Tips Menanam Pohon Kelapa Gading di depan rumah

Pohon Kelapa Gading di depan rumah tentu akan menyajikan aroma pedesaan yang sejuk dan damai. Kelapa Gading tidak dapat tumbuh tinggi layaknya pohon kelapa biasa, paling hanya mencapai 2-4 meter saja, sehingga tidak akan berbahaya jika di tanam didepan rumah anda.

Jika halaman rumah anda cukup luas, maka menanam pohon kelapa Gading sangat dianjurkan, selain dapat sebagai tanaman hias, juga dapat menghasilkan buah segar yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Harga Tanaman Kelapa Gading

Di daerah perkotaan tentu akan sangat sulit mendapatkan bibit tanaman kelapa gading yang bagus. Oleh karena itu, kami memberikan solusi bagi anda yang ingin menanam pohon kelapa gading di depan rumah. Bibit pohon Kelapa Gading kami jual dengan harga 110 ribu rupiah saja. Bibit kelapa Gading yang akan dikirim ke Anda sudah siap untuk di tanam karena sudah tumbuh tinggi antara 20-40 cm. Silahkan lihat detailnya disini.

Kelapa Gading akan tumbuh baik jika di tanam di dataran rendah dan sedang, dengan suhu antara 25-35º C. Tanaman ini sangat tahan terhadap panas, sehingga kebutuhan air nya pun tidak terlalu banyak. Anda hanya butuh menyiramnya sehari sekali.

Tips Menanam Pohon Kelapa Gading di depan rumah

Tanaman kelapa Gading dapat di tanam langsung ataupun menggunakan pot, tergantung lokasi tanam yang tersedia.

Menanam Langsung atau di Pot

kelapa gading di depan rumahJika lahan yang anda miliki cukup terbatas, anda dapat menanam pohon Kelapa Gading seperti pada gambar disamping.

Ini adalah model taman minimalis yang mungkin dapat diterapkan. Dengan cara mengelilingi pohon dengan lingkaran semen akan dapat membatasi ruang gerak akar, sehingga akan lebih tertata rapi.

Jika anda ingin menggunakan pot, maka gunakan pot berdiameter 60 cm. Kelemahannya adalah kurang kuatnya pot, jika pot pecah maka akan lebih sulit menanganinya, butuh tenaga ekstra,

Selain itu, anda juga bisa menanamnya langsung di tanah, kemudian tanamlah rumput disekitar pohon kelapa gading, dan merata ke seluruh taman anda agar lebih asri dan indah.

Lakukan penyiraman 1-2 kali sehari, dan membersihkan daerah sekitar tanaman atau batang dari secara rutin sangat penting agar pohon kelapa gading dapat tumbuh optimal.

Membuat Bonsai Kelapa Gading

membuat bonsai kelapa gading miringBonsai Kelapa Gading juga sangat diminati oleh banyak orang, karena memiliki nilai estetika yang tinggi. Selain itu, dengan membonsainya maka lebih irit tempat dan juga dapat berbuah.

Membuat bonsai Kelapa Gading cukup mudah, yakni dengan menyayat buah kelapa gading di bagian depannya, kupas semua kulitnya terlebih dahulu namun harus hati-hati agar sayatan tidak tembus ke batok kelapa.

Buah yang sudah sayat bisa langsung di tanam pada pot. Media yang digunakan adalah tanah, kompos dan arang sekam, dengan perbandingan 1:1:1

Karena dalam masa pertumbuhannya membutuhkan nutrisi yang cukup banyak sehingga kompos dan arang sekam sangat dibutuhkan agar unsur hara dalam tanah terpenuhi.

Lakukan penyayatan secara rutin, tiga hari sekali agar memicu pertumbuhan tunas baru, tetapi harus hati hati agar tunas tidak terkena sayatannya. Gunakan pisau tajam untuk melakukan penyayatan,

Leave a Reply