Tanaman Paling Menguntungkan

Punya ide usaha budidaya tanaman? Tentu saja kita harus memikirkan tanaman apa yang paling menguntukan untuk dibudidayakan, Sehingga modal usaha dapat kembali dengan cepat dan mendapatkan selisih yang cukup besar.

Sebenarnya mau usaha budidaya apapun jika Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh dan konsisten tentu saja hasilnya akan mengikuti keseriusan Anda. Jadi pada dasarnya semua usaha tanaman akan menguntungkan. Tetapi memang ada tanaman paling menguntungkan yang wajib dibudidayakan saat ini.

Tanaman yang Menguntungkan dan Cepat Panen

Ada beberapa kriteria untuk tanaman yang menguntungkan antara lain:

  1. Memiliki pangsa pasar yang besar
  2. Permintaan lebih besar daripada suplai
  3. Cepat panen dan harganya stabil
  4. Tanaman tidak mudah layu atau busuk
  5. Tanaman tahan penyakit dan perawatannya relatif mudah
  6. Tidak memerlukan modal yang besar
  7. Resiko sangat kecil

Jika tanaman yang akan di budidaya sudah memenuhi 7 kriteria diatas, Anda tidak perlu ragu untuk membudidayakannya.  Karena hasilnya pun akan sangat memuaskan, setidaknya anda tidak perlu pusing karena anda tidak perlu mencari pasar untuk memasarkan hasil panen anda.

Contoh Tanaman yang Menguntungkan

Masih bingung memikirkan tanaman paling menguntungkan? Tidak panjang lebar, berikut ini adalah contoh tanaman yang menguntungkan.

1. Tanaman Cabai

Anda sudah lihat, berapa harga cabai di pasar saat ini? dari 50-100 ribu per kilo. Cabai jelas memiliki pangsa pasar yang besar, karena hampir setiap dapur membutuhkannya. Kenapa harganya bisa begitu mahal? jelas karena permintaan lebih besar daripada suplai.

Ada begitu banyak jenis cabai. Silahkan lihat di katalog kami untuk tanaman cabai.

Budidaya tanaman cabai sangat cocok bagi Anda yang hanya memiliki lahan sempit di rumah. Cabai bisa di tanam dengan metode hidroponik. Apa itu hidroponik dan apa saja kelebihan serta kekurangannya? silahkan baca disini.

Cabe Hidroponik tanaman yang menguntungkan

2. Tanaman Sayuran

Sayuran memiliki pangsa yang sangat besar, selalu ada permintaan setiap hari sebagai kebutuhan pokok setiap rumah tangga. Ada beberapa tanaman sayuran yang sangat kami rekomendasikan antara lain, terong, sawi, kangkung, brokoli, labu dan kentang.

Wajib Baca: Cara Budidaya sayuran organik

3. Tanaman Pisang

Pisang sangat cocok bagi Anda yang memiliki lahan cukup luas, dengan perawatan yang minimal. Kelebihan tanaman pisang adalah proses pembibitan sangat mudah, harganya sangat tinggi, dan perawatannya sangat mudah. Meski panenya cukup lama tetapi bisa diatasi dengan menanam dalam jumlah yang banyak, sehingga dapat menguntungkan.

bibit pisang menguntungkanSalah satu jenis pisang yang sangat kami rekomendasikan adalah Pisang Cavendish. Permintaan sangat tinggi dan harganya juga menggiurkan. Kami menjual bibit tanaman pisang Cavendish seharga 70 ribu per bibit dengan ukuran 40-60 centimeter.

Penting: Cara Menanam Pisang agar Cepat Berbuah

Masa panen tanaman pisang memang relatif lama, rata-rata masa panen untuk semua jenis pisang adalah 6 bulan hingga 2 tahun. Butuh lahan yang sangat luas untuk menanam setidaknya 50-100 tanaman pisang untuk dibudidayakan.

Baca Juga: Cara merawat tanaman Pisang

Sebaiknya, dalam melakukan budidaya tanaman, pilihlah tanaman yang menjadi favorit Anda dahulu, karena dalam melaksanakan ide usaha budidaya tanaman membutuhkan pengetahuan yang cukup agar hasilnya sesuai dengan harapan.

 

Leave a Reply