tanaman cola

Tanaman Kola dan Manfaat Biji Kola

Mungkin banyak orang yang tidak tahu bahwa minuman berkarbonasi seperti sprite, coca cola, dan minuman karbonasi lainnya berbahan dasar Tanaman Kola. Ternyata tidak hanya itu, tanaman Kola juga banyak digunakan sebagai bahan untuk meramu obat, industri dan pewarna tekstil.

Banyak sekali varietas tanaman Kola, lebih dari 120 jenis. Namun, salah satu yang paling banyak dibudidayakan adalah Kola Nut, dengan bahasa Latinnya Cola Nitida Schot et Endi. Karena jenis ini yang paling banyak dimanfaatkan baik daun coca, batang, maupun biji kola-nya.

Ciri-ciri Tanaman Kola

tanaman colaCara paling mudah mengenali tanaman Kola adalah dari buahnya.

Seperti tampak pada gambar disamping, buah kola berbentuk lonjong memanjang dengan benjolan pada permukaan buahnya. Kulit buah sangat tebal berwarna hijau muda yang sedikit pucat.

Tanaman Kola Nut ini dapat tumbuh tinggi hingga 13-20 meter, lebih tinggi dari varietas kola lainnya yang berkisar antara 7-10 meter saja.

Habitat asli kola berasal dari Afrika, tepatnya di Kamerun dan Ghana yang memiliki dataran tinggi, karena tanaman kola hanya mampu tumbuh optimal jika ditanam pada dataran tinggi yang beriklim tropis. Bunga tanaman kola mirip sekali dengan melati hanya saja lebih besar dan putiknya berwarna kuning dengan benang sari berwarna ungu tua melengkung seperti bintang.

Saat ini, Tanaman Kola sudah tersedia di toko kami, dengan harga jual Rp. 80 ribu per tanaman. Tanaman kola yang kami jual merupakan bibit unggulan yang sudah tumbuh sekitar 40-60 cm yang siap tanam. Lebih detailnya, silakan lihat di katalog kami disini.

Tanaman Kola masih kerabat dekat Kakao atau coklat yang sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Sebenarnya tanaman ini juga cukup potensial jika ditanam di wilayah Indonesia, karena sangat jarang bahkan langka petani kola di Indonesia, sehingga dapat dipastikan akan sangat menguntungkan.

Manfaat Biji Kola

manfaat biji kolaPaling terkenal dari Tanaman kola adalah bijinya, padahal hampir setiap bagian memiliki manfaat juga. Seperti batang misalnya, dimanfaatkan untuk pembuatan meubel, rumah, dan interior lainnya, karena daya tahan dan kekuatannya sangat baik.

Manfaat biji kola dalam bidang industri digunakan sebagai pewarna tekstil dan campuran pupuk kalium. Dalam industri minuman tentunya sebagai bahan dasar minuman berkarbonasi. Biji kola mengandung kafein, theobromin, tannin, selulosa, protein dan lemak. Sehingga dimanfaatkan juga sebagai tanaman herbal untuk pengobatan diare, disentri, migrain, dan batuk.

Silahkan [Klik disini] untuk melihat detail katalog dari kami.

 

2 thoughts on “Tanaman Kola dan Manfaat Biji Kola

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA