Cara Menanam Bunga Adenium dan Perawatannya [Pot dan Tanah]

Tanaman adenium atau dikenal juga dengan tanaman bunga kamboja jepang merupakan salah satu jenis bunga yang menjadi tren dan favorit bagi banyak penyuka tanaman hias sampai saat ini. Tanaman bunga tersebut sebenarnya berasal dari daerah beriklim kering seperti di daerah gurun pasir atau sabana di wilayah Asia Barat dan Afrika. Nama adenium sendiri merupakan nama yang berasal dari kata Aden yang merupakan ibukota dari negeri Yaman, yang adalah salah satu tempat di mana tanaman ini berasal dan menyebar. Tanaman adenium juga disebut kamboja jepang karena bunga berwarna pink seperti bunga sakura yang ada di Jepang.

Tanaman hias adenium adalah tanaman yang cantik dan unik serta sering dijadikan tanaman hias bonsai oleh para penggemar tanaman.  Bunganya yang indah dan cantik menjadi salah satu alasan mengapa banyak yang menyukai tanaman ini. Selain itu bentuk batang dan akarnya yang unik menambah daya tarik dari tanaman tersebut. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di iklim tropis seperti di Indonesia, kecuali di wilayah dataran tinggi dan iklim dingin.

Di sini kami akan memberikan tips dan cara menanam bunga adenium serta bagaimana perawatanya yang terbaik agar bunga adenium dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Silahkan cek disini untuk melihat aneka bibit tanaman bunga adenium yang kami jual.

Cara Menanam Bunga Adenium

Tanaman adenium membutuhkan beberapa kondisi agar dapat tumbuh dengan baik. Di antaranya adalah tanaman ini harus ditanam atau dibudidayakan di wilayah dataran rendah yang panas, Harus ditaruh ditempat dengan sinar matahari langsung, menggunakan media tanam yang tidak gampang atau mudah menyerap air serta jauhi dari tempat-tempat yang dingin karena bunga adenium hanya berbunga jika ditaruh atau ditanam di daerah dengan cuaca panas.

Persiapan Bibit Adenium

Cara menanam adenium yang pertama adalah menyiapkan bibit adenium. Untuk bibit bunga adenium sendiri Anda bisa menggunakan bibit berupa biji atau bisa juga dengan menggunakan metode stek dari tanaman adenium lain yang memiliki kualitas tinggi dan sehat. Kamu juga bisa membeli bibit tanaman adenium di toko tanaman hias terdekat atau lewat jasa toko online tanaman hias kami.

Persiapan Wadah Tanam Pot

Selanjutnya adalah persiapan wadah tanam berupa pot ataupun wadah lain yang ingin Anda gunakan. Namun untuk pot tanaman adenium, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pot yang Anda gunakan minimal memiliki diameter sebesar 50 cm untuk bisa menampung akar dari tanaman tersebut. Bahan pot bisa dari plastik ataupun dari semen, dan sebaiknya jauhi penggunakan pot tanah liat karena pot tersebut bisa pecah akibat dari akar tanaman adenium yang mendesak pot.

Persiapan Media Tanam

Cara menanam tanaman adenium selanjutnya adalah mempersiapkan media tanam yang akan kita gunakan. Media tanam untuk adenium yang baik dan bagus adalah yang tidak terlalu mudah untuk menyerap air dan tidak terlalu lembab. Media tanam bisa berupa campuran dari pasir, arang sekam, pupuk, sekam mentah dengan perbandingan  2:1:2:1 dan diaduk hingga tercamput rata. Media tanam dibiarkan selama 10 hari didalam pot atau di tempat lain dan dibiarkan terkena sinar matahari langsung.

Proses Penanaman Adenium

Selanjutnya adalah proses penanaman dari tanaman adenium yang kita inginkan. Setelah 10 hari, media tanam kita masukan kedalam pot yang telah kita persiapkan sebelumnya. Buatlah lubang di bagian tengah pot dengan menggunakan jari tangan atau alat lain yang disesuaikan dengan ukuran bibit tanaman adenium. Tanam bibit kemudian ditutup kembali dengan tanah. Jika Anda menanam dengan metode stek, tanam dengan kedalaman sekitar setengah dari batang tanaman tersebut.

Untuk penyiraman, Anda hanya perlu melakukannya sesekali saja dengan menyemprotkan menggunakan alat semprot. Setiap 1 atau 2 bulan, Anda juga bisa menambahkan air tersebut dengan pupuk yang dicampurkan di dalamnya.

Jangan lupa cek disini yaahh untuk melihat aneka bibit tanaman bunga adenium / kamboja jepang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA