jeruk-tangan-buddha-254x300

Tanaman Jeruk Tangan Buddha (Buddha’s Hand)

Rp 115.000

5 bibit tersedia

Pemesanan

Jika tertarik produk ini silakan langsung ke website BIBITBUNGA.COM untuk membeli (tambahkan ke keranjang belanja), atau hubungi kami via:

  • SMS: 082240426123
  • Line: @bibitbungaid (@-nya jangan ketinggalan)
SKU: 56B96F160F330.

Nama: Jeruk Jari Budha
Nama Ilmiah: Citrus Medica var. Sarcodactylis
Dataran yang cocok: Rendah – Sedang
Asal Bibit: Okulasi
Tinggi Bibit: 40-50cm seperti digambar
Tempat Tanam: Pot diameter >60cm atau langsung ditanam di tanah
Umur berbuah dari bibit: 1 tahun atau kadang sudah berbuah

Jeruk Jari Budha kurang banyak dikenal padahal jeruk ini banyak dicari untuk keperluan ritual upacara dan ramuan obat tradisional Cina. Jeruk jari Budha berasal dari wilayah sekitar Cina dan Myanmar dimana jeruk ini sebenarnya merupakan varietas dari jeruk sukade (Citrus Medica) yang memiliki nama ilmiah C. Medica var. Sarcodactylis

Seperti halnya jeruk sukade, jeruk jari Budha atau di Aceh dikenal dengan nama jeruk kuku macan, memiliki buah berkulit tebal dengan rasa pahit-getir karena banyaknya kandungan minyak atsiri pada kulit tersebut.

Jeruk jari Budha memiliki bentuk buah yang unik dan menarik. Kulit buah jeruk ini memiliki permukaan yang menonjol rapi membentuk jari tangan setengah mengepal, itulah sebabnya jeruk yang memiliki nama asliHiong i lah ini mendapat nama jeruk jari Budha.

Jeruk jari Budha di Jakarta juga dikenal dengan nama jeruk tangan dewa, suatu penamaan yang keberadaannya tidak bisa dilepaskan dari upacara keagamaan etnis Cina sebagai jeruk persembahan dewa.

Buah jeruk jari Budha yang telah matang (jatuh pohon) memiliki kandungan senyawa antara lain hesperidin, esscense oil, herperedin oil, dan asam kalak. Buah dalam kondisi seperti inilah yang dimanfaatkan oleh para sinse sebagai bahan obat tradisonal. Sinse akan mengiris tipis-tipis buah dan mengeringkannya dengan menjemurnya tanpa terkena sinar matahari langsung karena dapat merusak kandungan senyawa yang terkandung di dalamnya.

Selain untuk dijadikan tanaman obat, jeruk ini juga menarik untuk dijadikan tanaman hias karena bentuk buahnya serta warnanya yang cantik. Perawatan tanamannya tidaklah sulit dan tidak banyak musuh pengganggunya. Setelah berumur satu tahun tanam, biasanya sudah mulai dapat berbuah dan tiga bulan kemudian buahnya akan cukup tua untuk dimanfaatkan sesuai keperluan.

Tips Perawatan:
Gunakan media yang gembur dan tambahkan kompos kelubang tanam sekitar 1-2 kg per lubang.
Siram sehari sekali.
Pemupukan 3 bulan sekali, NPK ditabur dan di benam disekeliling  kanopi tanaman.
Bersihkan gulma secara berkala.

Berat 0.75 kg

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Tanaman Jeruk Tangan Buddha (Buddha’s Hand)”

Your email address will not be published. Required fields are marked *