip yuk semua produk dahlia yang kami jual disini. 

Jenis Bunga Dahlia yang Banyak Ditanam

Ada berbagai jenis bunga dahlia di dunia, hampir ratusan saat ini karena dikembangkan dengan cara persilangan. Namun, hanya ada beberapa jenis yang paling banyak ditanam di Indonesia, diantaranya:

  • Zinnia Giant Dahlia Scarlet

cara menanam bunga dahliaHampir sama dengan jenis benary, tetapi bunga dahlia ini tumbuh lebih besar yang mencapai 10-15 cm per kepala bunga. Kelebihan dari Dahlia jenis ini adalah sangat cepat berkecambah dengan proses penyemaian yang sangat singkat, hanya membutuhkan waktu 3 sampai 5 hari saja.

Bunga Dahlia merupakan jenis tanaman tahunan, Yang hanya berbunga setahun sekali, dan tergolong jenis tanaman umbi yang lunak.  Sehingga membutuhkan perawatan yang lebih daripada jenis umbi yang kuat seperti Bunga Tulip.

 

  • Zinnia Giant Dahlia Mix

Jenis Bunga DahliaDahlia jenis ini banyak menjadi favorit penggemar bunga Dahlia. Karena akan membuat taman lebih hidup dengan warna warni bunga yang berkembang. Tumbuh tinggi hingga 1,2 meter dengan kepala bunga yang besar tentu saja akan banyak menarik perhatian setiap orang yang melewatinya.

Merupakan hasil persilangan dari jenis bunga dahlia giant yang lain, percampuran tersebut malah menghasilkan bunga Dahlia yang lebih populer dari bibit bunga aslinya. Nanti akan dijelaskan bagaimana cara menanam bunga dahlia di segmen selanjutnya.

 

Bunga dahlia sunbow mixed

Hampir sama dengan giant dahlia mix, hanya saja Sunbow mixed memiliki kepala bunga yang lebih kecil dan tumbuhnya hanya setinggi sekitar 60 cm. Sunbow juga tidak kalah populernya dengan jenis campuran lainnya,

Karena ukurannya yang lebih kecil sehingga banyak digemari orang dan menjadikannya buket bunga atau karangan bunga sebagai kejutan dan hadiah bagi orang-orang tersayang. Dan jenis Dahlia ini yang paling banyak di jual di toko-toko bunga.

 

 

Cara Menanam Bunga Dahlia

Anda tinggal pilih jenis bunga Dahlia yang Anda sukai untuk ditanam. Anda tidak perlu bingung-bingung mencari benihnya, karena kami juga jual bibit bunga Dahlia yang beragam jenisnya. Harga nya pun cukup terjangkau. Kami menjualnya dengan harga hanya 10 ribu rupiah perkemasan yang berisi 7-20 biji, tergantung dari jenisnya.

Langkah Pertama, carilah lokasi tanam yang bagus, karena Dahlia memerlukan banyak sinar matahari sehingga Anda harus menghindari menanam Dahlia di area yang tertutup oleh bayangan bangunan rumah atau bangunan lainnya agar sinar matahari dapat langsung memancar ke tanaman Dahlia.

Pastikan dulu bahwa tanah untuk menanam terbebas dari bebatuan, alang-alang, atau rumput liar. Jadi sebaiknya galilah tanah lebih dahulu, sebaiknya ditanam memanjang. Campurkan tanah galian dengan pupuk organik/kandang agar lebih gembur dan subur untuk mempercepat proses pertumbuhannya.

Cara Menanam Bunga Dahlia

Langkah Kedua, setelah tanah sudah dipersiapkan dan dicampur dengan pupuk kandang, gali lubang kecil-kecil sedalam kira-kira 5-10 cm tergantung jenisnya. Untuk lebih jelasnya, ikutilah petunjuk dalam kemasan, karena kami juga memberikan petunjuk cara menanam bunga Dahlia dalam setiap kemasannya. Jika benih sudah ditanam, tutup kembali tanahnya dan siram dengan air secukupnya, tetapi jangan sampai ada genangan. Lalu tutupilah dengan dedaunan untuk melindungi bibit setelah ditanam.

Langkah Ketiga, cek secara berkala bibit bunga dahlia Anda. Ketika sudah mulai tumbuh, lindungi dari segala hewan atua binatang yang suka mengganggu tanaman. Anda bisa membuat kurungan atau melindunginya dengan jaring. Asal jangan dengan penutup yang menghalangi pancaran sinar matahari.

Kami sarankan, selain menanam bunga Dahlia, ada baiknya Anda juga menanam bunga tulip atau jenis tanaman dengan umbi yang kuat lainnya, misalnya Krokus, Dafodil, dan lainnya, yang juga tersedia di tempat kami. Agar Anda dapat menikmati bunga mekar sepanjang tahun yang membuat indah taman Anda, sehingga tidak hanya menunggu bunga dahlia saja yang notabene hanya berbunga setahun sekali.

Anda bisa membaca cara perawatannya secara detail pada artikel ini dan baca juga artikel tentang pupuk yang digunakan untuk tanaman hias di sini.

One thought on “Cara Menanam Bunga Dahlia dari Biji Hingga Berbunga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA