cara menanam sirsak cepat berbuah

Cara menanam Sirsak agar Cepat Berbuah

Cara menanam sirsak agar cepat berbuah yakni dengan menyediakan unsur hara yang cukup sebagai pemenuhan kebutuhan nutrisi dan dengan perawatan yang baik. Setiap orang dapat melakukan budidaya tanaman sirsak di rumah ataupun lahan tanam asalkan memiliki pengetahuan yang cukup tentang tanaman sirsak. Adapun beberapa jenis tanaman sirsak dengan cara Klik disini.

Menanam sirsak jauh lebih mudah daripada menanam tanaman buah lainnya, karena sirsak dapat tumbuh di segala tempat baik dataran rendah ataupun tinggi. Namun demikian, Sirsak dapat tumbuh optimal jika kebutuhan airnya tercukupi.

cara menanam sirsak cepat berbuah

Harga jual Bibit Sirsak

Pada dasarnya, sirsak merupakan tanaman buah yang paling mudah dibudidayakan karena dapat ditanam dari bijinya, meskipun akan ada penyimpangan dari induknya, jadi kemungkinan untuk berbuah tetap ada tetapi besar dan rasa buah tidak akan sama dengan induknya. Berbeda jika bibit yang ditanam berasal dari perbanyakan sirsak dengan metode cangkok maupun okulasi, yang akan tumbuh seperti induknya atau bahkan lebih baik lagi.

Kami memberikan solusi praktis bagi Anda yang sedang cari bibit Sirsak unggul. Kami menjual bibit Sirsak Madu dan bibit Sirsak Kuning. Harga bibit Sirsak Madu adalah 85 ribu rupiah sedangkan bibit sirsak kuning seharga 80 ribu rupiah. Sudah tumbuh sekitar 40-60 cm, yang sudah siap tanam. Lebih lanjutnya silakan Klik disini.

Cara Menanam Sirsak cepat Berbuah

Cara menanam Sirsak yang baik yakni harus memenuhi semua syarat tumbuh tanaman agar cepat berbuah optimal. Sebelum menanam, ada baiknya Anda mengecek tingkat keasaman lahan tanam. Tingkat keasaman tanah terbaik untuk menanam Sirsak berada pada 5,5-7 pH.

Diperlukan lahan yang gembur untuk bertanam Sirsak. Maka lahan tanam harus dibajak terlebih dahulu agar terbebas dari bebatuan dan tanaman lainnya yang dapat mengganggu proses pertumbuhannya. Jika lahan tanam tidak terlalu luas, cukup gunakan cangkul. Tetapi jika lahan yang akan digunakan cukup luas, gunakanlah traktor.

Agar Sirsak cepat berbuah, buatlah lubang tanam yang diberikan pupuk kandang sebanyak 15 kg setiap lubang. Sebaiknya dilakukan 2 minggu sebelum mulai penanaman agar pupuk terurai dengan baik. Ukuran lubang tanam yakni 50×50, dan diberikan jarak 4-5 meter tiap lubang.

Cara Bertanam Sirsak

Bibit yang sudah dipesan sebelumnya siap ditanam di lubang tanam. Jika sistem irigasi kurang baik, maka sebaiknya penanaman dimulai ketika musim hujan tiba. Jika bibit berasal dari biji/benih, maka cukup dengan kedalaman 5-7 cm saja, dan tutup dengan tanah, tidak perlu dipadatkan. Jika bibit dari perbanyakan cangkok atau okulasi, padatkan tanah dekat pangkal batang lalu siram dengan air secukupnya.

Karena tanaman Sirsak membutuhkan air yang banyak untuk pertumbuhannya, maka siramlah sehari sekali saja. Dan ketika musim hujan, cukup 2 hari sekali agar kelembabannya tetap terjaga. Setelah usia tanam 1 bulan, bersihkan daerah sekitar tanaman dari  gulma atau tanaman parasit lainnya, agar unsur hara dalam tanah tidak cepat habis.

Pemupukan lanjutan ketika usia tanam menginjak 4 bulan. Gunakan pupuk NPK, yang bisa diperoleh di toko pertanian terdekat. Berikan pupuk sebanyak 1 kg per tanaman. Kemudian pada usia 8 bulan, berikan pupuk dengan dosis yang sama.

Agar Sirsak cepat berbuah, maka lakukan pemangkasan secara teratur agar batang utama ternutrisi dengan baik, yakni dengan cara memangkas cabang-cabang pesaing yang tidak beraturan, dan juga tunas air. Terlalu banyak cabang membuat batang utama kekurangan nutrisi, yang berakibat pohon akan semakin lambat berbuah.

Pada umumnya, sirsak dapat tumbuh hingga 7 meter, tetapi dengan melakukan pemangkasan yang teratur maka tinggi pohon bisa menjadi 3 meter saja dan sudah bisa berbuah dalam waktu yang jauh lebih singkat. Peluang budidaya Sirsak semakin menguntungkan karena sedikit sekali petani yang menanamnya.

Baca juga: Manfaat Daun Sirsak

Untuk melihat beberapa produk dari tanaman Sirsak, silahkan Klik disini.

6 thoughts on “Cara menanam Sirsak agar Cepat Berbuah

    • admin says:

      Halo Pak Eko, untuk sirsak bisa berbuah kira-kira 3-5 tahun untuk bibit okulasi atau cangkok. Jika asal tanamannnya dari biji maka cenderung lebih lama, 6-8 tahun. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA