Cara Menanam Bunga Teratai dan Budidayanya di Dalam Pot atau Kolam

Cara Menanam Bunga Teratai – Tanaman bunga teratai adalah tanaman yang berada di permukaan yang yang sering ditaruh atau ditempatkan di kolam taman ataupun di danau kecil. Tanaman teratai memiliki bunga yang cantik sehingga sering dijadikan sebagai tanaman hias pilihan untuk mempercantik taman ataupun kolam. Bunga teratai telah lama dikenal dan juga diyakini sebagai bunga keabadian dan tumbuh di surga atau nirwana bagi penganut ajaran budha.

Bunga ini memang tergolong unik bahkan jika kita bandingkan dengan tanaman air lainnya. Akar dari tanaman ini tumbuh didalam lumpur yang ada ada didasar air, batangnya tumbuh memanjang keatas dan daunnya tumbuh tepat di atas permukaan air. Sedangkan bunganya besar dan berwarna indah dan cantik serta terlihat sangat anggun jika kita lihat dari atas kolam atau danau. Hal unik yang lain adalah jumlah mahkota bunganya yang selalu berjumlah genal dengan warna yang bermacam-macam, yang diantaranya ada merah, biru, kuning, dan juga warna pink.

Cara menanam bunga teratai juga tidaklah begitu sulit dan tidak terlalu berbeda dengan beberapa jenis tanaman hias air lainnya. Tanaman hias ini dipercaya bisa menghilangkan stress dan juga mendatangkan hal baik sehingga permintaan untuk tanaman ini cukup banyak. Hal tersebut yang membuat banyak orang menanam dan juga ada yang membudidayakannya. Anda pun tentun bisa menanam sendiri di rumah terlebih lagi jika Anda memiliki kolam ataupun taman di rumah yang ingin Anda buat lebih cantik dan indah.

Silahkan klik disini untuk melihat aneka bibit tanaman bunga teratai yang kami jual.

Cara Menanam Bunga Teratai

Cara menanam bunga teratai melalui beberapa proses di antaranya adalah proses pembibitan, penanaman dan juga perawatan yang harus Anda lakukan dengan benar dan hati-hati agar tanaman teratai bisa tumbuh dengan baik dan sehat serta dapat menghasilkan bunga yang cantik nan indah.

Pembibitan Bunga Teratai

Proses pertama mengenai tips dan cara menanam tanaman teratai adalah menemukan atau memilih bibit bunga teratai yang baik dan sehat. Terdapat dua cara untuk menanam bibit teratai menggunakan bibit yaitu dengan menggunakan biji ataupun dengan menggunakan tunas akar.

Anda bisa menggunakan biji tanaman teratai untuk ditanam namun penggunaan biji tidak semua dapat diperbanyak, sehingga cara yang lebih sering digunakan dan lebih efisien adalah dengan menggunakan tunas akar tanaman teratai. Dengan menggunakan tunas akar, Anda bisa mendapatkan tanaman bunga teratai yang tumbuh lebih cepat dan juga lebih cepat berbunga.

Cara mendapatkan tunas akar yaitu dengan cara memilih dan memisahkan tunas akar bibit yang berasal dari pangkal indukan dengan perlahan tanpa merusak batang ataupun akar tanaman teratai. Setelah tunas akar dipisahkan, bisa langsung kita tanam nantinya.

Proses Penanaman Bunga Teratai

Selanjutnya adalah prose penanaman dari tunas akar teratai tadi ke media tanam yang berupa tempat yang berisi air, seperti kolam ikan, kolam taman, danau, air mancur ataupun pot yang tanpa lubang dan kedap air. Untuk awal Anda sebaiknya menaruh bibit kedalam pot dengan menggunakan media tanam campuran dari pasir, tanah dan juga pupuk kompos/kandang halus dengan perbandingan 2:1:1. Letakkan atau masukan kedalam pot kedap air yang telah kita siapkan dan isi dengan air hingga menggenang. Selanjutnya tanam bibit tanaman teratai kedalam media tanam.

Perawatan Bunga Teratai

Cara menanam bunga teratai yang terakhir adalah bagian perawatan. Untuk perawatan yang terpenting bagi tanaman bunga teratai adalah wadah tanam harus selalu terisi genangan air dan jangan sampai berkurang karena tumbuhan air yang satu ini sangat menyukai air dengan jumlah banyak. Jika tunas akar sudah mulai tumbuh besar, pindahkan kedalam pot yang lebih besar dan jangan lupa untuk selalu diberikan pupuk cair secara periodik atau berkala yaitu setiap 2 bulan atau 3 bulan sekali. Setelah tumbuh besar atau dewasa, sudah bisa anda pindahkan ketempat yang lebih besar seperti kolam ataupun wadah besar lainnya.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara menanam teratai di dalam pot ataupun didalam kolam. Semoga bermanfaat dan juga bisa berguna bagi anda.

Silahkan klik disini untuk melihat aneka produk bibit tanaman bunga teratai yang kami jual.

Untuk melihat aneka bibit tanaman bunga air bisa klik disini.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA