Jenis-jenis Tanaman Hias Beserta Contohnya

Jenis Tanaman Hias dan Contohnya – Menanam tanaman hias adalah kegiatan yang positif yang bisa Anda lakukan di rumah, karena secara psikologis menanam dan merawat tanaman hias dapat menurunkan tingkat stres seseorang. Kegiatan ini juga termasuk gerakan dalam menyayangi lingkungan. Dengan semakin banyak jenis tanaman hias yang di tanam maka jumlah oksigen di udara semakin banyak dan segar.

Tanaman hias mencakup semua tumbuhan, baik berbentuk pohon, terna, merambat, semak atau perdu, secara umum tanaman hias adalah salah satu dari pengelompokan berdasarkan fungsi dari tanaman hortikultura. Karena tanaman hias dikelompokkan berdasarkan fungsinya, tidak menutup kemungkinan juga suatu tanaman obat, tanaman sayuran, atau tanaman buah menjadi tanaman hias, begitupun sebaliknya.

Jenis-jenis tanaman hias berdasarkan tempatnya dibagi menjadi dua, yaitu tanaman hias gantung dan tanaman hias biasa. Sedangkan macam-macam tanaman hias berdasarkan jenisnya dibagi dua, yaitu tanaman hias berbunga dan tanaman hias tidak berbunga atau tanaman hias daun.

Jenis-Jenis Tanaman Hias Beserta Contohnya.

Macam-macam tanaman hias berdasarkan tempatnya:

1.Tanaman Hias Gantung

Tanaman hias gantung adalah tanaman hias yang diletakkan dengan cara digantung. Tanaman hias jenis ini biasanya tanaman yang bagian tubuhnya menjalar panjang sehingga sangat bagus jika digantung. Contoh dari tanaman hias gantung adalah sebagai berikut :

Pelargoniums atau Geranium

Tanaman Pelargoniums sering disebut juga sebagai geranium, tanaman ini adalah tanaman hijau dengan grup yang besar, cocok sebagai hiasan rumah yang digantung. Daun tanaman ini biasanya memiliki tangkai yang panjang, dengan warna yang pucat atau gelap. Menanam bunga ini memang sedikit lain. Tanaman ini bisa mentoleransi kondisi sedikit terang. Namun tanaman geranium membutuhkan 6 sampai 8 jam pencahayaan agar berbunga mekar. Klik disini untuk melihat aneka produk geranium yang kami jual.

Tanaman Lantana


Tanaman ini terbilang cukup mudah untuk tumbuh. Lantana juga bisa lebih melambai, meskipun dengan sedikit kandungan air. Warna bunganya lebih cerah, sehingga area di sekitarnya menjadi begitu berwarna, baik ketika musim panas maupun musim dingin. Bunga lantana mirip dengan Verbena ini banyak dipuji karena waktu mekarnya yang cukup panjang. Tinggi bunga ini bisa mencapai 6 inchi atau sekitar 15 cm. Warna macam-macam. Ada oranye, kuning, ungu, merah dan putih. Tanaman lantana cukup ideal untuk dijadikan sebagai bunga atau kembang gantung. Klik disini untuk melihat semua produk lantana yang kami jual.

Tanaman Begonia

Tanaman ini sebenarnya untuk daerah tropis dan subtropis, namun begonia juga bisa tumbuh dengan keadaan lingkungan yang sedikit berbeda. Tanaman begonia tergolong mudah untuk dirawat, begonia mudah berbunga serta membuat kebun terlihat penuh dan utuh. Bentuk tanamannya mirip dengan mawar, dan bisa tumbuh tinggi dari 6 sampai 9 inchi. Varietas dan pilihan warnanya banyak. Lebih dari 10.000. Perawatannya juga cenderung mudah. Klik disini untuk melihat aneka produk begonia yang kami jual.

2. Tanaman Hias Biasa

Tanaman hias ini biasa ditaruh di pot atau di tanah di halaman rumah. Macam-macam tanaman hias jenis ini adalah sebagai berikut :

Tanaman Bonsai
Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat populer dan digemari untuk ditanam. Bonsai bisa Anda dapatkan dengan membelinya atau membuat kreasi sendiri. Bentuk kreasi tanaman bonsai juga beraneka ragam. Klik disini untuk melihat aneka produk bonsai yang kami jual.

Tanaman Palem


Tanaman hias palem merupakan tanaman dengan ukuran yang lumayan besar dan biasanya langsung ditanam di tanah. Tanaman hias ini dapat membuat halaman rumah Anda menjadi lebih sejuk. Klik disini untuk melihat aneka produk palem yang kami jual.

Macam-macam tanaman hias berdasarkan jenisnya:

1. Tanaman Hias Bunga

Tanaman hias berbunga lebih banyak disukai orang untuk ditanam karena bunganya yang memiliki keindahan yang beraneka ragam bentuk dan warna. Contoh tanaman hias berbunga adalah sebagai berikut :

Bunga Mawar


Siapa yang belum melihat bunga mawar? Bunga ini salah satu jenis tanaman hias yang sangat popular. Warnanya yang beraneka ragam membuat bunga ini sangat digemari untuk dijadikan tanaman hias. Bunga mawar juga sering dijadikan sebagai lambang perasaan sayang kepada seorang kekasih. Klik disini untuk melihat aneka produk bunga mawar yang kami jual.

Bunga Kertas atau Bougenville


Bunga yang sangat mudah ditanam dan juga memiliki banyak warna. Bunga kertas digemari karena tidak sulit untuk merawatnya dan proses pertumbuhannya tergolong cepat. Kebanyakan orang sering melakukan penyetekan pada bunga ini, ada juga yang mencoba melakukan penyilangan untuk mendapatkan warna bunga yang unik. Klik disini untuk melihat tanaman aneka produk bougenville yang kami jual.

2. Tanaman Hias Daun

Tanaman ini biasanya ditanam karena warnanya yang hijau dan menyejukkan mata. Contoh tanaman hias daun adalah :

Keladi Red Star (Caladium Bicolor)

Tanaman ini termasuk tanaman yang mudah ditanam, tanaman keladi cepat berkembang asal media tanamnya tetap dijaga lembab, namun sebaiknya diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari penuh, agar warna merah pada urat daunnya menguat. Klik disini untuk melihat aneka produk keladi yang kami jual.

Aglaonema atau Sri Rejeki

Tanaman Aglaonema

Tanaman ini memiliki ciri-ciri berdaun lonjong hijau, dihiasi bintik-bintik, garis, atau ban berwarna abu-abu keperakan. Sri rejeki ini mudah ditanaman tanpa perawatan intensif, tapi membutuhkan cahaya yang tidak langsung dan lingkungan yang lembab. Akan tetapi Anda perlu hati-hati bila ruangan terlalu panas dan kering di musim kemarau, daun Sri Rejeki mudah layu dan harus dibuang. Tanaman ini juga tidak tahan terhadap uap air dari dapur dan asap rokok. Selain itu, daun segar yang sudah tua juga perlu dipangkas. Klik disini untuk melihat aneka produk aglaonema yang kami jual.

Suplir atau Adiantum


Tanaman ini mempunyai berbagai jenis dan varietas. Kendati demikian, suplir cukup indah untuk dijadikan tanaman hias karena berdaun kecil dan memberi suasana segar. Tanaman ini membutuhkan sedikit cahaya. Karena itu, sebagian tempatnya harus teduh. Klik disini untuk melihat aneka produk suplir yang kami jual.

Demikianlah jenis-jenis tanaman hias beserta contohnya untuk Anda. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menanam tanaman hias atau memperbanyak koleksi tanaman hias Anda? Semoga bermanfaat.

Lihat juga katalog produk tanaman hias kami:

One thought on “Jenis-jenis Tanaman Hias Beserta Contohnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA