Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan

Manfaat daun sirsak mungkin tidak banyak diketahui orang, karena kebanyakan orang hanya menggemari buahnya saja untuk dikonsumsi karena rasanya yang nikmat dengan sensasi asamnya. Memang sih, buah sirsak juga bermanfaat, tetapi daun sirsak pun memiliki manfaat yang jauh lebih banyak dari pada buahnya.

Daun sirsak yang hanya dipandang sebelah mata, ternyata dapat dimanfaatkan untuk kecantikan dan juga mengobati berbagai macam penyakit.

Cara Mengolah Daun Sirsak

Pada artikel ini, kami jelaskan berbagai manfaat daun sirsak dan cara mengolahnya, sehingga anda tahu cara pengaplikasian dan kegunaannya. Daun sirsak yang digunakan sebagai herbal dan pengobatan terletak pada baris ke 4 dari pucuknya, jadi tidak sembarangan karena di titik itulah segala kandungannya terkonsentrasi.

manfaat daun sirsak bagi kesehatan

Manfaat daun sirsak untuk Kecantikan

Kecantikan di identikan dengan wajah dan tubuh yang indah. Salah satu manfaat daun sirsak yang berkontribusi untuk merawat tubuh dan wajah antara lain menghilangkan flek atau komedo pada wajah. Selain itu, daun sirsak juga memiliki kemampuan membakar lemak dengan cepat.

Caranya adalah dengan menumbuk sampai halus 6-7 lembar daun sirsak dan ditambahkan 1-2 bunga mawar. Oleskan secara merata ke bagian wajah untuk menghilangkan komedo dan jerawat. Lakukan beberapa kali hingga jerawat menghilang. Jika untuk mengurangi lemak, anda bisa merebus 6 lembar daun sirsak dengan 1 gelas air. Rebus hingga air dalam panci tersisa setengah gelas saja, dinginkan kemudian meminumnya.

Manfaat daun sirsak untuk Tumor

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada tahun 1965, pada daun sirsak terdapat zat annonaceus acetogenins yang sangat ampuh membunuh sel-sel kanker dan tumor. Zat tersebut mampu menyeleksi setiap sel dalam tubuh yang mengalami kelainan, sehingga menjaga sel-sel yang sehat dan membunuh penganggu.

Karena kelebihannya itu, banyak industri obat herbal mengekstrak daun sirsak untuk memudahkan mengkonsumsinya. Ekstrak daun sirsak dapat berupa teh, kapsul, minuman. Secara tradisional, 15 daun sirsak direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa satu gelas saja. Hasil rebusan kemudian dapat diminum. Lakukan setiap hari sekali, dan lebih baik diminum menjelang tidur malam.

Lebih lengkapnya, silahkan baca Daun sirsak pengobat Kanker

Manfaat daun sirsak untuk Kolesterol

Kolesterol diakibatkan penimbunan lemak yang berlebih, sehingga mengganggu kinerja jantung akibat dari menyempitnya peredaran darah. Akan sangat berbahaya jika hal ini terjadi karena dari kolesterol dapat menyebabkan komplikasi dan mati mendadak, yang bisa terjadi karena darah tinggi, stroke, kelainan ginjal dan gagal jantung.

Daun sirsak ternyata dapat mencegah terjadinya penumpukan lemak yang mengakibatkan kolesterol karena didalamnya terdapat juga kandungan kalsium dan antioksidan yang dapat memperlancar peredaran darah dan mengikis timbunan lemak.

Cara mengolah daun sirsak untuk kolesterol adalah dengan 10 daun sirsak yang sudah dibersihkan, kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian, lalu rebus dengan 2 gelas air selama kurang lebih 1 jam hingga sisa air tinggal 1 gelas saja. Minum hasil rebusan tadi. Lakukan secara teratur setiap hari hingga gangguan kolesterol dapat teratasi.

Manfaat daun sirsak untuk Diabetes

Diabetes atau yang biasa disebut kencing manis disebabkan akibat tidak seimbangnya insulin atau gula darah dalam tubuh. Diabetes saat ini menjadi momok yang menakutkan bagi siapapun, tidak memandang usia, tua maupun muda dapat terserang penyakit ini.

Oleh karena itu, mencegah akan lebih baik daripada mengobati. Daun sirsak dapat memperlancar peredaran darah dan menetralisir gula yang berlebih pada setiap aliran darah karena kandungan antioksidan yang tinggi didalamnya.

Cara mengolahnya adalah dengan merebus 5 lembar daun sirsak dengan 2 gelas air, rebus hingga tersisa setengah gelas saja. Air sisa rebusan kemudian diminum. Lakukan 2 atau 3 kali sehari bagi penderita diabetes dan berhentilah meminumnya jika gula darah kembali normal. Karena jika berlebihan maka akan mengakibatkan tubuh kehilangan tenaga karena gula darah dalam tubuh sangat menurun.

Leave a Reply