Cara Mengatasi Hama Pohon Mangga

cara mengatasi hama pohon manggaCara mengatasi hama pohon mangga bisa dilakukan dengan dua cara yakni cara alami dan kimia (pestisida). Cara alami sangat efektif dilakukan pada tanaman mangga yang masih belum tumbuh besar atau yang masih dapat dijangkau dengan tangan. Sedangkan cara kimia lebih efektif digunakan jika pohon mangga sudah sangat besar.

Sangat menyebalkan memang jika pohon mangga didepan rumah kita misalnya terserang hama dan mengakibatkan gagal panen atau bahkan menyebabkan pohon mati secara perlahan. Untuk mengatasi hama pohon mangga, kita harus mengenali jenis hama yang menyerang. Karena cara mengatasinya berbeda-beda.

Cara mengatasi Hama Pohon Mangga

1. Kepik mangga ( Cryptorrynoccus gravis)
Kepik menyerang pada buah mangga. Jika terserang, maka buah akan berbintik hitam dan dalamnya akan membusuk. Untuk mengatasi hama kepik, bisa menggunakan insektisida Stropper 25EC dengan menyemprotkannya. Secara alami, bisa dengan semut merah sebagai predator kepik sehingga mencegah kepik berkembang biak.

2. Bubuk buah mangga
Hama bubuk menyerang tunas muda hingga buah mangga. Buah mangga akan membusuk dari dalam, kulit luarnya tampak biasa saja jika dilihat kasat mata. Buah mangga akan jatuh dengan sendirinya jika sudah terserang hama bubuk. Cara mengatasi hama pohon mangga jenis bubuk ini adalah dengan memberikan zat pengatur tumbuh PROTHEPHON 480SL yang bekerja secara sistemik. Caranya dengan menyemprotkan pada buah.

3. Hama Putih
Hama putih menyerang daun. Namun penyebabnya adalah hewan kecil berwana putih dan hijau yang mampu terbang. Hama tersebut menempel pada daun dan menghisap sari daun yang mengakibatkan daun kering dan tampak seluruh daun berwarna putih. Untuk mengatasi hama putih secara alami bisa dengan membersihkan daun pakai detergen, dengan menggosok daun menggunakan spon. Tentu saja jika tanaman mangga masih kecil. Jika sudah besar sekali, maka gunakan pestisida dengan cara menyemprot setiap daun. lakukan seminggu sekali.

4. Lalat buah (Dacus dolrsalis Hend)

Jika hama lalat buah tidak cepat ditangani maka akan mengakibatkan kerusakan tanaman mangga yang lebih parah. Karena lalat buah mengundang penyakit tanaman seperti jamur dan bakteri buah. Hama ini menyerang buah secara perlahan, mula-mula akan ada titik hitam dan kekuningan, kemudian larva berkembang dan melakukan pembusukan buah. Cara alami mengatasi hama pohon mangga ini yakni dengan membungkus buah dengan plastik. Atau gunakan perangkap lalat buah metilat yang banyak dijual ditoko pertanian.

5. Wereng (Idiocerus clypealis)

Wereng biasanya menyerang pada musim kemarau. Hama ini menghambat proses penyerbukan dan pembentukan buah. Bunga-bunga pada pohon mangga diserap cairannya dan kemudian rontok. Sehingga pohon tidak akan berbuah. Untuk mengatasi hama wereng pohon mangga ini, perlu dilakukan pengasapan dan menyemporkan pestisida Natural BVR dengan takaran 4 sm/ tangki semprot. Penyemprotan sangat efektif dilakukan pada sore hari.

6. Tungau (Paratetranychus yothersi, Hemitarsonemus latus)
Hama Tungau pola serangannya hampir sama dengan hama wereng, yakni menyerang bunga pohon mangga atau calon-calon buah. Cara mengatasinya pun sama, dengan pengasapan dan penyemprotan. Hama ini harus segera diatasi agar pohon mangga cepat berbuah.

Demikian cara mengatasi hama pohon mangga. Mengatasi dengan mengenali jenis hama yang menyerang agar tidak menimbulkan ancaman lain atau bahkan membahayakan pohon mangga itu sendiri. Selain itu beberapa zat pestisida juga kurang bersahabat dengan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, anda wajib membaca 5 Tanaman Penghasil Pestisida Nabati untuk mengatasi hama secara alami.

Leave a Reply