Menanam Buncis di Polybag

Menanam Buncis di Polybag hampir mirip dengan menanam kacang panjang ataupun tanaman sayuran lainnya, yakni membutuhkan persiapan matang mulai dari pemilihan bibit buncis unggul, persiapan media tanam, cara pemangkasan buncis, dan pupuk untuk tanaman buncis.

Namun sebelum itu, ada hal yang krusial harus diketahui sebelum menanam Buncis di Polybag, yakni memahami karakteristik tanaman Buncis itu sendiri, jadi tidak asal-asalan yang pada akhirnya hanya membuang waktu saja. Berikut syarat tumbuh tanaman Buncis:

  • Buncis hanya tumbuh optimal di wilayah ber suhu antara 20-25º C, yang hanya dimiliki oleh dataran tinggi, diatas 1000 meter diatas permukaan laut.
  • Meski demikian, tanaman Buncis masih bisa toleran ketika ditanam pada wilayah antara 400-1000 m (dpl), hanya saja hasilnya tentunya tidak maksimal.
  • Merupakan tanaman merambat, sehingga dibutuhkan penopang untuk rambatannya. Ada juga yang tumbuhnya tegak yang hanya tumbuh tinggi sekitar 60 cm
  • Ketinggian tanaman Buncis dapat mencapai 2 meter
  • Tahan terhadap kekeringan, meski begitu pada dasarnya membutuhkan air yang cukup untuk pertumbuhannya
  • Membutuhkan penyinaran sepanjang hari untuk proses fotosintesis
  • Bisa ditanam dari benih atau bibit buncis unggul tanpa proses penyemaian
  • Tidak tahan terhadap genangan air

Harga Bibit Buncis

Kami menyediakan bibit buncis tegak dan bibit buncis merambat, dengan harga yang relatif murah. Harga bibit buncis unggul kami jual mulai dari 10 ribu rupiah tergantung varietasnya. Silahkan lihat katalog harga Buncis lengkap kami disini.

Bibit Buncis Tegak

menanam buncis di polybagHarga bibit buncis tegak lebih mahal dari buncis merambat, karena memang kualitasnya lebih baik dan perawatannya yang lebih mudah.

Tidak seperti menanam tomat, menanam Buncis lebih mudah karena tanpa melalui proses penyemaian benih yang memakan waktu lebih lama. Benih yang anda beli dari kami langsung dapat ditanam di media tanam yang anda inginkan bisa langsung pada lahan, pot, maupun polybag.

Cara Menanam Buncis di Polybag

Untuk melakukan budidaya buncis tegak di polybag, maka harus dipersiapkan media tanam yang baik. Yakni tanah yang gembur. Untuk menggemburkan tanah perlu campuran kompos, arang sekam dan kapur pertanian untuk menurunkan tingkat keasaman tanah.

Campurkan tanah dengan kompos atau pupuk kandang yang telah matang, dan juga arang sekam, dengan perbandingan 1:1:1. Dolomit atau kapur pertanian tidak diperlukan jika pH tanah sudah baik yakni antara 5,5-6,5.

Cara menanam buncis di Polybag

Siapkan polybag, dan isi dengan campuran media tanam tersebut hingga 80% dari volumenya. Tempatkan 2 benih pada masing-masing polybag sedalam 1 cm, dan tabur dengan lapisan tanah yang tipis, kemudian disiram air secukupnya. Hindarkan dari genangan air. Pastikan drainase polybag cukup baik, bila perlu pada dasar polybag diberikan kerikil untuk meningkatkan saluran airnya.

Jika media tanam yang digunakan sudah memenuhi standar, maka pada usia tanam kurang dari 7 hari, benih Buncis sudah mulai berkecambah. Jika tanaman Buncis yang anda tanam bersifat merambat, maka diperlukan ajir untuk tempat merambat. Ketika usia tanam 2 minggu, pasanglah 4 ajir mengeliling pada sekitar tanaman, ini berlaku untuk tanaman Buncis merambat., agar buah tidak jatuh ke tanah dan Buncis merambat ke atas dengan sempurna.

Pupuk untuk Tanaman Buncis

Pemupukan lanjutan diperlukan setelah usia tanam mencapai 21 hari. Berikan pupuk kandang sebanyak setengah kepal pada setiap polybag. Masukan dalam tanah di sekitar tanaman Buncis dan kemudian disiram air secukupnya.

Bibit Buncis Unggul akan cepat berbunga dan menghasilkan panen yang berkualitas. Pada waktu usia tanam mencapai 51 hari. Buncis sudah siap untuk dipanen. Potonglah buah dengan hati-hati agar bunganya tidak jatuh, gunakan gunting potong agar tidak merusak tanaman.

Leave a Reply