Cara Menanam Tomat di Halaman Rumah

Memanfaatkan halaman rumah untuk menanam tomat adalah keputusan yang sangat bijak. Selain hasilnya bermanfaat, juga dapat sebagai tanaman buah yang menghiasi pekarangan rumah anda agar terlihat asri dan lebih nyaman untuk ditinggali.

Cara Menanam Tomat dari Biji

Ada begitu banyak varietas tomat yang ada saat ini, namun dapat diklasifikasikan menjadi 3 golongan, yakni asal bibit bisa hibrida atau bukan, bentuk tomat, dan lama tidaknya tomat berbuah. Namun demikian, kami rekomendasikan pilihlah Bibit Tomat  Unggul diantaranya Tomat Lowland, Tomat Indigo, Tomat Weissbehaarte, dan yang paling laris adalah Tomat Red Cherry. Kesemuanya merupakan jenis tomat hibrida dari hasil penyerbukan yang lebih mudah di budidayakan dan lebih tahan penyakit dari hama yang menyerang tanaman.

Proses Fermentasi Biji Tomat

Tidak seperti proses penyemaian bibit tanaman biasa yang bisa langsung di tanam. Cara menanam tomat dari biji sedikit berbeda karena harus melalui proses fermentasi terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menggunakan toples, lalu letakan biji dari bibit unggul tomat, dan satu buah tomat yang sudah masak lalu potong jadi dua bagian buang bijinya lalu masukan satu bagian ke dalam toples bersamaan bibit unggul tomat tadi. Berikan penutup tetapi jangan terlalu rapat agar udara tetap bisa masuk.

Semakin lama baunya tidak enak, jadi letakan di tempat yang teduh dan jauh dari tempat berkumpul keluarga agar baunya tidak mengganggu. Tetapi anda harus mengaduknya setiap hari hingga tumbuh lapisan jamur pada biji tomat tadi. Proses ini penting dilakukan untuk membunuh bakteri jahat pada biji yang bisa mengganggu proses pertumbuhan tomat. Jika anda memiliki bibit unggul tomat yang berbeda, sebaiknya labeli setiap toples untuk membedakannya. Proses fermentasi ini biasanya butuh waktu 2-3 hari. Jadi setelah tumbuh lapisan jamur, segera pindahkan biji tomat tersebut untuk di tanam di halaman rumah anda, atau pada pot yang anda miliki.

Pemilihan Lahan

Tanaman tomat tidak cocok pada tanah yang terlalu banyak kandungan airnya, karena hal tersebut dapat membuat tanaman menjadi busuk dan gagal tumbuh.  Jadi, anda harus memilih lahan yang kering dengan kadar pH 5,5-6,5. Sebelum biji tomat yang sudah melalui proses fermentasi tadi di tanam, olah tanah terlebih dahulu dengan mencampurkan pupuk kandang atau kompos agar tanah menjadi gembur dengan perbandingan 1:1. Jika sudah, tinggal letakan biji di tanah yang sudah disiapkan lalu taburi dengan tanah lagi secukupnya, dan berikan percikan air secukupnya tetapi jangan sampai terjadi genangan. Lakukan pengecekan setiap hari pada bibit tanaman tomat hingga tumbuh, biasanya hanya memakan waktu 4-10 hari saja.

Baca juga cara menanam hidroponik, mungkin bisa menjadi alternatif anda dalam budidaya tomat organik.

Perawatan Tanaman Tomat

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Secara gamblang sudah di jelaskan pada artikel kami sebelumnya yang berjudul Cara Membuat Tanaman Cepat Tumbuh.

Dalam perawatan tanaman tomat, hampir sama dengan tanaman lain, tidak ada cara yang spesial. Tetapi ada beberapa hal yang penting yang wajib anda lakukan untuk merawatnya, antara lain:cara menanam tomat dengan ajir bambu

  1. Tomat tidak suka tumbuh pada tanah yang mengandung air berlebihan, sehingga penyiraman tanaman harus dilakukan pada pagi dan sore, dengan air secukupnya atau anda bisa menggunakan semprotan yang biasa digunakan untuk meyemprot burung, yang banyak di jual di pasar.
  2. Perhatikan setiap daun yang rusak atau tidak tumbuh dengan baik, segera buang agar tidak menganggu pertumbuhan daun lainnya.
  3. Jika sudah mulai berumur 3-4 minggu, anda perlu memasang ajir untuk menopang tanaman tomat supaya tumbuh secara tegak lurus. Buatlah ajir atau hanya sebuah batang bambu kecil yang ditancapkan sebelah tanaman tomat.
  4. Tanaman tomat membutuhkan pencahayaan yang bagus dari sinar matahari, jadi hindari tempat teduh atau tempat yang tertutup bayangan rumah atau bangunan lain.
  5. Rajin-rajin memotong setiap tunas baru yang tumbuh pada ketiak daun, agar proses pertumbuhan sempurna dengan terkonsentrasi pada tunas utama yang menghasilkan buah tomat.
  6. Lakukan proses penyemprotan tanaman tomat dengan pestisida organik yang aman bagi tanaman untuk melindungi dari segala penyakit dan hama yang meyerang tanaman tomat.

Cara menanam tomat secara organik dari bibit hingga berbuah biasanya memakan waktu 75 hari. Setelah tanaman tomat berusia 75 hari, anda dapat memanen dan memetik hasilnya.  Semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba!

 

Leave a Reply