Manfaat Kesehatan di Balik Nikmatnya Durian

Durian merupakan buah yang tumbuh di daerah tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Buah ini termasuk yang sangat digemari banyak orang karena rasanya yang manis serta baunya yang khas. Di balik kelezatannya, durian juga dikenal kaya akan kandungan nutrisi yang sangat diperlukan tubuh, seperti karbohidrat, serat, protein, fosfor, kalium, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C dan beberapa nutrisi lainnya dengan kandungan yang cukup tinggi. Berikut beberapa manfaat durian bagi kesehatan tubuh manusia :

durian monthong

Manfaat Durian

  • Mengatasi anemia (kurang darah) karena terdapat kandungan folat dan zat besi yang dapat menambah sel darah merah.
  • Kalsium, kalium, vitamin B1 dan B2 yang terkandung di dalam durian, dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  • Membuat kulit lebih awet muda karena adanya kandungan vitamin C untuk menangkal radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan pada kulit.
  • Menstabilkan kadar gula dalam darah berkat adanya kandungan mangan di dalam buah durian yang dapat mengontrol gula darah tetap dalam keadaan normal.
  • Menjadi energi untuk tubuh. Karbohidrat yang terkandung dalam 100 gram durian, dapat memenuhi 21% karbohidrat yang dibutuhkan tubuh manusia.
  • Menyehatkan pencernaan karena kandungan serat yang dimilikinya. Masalah seperti sembelit atau susah buang air besar, dapat diatasi dengan mengkonsumsi durian.
  • Penangkal depresi yang lebih alami, karena adanya vitamin B6 yang dapat merangsang produksi hormon serotonin. Hormon ini berfungsi untuk menenangkan diri dan memberikan rasa bahagia.

Disamping menikmati rasanya yang khas dan lezat, dengan mengkonsumsi buah durian, tanpa disadari anda juga memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh. Buah yang dijuluki sebagai “Raja dari Segala Buah (King of Fruit)” ini memiliki harga jual yang sangat tinggi di beberapa negara. Beruntungnya di Indonesia, kita masih bisa mendapatkan durian dengan harga yang terjangkau. Bahkan jika ingin lebih puas, anda pun dapat mencoba menanam bibit durian sendiri di halaman rumah. Dengan perawatan dan pemilihan bibit yang berkualitas baik, tentu akan menghasilkan kualitas buah yang baik pula.
Beli Bibit Durian »

Leave a Reply