Tanaman Blueberry

Rp 1.250.000

Habis

SKU: 56B96F1610F4C.

Nama: Blueberry
Dataran yang cocok: Rendah yang panas
Tinggi Bibit: 70 cm
Tempat Tanam: Pot diameter >60cm atau langsung ditanam di tanah
Umur berbuah dari bibit: Siap berbuah (lihat gambar kanan)

Blueberry tergolong dalam satu genus dengan cranberry dan bilberry yang buahnya memiliki warna keungu-unguan dan berasal dari Amerika Utara. Warna daunnya hijau dengan ukuran panjang 1-8 cm dan lebar 0.5-3.5 cm, dengan bunga yang berbentuk seperti bel dan berwarna putih, hijau, dan pink atau merah pucat. Sedangkan buah Blueberry memiliki diameter 5-16 milimeter dan mengalami beberapa fase perubahan warna; dari hijau pucat, kemudian ungu kemerahan dan kemudian berwarna ungu tua saat mencapai usia matang.Buah Blueberry sering dimanfaatkan untuk dimakan karena rasanya yang manis saat benar-benar matang. Pertumbuhan dari tanaman ini tergantung pada lingkungan sekitar seperti cuaca dan iklim .

Sudah sejak lama buah blueberry dimanfaatkan sebagai bahan makanan atau minuman, biasa dijual dalam bentuk segar atau dibekukan, juga diolah menjadi juice, puree, jelly, selai dan sereal. Disamping itu, blueberry juga bisa diolah menjadi minuman dengan melalui proses pematangan dan fermentasi.

Cara Penanaman:
Tanamlah bibit yang diperoleh secepatnya, bila lokasi penanaman belum siap, pastikan tanaman mendapatkan pasokan air yang cukup agar tidak mengalami kekeringan.

Sifat perakaran tanaman Blueberry adalah rapat dan melebar, untuk ini pembuatan lubang tanam yang lebar akan lebih baik bagi tanaman jika dibandingkan dengan pembuatan lubang tanam yang dalam.

Lubang tanam dapat dibuat sedalam yang diinginkan, tetapi Kedalaman penanaman sebaiknya disesuaikan dengan kondisi tinggi media tanam ketika tanaman didapat dari nusery tempat bibit tanaman diperoleh.

Campurkan tanah subur yang mengandung bahan organik dengan peat moss dengan perbandingan 50:50. Peat moss adalah tanah gambut yang berasal dari tumbuhan lumut-lumutan. Fungsi peat moss di sini adalah sebagai perlakuan untuk tanah agar mencapai pH 4.5 –  4.8 (asam) permanen. Peat moss dapat banyak dijumpai di Kalimantan dan Sumatra. Peat moss dapat juga digantikan dengan pakis yang biasa digunakan sebagai media tanam anggrek. Kompos dapat diberikan untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Jangan mencampurkan peat moss kering pada tanah kemudian langsung menanam bibit. Peat moss kering akan banyak menyerap kelembaban dari bibit blueberry dan sekitarnya yang beresiko menyebabkan tanaman mati kekurangan air.

Jarak tanam ideal antara tanaman Blueberry adalah 1.8 – 3 m. jarak tanam yang terlampau dekat akan menyebabkan tanaman bersaing dalam mendapatkan nutrisi dan sinar matahari, sedang jarak yang terlalu berjauhan akan menghalangi terjadinya penyerbukkan silang.

Sumber : diperta.jabarprov.go.id

Berat 1 kg

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Tanaman Blueberry”

Your email address will not be published. Required fields are marked *