Tanaman Hias Tahan Panas dan Hujan

Tanaman hias tahan panas – 4 tahun terakhir ini cuaca memang sudah tidak menentu, dan sulit diprediksi. Lihat saja, di bulan November, Desember, dan Januari misalnya, biasanya musim penghujan, tetapi nyatanya hujan tak kunjung datang, bahkan memasuki bulan April, terkadang pagi hari panas, menjelang siang sudah mendung, dan sore hujan lebat. Kejadian ini terulang terus menerus tiap tahun tentu saja bagi pemilik tanaman hias terutama yang ditanam di luar ruangan khawatir tanamannya akan rusak dan sulit berkembang optimal.

Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu tersebut, kita sebagai penghobi tanaman hias harus bisa menyiasati, mungkin mengganti tanaman yang lama dengan tanaman hias tahan panas dan hujan agar tidak perlu khawatir lagi dalam perawatannya. Beberapa tanaman berikut ini mungkin bisa menjadi pilihan terbaik anda yang ingin menghilangkan kekhawatiran tersebut.

Tanaman Hias Tahan Panas

Setiap tanaman memiliki karakteristik masing-masing, ada tanaman yang mudah layu karena terlalu panas, atau sebaliknya tanaman membusuk dan mati karena terlalu banyak air. Tapi tiga tanaman berikut ini selain cantik juga tahan segala cuaca. Silahkan pilih!

Bromelia

tanaman hias tahan panas BromeliaIni adalah salah satu jenis tanaman hias outdoor tahan panas yang sangat indah dan memiliki bunga yang cantik. Tanaman yang masuk dalam keluarga Bromeliad ini memiliki jenis hingga ratusan, tetapi yang lazim dibudidayana di Indonesia hanyalah 6 jenis, yakni Bromelia Red Grass, Bromelia Pink Grass, Bromelia Pagoda, Bromelia Ying Yang, Bromelia Royal Jelly dan Bromelia Red Jelly.

Harga bibit Bromelia memang sedikit lebih mahal dibandingkan tanaman hias lainnya. Untuk melihat harga Bromelia dan detailnya, silahkan lihat katalog kami disini.

Karena daya tahannya yang luar biasa, Bromelia sampai mendapat julukan tanaman kering. Kelebihan lainnya dari Bromelia adalah mekar bunganya tahan lama, ada yang mencapai 3-5 bulan. Selain itu juga perawatannya yang sangat mudah. Ketika tanaman hias lain perlu disiram 2 kali sehari, Bromelia cukup hanya sekali dan juga tidak banyak hama yang menyerangnya, karena musuh utamanya hanyalah belalang pemakan daun, sehingga mudah mengatasinya.

Bunga Desember atau Blood Lily

Tanaman hias berbunga tahan panasDulunya, tanaman ini sebagai penanda perubahan musim karena bunganya mekar ketika memasuki bulan Desember. Namun karena akibat pemanasan global, dimana cuacanya tidak menentu lagi Blood Lily pun mengikuti arus dan bahkan saat ini dapat berbunga dua kali dalam setahun.

Ada banyak sekali jenis Lily di dunia, ini adalah jenis tanaman bunga yang tahan panas dan hujan, karena mampu beradaptasi dengan lingkungan dan dapat tumbuh optimal di dataran rendah atau tinggi baik bersuhu panas maupun dingin.

Harga bibit bunga lily Desember ini pun bisa dikatakan paling murah. Kami menjualnya seharga 45 ribu saja. Bibit tanaman sudah siap tanam dengan tinggi 20-40 cm ketika dikirim ke anda. Perawatan dan pemupukannya pun sangat sederhana, sehingga tidak perlu khawatir tanaman hias anda akan layu dan mati.

Bougenville atau Bunga Kertas

tanaman hias berbunga tahan panasIni adalah jenis tanaman hias tahan panas matahari, karena memang kebutuhan akan penyinaran hingga 80 persen, bahkan ketika terik sekalipun. Ada empat jenis Bougenville yang kami sediakan antara lain Bougenville Ungu, Putih, Orange, dan Merah. Untuk melihat harga bibit bougenville dan detailnya, silahkan lihat katalog bougenville kami disini.

Tanaman ini akan membutuhkan banyak air hanya ketika pertama kali tanam, hingga usia tanam 14 hari, dan kemudian penyiraman hanya diperlukan sehari sekali setelahnya. Pemupukannya dilakukan ketika sebulan usia tanam, dan selanjutnya setiap 3 bulan sekali saja.

Baca juga: Cara Merawat Bunga Bougenville

Anda juga bisa mempertimbangkan menanam pohon cemara di depan rumah anda untuk mengatasi perubahan iklim yang ekstrem seperti saat ini. Selain sebagai tanaman hias dan peneduh rumah, pohon Cemara juga menghasilkan oksigen terbanyak dibanding tanaman hias lainnya, sehingga dapat menyejukan lingkungan sekitar.

 

Leave a Reply