bibit durian

Tanya Jawab Tentang Bibit Durian, Harga, dan Cara Menanam Durian

Pada artikel kali ini, kami ingin membahas seputar tentang durian. Banyak sekali pertanyaan yang datang tentang durian ini, dari mulai harga bibit durian, hingga cara menanam durian agar cepat berbuah. Oleh karena itu, kami akan menjawab semua pertanyaan dalam satu artikel ini, sehingga memudahkan pembaca semua menemukan jawaban dari pertanyaan yang sama.

bibit durian

Bibit Durian Unggul

Berapa lama durian montong berbuah?

Secara umum, umur durian montong berbuah ketika menginjak usia 3-6 tahun setelah masa tanam. Cepat dan lambatnya tergantung dari perawatannya. Jika bibit durian berasal dari tanaman unggul, media tanam sangat baik, perawatannya teratur, dan dibantu pula proses penyerbukannya maka durian montong akan semakin cepat berbuah.

Pohon durian pendek, masuk dalam jenis apa?

pohon durian pendekPohon durian pendek sebenarnya adalah hasil rekayasa pembibitan dengan cara okulasi, yakni sambung silang untuk menghasilkan bibit yang lebih baik dari tanaman durian aslinya.

Pohon durian pendek disamping adalah Durian Bawor Kaki Tiga, yang sangat cepat berbuahnya. Dalam kurun waktu 3 tahun, Anda sudah dapat memanen durian. Berasal dari pembibitan durian montong kualitas nomor 1.

Kelebihan dari jenis ini adalah, sangat kuat, mampu menahan erosi dan sangat cepat berbuah. Hasil buahnya pun berkualitas terbaik.

Cara memilih bibit durian yang cepat berbuah

Dalam memilih bibit durian yang bagus, dapat dilihat dari fisiknya, antara lain

  • Tanaman durian terlihat sehat dan segar
  • Memiliki batang yang keras
  • Memiliki daun yang segar dan banyak
  • Berasal dari cangkok ataupun okulasi

Jangan menanam Durian dari bijinya karena tingkat keberhasilannya sangat rendah, dan buah yang dihasilkan pun memiliki kualitas yang sangat buruk. Dan terkadang malah pohon hanya tumbuh tetapi tidak menghasilkan buah sama sekali.

Jenis bibit durian cepat berbuah

Kami menyediakan jenis bibit durian yang cepat berbuah dengan kualitas terbaik. Beberapa jenis yang kami rekomendasikan antara lain:

Durian Bawor Kaki Tiga

Selain memiliki nilai estetika yang tinggi, durian bawor kaki tiga sangat cepat berbuah dengan ciri khas pohon pendek. Masa panen cepat dengan kualitas buah terbaik menjadikannya sebagai pilihan utama para petani durian. Durian bawor sangat cocok di tanam di dataran rendah.

Durian Kumbokarno

Durian Kumbokarno merupakan hasil perpaduan antara durian lokal dengan durian montong, yang dapat tumbuh di dataran rendah maupun tinggi, dan mampu beradaptasi dengan baik dengan lingkungannya sehingga mampu tumbuh pada cuaca panas maupun dingin.

Kelebihan utama dari Durian Kumbokarno adalah buah nya yang besar, dengan berat sekitar 3-4,7 kg. Hampir dua kali lipat dari hasil buah durian bawor, yang memiliki berat berkisar antara 2,5 kg. Durian jenis ini juga cukup cepat berbuah, sekitar 3-5 tahun tergantung perawatannya.

Durian Sitokong

Durian jenis ini adalah yang paling mudah dibudidayakan. Karena tidak membutuhkan perawatan khusus dan memiliki kemampuan adaptasi terbaik dari jenis durian lainnya. Kelebihan dari Durian Sitokong lainnya adalah aromanya yang sangat khas menyengat penciuman. sehingga hasil buahnya banyak dimanfaatkan untuk makanan olahan seperti dodol, kue, ice cream, asinan, dan makanan olahan lainnya.

Durian Musang King

Diberi nama Musang King karena banyak ditemukan di sekitar Goa Musang, namun sama sekali tidak ada hubungannya dengan Musang. Durian ini adalah jenis durian terbaik dari Malaysia, yang memiliki rasa manis dan daging tebalnya sangat mudah terlepas dari bijinya. Oleh karena itu, harga jual Durian King sangat mahal dibanding durian lokal lainnya. Kami menjual bibit tanaman Durian Musang King dengan harga 115 ribu saja, yang sudah tumbuh antara 40-60 cm.

Durian Orange

Durian ini berasal dari Kalimantan yang dinobatkan sebagai durian terbaik pada tahun 1995, karena buahnya berwarna keemasan dengan rasa yang sangat nikmat, namun baunya tidak menyengat seperti buah durian pada umumnya.

Harga bibit durian unggul

Mengenai harga bibit durian unggul, silahkan lihat katalog kami di sini.

Kami akan selalu mengupdate pertanyaan sekitar Durian. Silakan hubungi kami melalui form kontak dan nomor yang tersedia di bawah.

20 thoughts on “Tanya Jawab Tentang Bibit Durian, Harga, dan Cara Menanam Durian

  1. Dedi H says:

    selamat pagi,
    saya punya lahan 1 Ha dan akan dijadikan kebun durian. Pertanyaannya bibit apa yang bagus untuk ditanam, dan apakah bisa ditanam 3 jenis durian yang berbeda?
    2. Apakah pohon durian ditumpang sari?

    Terimakasih

  2. Prie Ramadhan says:

    Pak mau tanya durian bawor bisa tumbuh dan berbuah nggak kalau di tanam di kota Semarang yang lumayan panas suhunya
    Seandainya nggak bisa yg paling cocok durian apa yg cocok ?
    terimakasih

  3. Gregi says:

    Apakah bibit tanaman durian musang kingkong dapat tumbuh & berbuah dengan lebat/ bagus pada lahan tanah kebun yang lembab berair saat digali skitar 35 cm sudah keluar airnya, atau jenis tanaman durian apa yang cocok pada lahan trsbt?

  4. Gregi says:

    Apakah bibit tanaman durian musang kingkong kaki tiga dapat tumbuh & berbuah dengan lebat/ bagus pada lahan tanah kebun yang lembab berair saat digali skitar 35 cm sudah keluar airnya, atau jenis tanaman durian apa yang cocok pada lahan trsbt?

  5. Gregi says:

    Apakah bibit tanaman durian musang king dapat tumbuh & berbuah dengan lebat/ bagus pada lahan tanah kebun yang lembab berair saat digali skitar 35 cm sudah keluar airnya, atau jenis tanaman durian apa yang cocok pada lahan trsbt?

  6. WIDODO says:

    SAYA BUTUH BIBIT DURIAN YANG KURANG DARI 5 TAHU BISA BERBUAH,SAYA TINGGAL DIDURI RIAU…BGAIMANA SAYA BISA MENDAPATKANNYA….SAYA BUTUH 20 BATANG SAJA

  7. WIDODO says:

    SAYA BUTUH BIBIT DURIAN YANG KURANG DARI 5 TAHU BISA BERBUAH,SAYA TINGGAL DIDURI RIAU…BGAIMANA SAYA BISA MENDAPATKANNYA….SAYA BUTUH 20 BATANG SAJA .tks

    • niny says:

      Sebaiknya biarkan tanaman durian tumbuh maksimal denga menyerap unsur-unsur hara dari tanah yang ada disekitarnya. Jika ada tanaman lain maka tanaman akan berebut nutrisi dan pada akhirnya tanaman tidak tumbuh maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA