Tabulampot buah Naga

Tabulampot buah Naga

Tabulampot buah naga mulai dikembangkan sejak 10 tahun terakhir oleh petani, dan ternyata hasilnya sangat bagus dan menghasilkan buah naga dengan kualitas yang sangat baik. Sebenarnya tidak membutuhkan trik spesial untuk menanam buah naga dalam pot, hanya perlu ketelatenan dan ketekunan dalam perawatannya, karena buah tanaman ini cukup besar sehingga harus ada langkah untuk mengantisipasinya, yang akan kita bahas nanti.

Berasal dari Amerika Tengah, tepatnya Costa Rica, buah naga merupakan tanaman tropis yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya sangat cepat. Baik di dataran rendah maupun tinggi, atau intensitas hujan yang tinggi maupun rendah, Namun demikian, untuk membuat Tabulampot buah naga, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang karakteristik pertumbuhan dari buah naga, antara lain:

Syarat Tumbuh Buah Naga

  1. Meskipun tahan dengan curah hujan tinggi, tetapi ada batasan tertentu yakni tidak melebihi 600– 1.300 mm per tahun. Curah hujan yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan tanaman yakni pembusukan akar. Untungnya, jika dibuat Tabulampot buah naga, maka tidak perlu khawatir tentang curah hujan yang tinggi karena dapat dipindah dan terlindungi.
  2. Buah naga membutuhkan penyinaran sepanjang hari dalam pertumbuhannya, sehingga sangat baik ditempatkan di luar ruangan tanpa ada halangan masuknya sinar matahari.
  3. Karena lebih suka cuaca panas, maka sangat baik jika ditanam di dataran rendah antara 0–350 meter diatas permukaan laut.
  4. Suhu udara ideal berkisar antara 26–36º, dengan tingkat kelembaban 70% hingga 90%.

Bibit Unggul Buah Naga

Agar buah naga Cepat berbuah, Anda memerlukan bibit buah naga Unggul, yakni yang berasal dari tanaman buah naga yang sudah terbukti menghasilkan buah naga dengan kualitas terbaik, setidaknya 2-3 musim berturut-turut. Sebaiknya tidak menanam buah naga dari bijinya, karena selain tidak jelas asal-usulnya, juga membutuhkan waktu yang jauh lebih lama (kontraproduktif).

Tabulampot buah NagaBagi Anda yang sedang cari bibit buah naga unggul, kami memberikan solusi terbaik. Kami jual bibit buah naga Merah dan bibit Buah naga Kuning yang dijamin kualitas tumbuh dan hasil buahnya.

Harga bibit buah naga Merah kami jual seharga 45 ribu rupiah. Bibit sudah tumbuh sekitar 20-30 cm, yang berasal dari perbanyakan vegetatif.

Sedangkan harga bibit buah naga Kuning, kami jual seharga 65 ribu rupiah, karena memang kualitas rasa dan bobot buahnya jauh lebih baik dari buah naga Merah. Tanaman sudah tumbuh sekitar 20 cm ketika akan di kirim ke Anda.

Adapun beberapa produk dari tanaman buah Naga, silahkan [Klik disini].

Media Tanam Buah Naga

Agar budidaya Tabulampot buah naga berhasil dengan sempurna, diperlukan media tanam yang baik agar pertumbuhan tanaman optimal dan menghasilkan buah berkualitas. Media tanam yang digunakan untuk menanam buah naga antara lain:

  1. Tanah berpasir dengan tingkat keasaman 6,5-7 pH. Gunakan dolomit untuk menurunkan keasaman tanah.
  2. Kompos atau pupuk kandang yang sudah matang. Banyak tersedia di toko pertanian.
  3. Arang Sekam dan atau bubuk batu bata merah yang dicampur dengan 100 gr dolomit (kapur pertanian) untuk menurunkan tingkat keasaman tanah.

Tanah berpasir (tanah dicampur pasir) dimaksudkan agar drainase atau pengairan sempurna. Cara pengolahan media tanam buah naga yakni dengan mencapur bahan-bahan tersebut dengan perbandingan 1:2:1, karena pada awal pertumbuhan, tanaman membutuhkan banyak nutrisi, sehingga kandungan kompos lebih banyak.

Tabulampot buah Naga

Setelah persiapan bibit buah naga dan media tanam, agar disebut Tabulampot tentu yang harus Anda sediakan adalah Pot yang berdiameter 40-60 cm, yang terbuat dari tanah liat yang memiliki sistem drainase yang baik agar terhindar dari pembusukan akar, dan juga bilah kayu (ajir) atau bambu sebagai penopang buah nantinya. Buatlah ajir dengan tinggi 150 cm dan lebar 6 cm dari bilah kayu atau bambu yang kuat, agar dapat menopang buah,

Proses penanaman Tabulampot buah naga sebagai berikut:

  • Masukkan media tanam yang sudah disiapkan ke dalam pot, isi hingga 80% dari volume pot.
  • Buatlah 3 lubang tanam berdiameter 6 cm dengan kedalaman 10 cm.
  • Tanam bibit yang sudah Anda beli dari kami
  • Tancapkan ajir yang sudah dipersiapkan pada lubang dan ikatkan bibit buah naga pada ajir menggunakan tali.
  • Padatkan tanah disekitar pangkal batang.
  • Siram lah tanaman secukupnya untuk menjaga kelembabannya, namun jangan sampai terlalu basah, apalagi terjadi genangan,
  • Tempatkalnah Tabulampot pada ruangan terbuka dan dapat disinari matahari sepanjang hari.

Perawatan Tabulampot buah Naga

  • Selalu awasi tabulampot, jika dalam waktu 2 minggu ada tanaman yang tidak berhasil tumbuh atau mati, maka gantilah dengan bibit yang baru.
  • Siram tanaman dengan air secukupnya secara teratur setiap hari hingga usia tanam mencapai 6 bulan. Kemudian intensitas penyiraman dikurangi menjadi seminggu sekali. Ketika musim kemarau datang, siramlah tanaman 5 hari sekali saja. Dan ketika kuncup sudah mulai mekar, penyiraman menjadi 2 minggu sekali.
  • Agar tanaman tumbuh optimal, lakukanlah pemangkasan secara teratur untuk memicu pembentukan cabang baru. Pemangkasan dilakukan setelah menginjak usia 3 bulan. Pangkas ujung batang tabulampot buah naga, agar tidak lebih tinggi dari 60 cm.
  • Ketika menginjak usia 6 bulan, jaga agar tanaman tidak lebih dari 140 cm. Pada setiap batang, akan tumbuh 3-4 tunas baru. Pangkas dan sisakan satu tunas saja, pilih yang paling baik diantaranya.
  • Pemupukan lanjutan diperlukan agar unsur hara dalam tanah tercukupi untuk menutrisi tanaman secara optimal. Pemupukan dilakukan setiap bulan dengan pupuk NPK (16–16–16) sebanyak 6 gram per tabulampot.

Pemanenan Tabulampot Buah Naga

Jika media tanam dan perawatan dilakukan sesuai dengan petunjuk diatas, maka ketika Tabulampot buah naga menginjak usia 6 bulan, bunga-bunga akan mulai bermekaran. Dan bunga tersebut akan berubah menjadi buah naga setelah 2 bulan. Jadi waktu yang diperlukan hingga tabulampot buah naga berbuah yakni sekitar 8 bulan saja.

Dalam memanen, petiklah buah naga yang sudah masak yang ditandai dengan berubahnya warna pada kulit buah naga. Gunakan gunting potong untuk memanen, dengan cara memotong tangkai buah. Berat ideal buah naga berkualitas yakni 6-7 ons, tergantung jenisnya juga. Buah naga Kuning akan lebih besar dari buah naga Merah.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut produk dari Buah Naga, silahkan Klik disini.

Untuk menambah pengetahuan Anda tentang buah naga, baca juga artikel tentang Cara menanam Buah naga dalam Pot.  Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA