Khasiat Sirih Merah untuk Mengobati Ambeien

Khasiat Sirih Merah-Banyak faktor yang menjadi penyebab penyakit ambeien, beberapa diantaranya seperti terlalu lama duduk, kurangnya asupan makanan yang mengandung serat, mengangkat beban berat ataupun mengejan saat buang air besar. Pada kasus yang lebih serius, penyakit ambeien dapat menyebabkan komplikasi, seperti terjadinya pembesaran wasir yang keluar dari anus hingga menyebabkan pendarahan. Biasanya untuk mengobati penyakit ambeien membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga membutuhkan penanganan yang cepat agar kondisinya tidak bertambah parah. Selain dengan pengobatan modern, penyakit ambeien juga dapat diobati secara tradisional dengan memanfaatkan tumbuhan yang ada. Terdapat banyak jenis tumbuhan yang berkhasiat mengobati penyakit ambeien, salah satunya adalah dengan daun sirih merah.

Daun sirih merah dikenal memiliki banyak kandungan zat yang sangat diperlukan tubuh, seperti saponin, tannin, flavonoid, alkaloid, minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, p-cymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, ter-penena, dan fenil propada. Dengan banyaknya kandungan zat tersebut, tentunya daun sirih merah sangat banyak manfaatnya untuk dijadikan bahan obat.

khasiat sirih merah

Cara Meracik Ramuan Sirih Merah

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam meracik daun sirih merah sebagai obat alami mengatasi ambeien :

Ambil 7 lembar daun sirih merah, cuci bersih dan iris kecil-kecil. Kemudian rebus ke dalam 3 gelas air (600ml) sampai mendidih hingga tersisa sekitar 1,5 gelas air, lalu saring dan dinginkan. Minum air hasil rebusan sebanyak ½ gelas dan rutin dilakukan 3 kali sehari. Bila diperlukan, Anda juga dapat menambahkan madu murni secukupnya.

Selain itu, Anda juga dapat mencampur racikan daun sirih merah ini dengan beberapa bahan tanaman obat lain. Ambil 4 lembar daun sirih merah, 20 gram daun bidara upas dan 30 gram umbi dewa kering. Cuci bersih semua bahan tersebut kemudian rebus ke dalam 3 gelas air (600ml) sampai mendidih hingga airnya tersisa 1 gelas air, lalu saring dan dinginkan. Minum air hasil rebusan sebanyak 1 gelas dan rutin dilakukan 2 kali sehari. Bila diperlukan, Anda juga dapat menambahkan 2 sendok teh madu murni.

Masih banyak lagi khasiat sirih merah yang tentunya sangat bermanfaat pada kesehatan tubuh. Dan untuk mempercepat proses penyembuhan ambeien, sebaiknya hindari aktivitas yang dapat menjadi pemicunya seperti yang telah disebutkan diatas, lakukan olahraga ringan secara teratur, istirahat yang cukup, minum 2 liter air putih dalam sehari dan seringlah mengkonsumsi buah dan sayuran.

Cek Bibit Sirih Merah yang kami jual disini dan klik disini untuk melihat semua produk tanaman daun sirih lainnya.

6 thoughts on “Khasiat Sirih Merah untuk Mengobati Ambeien

    • Agoes rochmad says:

      Ibu hamil dan menyusui tdk boleh minum sirih merah.krn antiseptik sirih merah tinggi bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan janin.utk ibu menyusui menyebabkab air asi pahit membuat bayi berhenti minum adi

  1. Sitinurhalija says:

    Apakah itu bisa mengatasi dengan secepat mungkin?
    Soalnya suda ada yng mulai muncul benjolannya saya takut, buat oprasi maka saya akan gunakan daun siri merah itu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA