Tips Cara Mudah Menanam Bayam Dalam Pot atau Polybag

Jika Anda tidak memiliki ruang yang cukup untuk berkebun namun memiliki komitmen ingin memulai hidup sehat dengan mengonsumsi makanan seimbang, maka menanam sayuran dalam pot adalah solusinya. Hampir semua jenis sayuran yang ditanam di kebun juga bisa ditanam dalam wadah seperti pot dan polybag, tidak terkecuali bayam.

Dalam kartun animasi Popeye, bayam adalah makanan favorit Popeye untuk meningkatkan energi dan kekuatannya. Sayuran berdaun gelap seperti bayam, tidak hanya kaya akan zat besi tetapi juga berbagai nutrisi lainnya seperti vitamin A, vitamin C, potasium, asam folat, thiamin, dan lain sebagainya.

Silahkan Klik disini untuk melihat beberapa produk dari Bayam.

Menanam bayam dalam pot sangatlah mudah. Anda bisa meletakkannya di samping jendela dapur. Tidak ada alasan untuk tidak memetik daun bayam ketika sayuran ini berada tepat di depan mata Anda.

Cara Mudah Menanam Bayam Dalam Pot atau Polybag

Alat dan bahan yang diperlukan untuk menanam bayam dalam pot/polybag:

  1. Benih bayam
  2. Media tanam
  3. Pot/polybag ukuran sedang
  4. Perlatan berkebun seperti sekop dan sarung tangan

Langkah-langkah menanam bayam dalam pot/polybag:

  1. Siapkan benih bayam berkualitas yang diperoleh dari bunga tanaman bayam. Jika belum memiliki indukan bayam, maka Anda bisa memperoleh benih bayam di toko penjualan benih. Selain itu, bayam bisa juga diperbanyak melalui stek.
    Ilustrasi biji atau benih bayam yang siap ditanam.
  2. Siapkan media tanam. Campurkan tanah, pupuk kompos, dan pupuk kandang hingga merata. Atau jika tidak ingin repot, media tanam siap pakai kini banyak tersedia di pasaran dengan harga murah.
  3. Masukkan media tanam dalam pot/polybag.
  4. Semai 2-3 benih ke dalam polybag berukuran kecil terlebih dahulu atau bisa juga menggunakan tray semai (wadah khusus tempat penyemaian). Biasanya benih sudah mulai berkecambah dalam 5-14 hari.
    Bibit bayam yang telah tumbuh beberapa helai daun sudah bisa dipindahkan pada wadah yang lebih besar.
  5. Jika telah muncul 3-4 helai daun, maka bibit bayam sudah siap untuk dipindahkan pada polybag yang berukuran sedang. Pindahkan bibit bayam ke dalam polybag dengan hati-hati supaya tidak melukai akarnya. Siramlah terlebih dahulu media tanam karena pada dasarnya bayam menyukai kondisi dengan tingkat kelembaban tinggi.
  6. Letakkan tanaman pada rak atau tempat yang Anda inginkan. Usahkan meletakkannya pada area yang terkena sinar matahari langsung terutama sinar matahari pagi.
    Rawatlah tanaman sayuran bayam Anda dengan baik. Lakukan penyiraman saat pagi dan sore hari.
  7. Berikan pupuk organik dibandingkan menggunakan pupuk kimia agar tanaman bayam Anda tumbuh dengan sehat.
  8. Bayam hanya membutuhkan waktu antara 40-45 hari untuk mencapai masa panen.
    Wah! Kini bayam Anda siap panen dan bisa dikonsumsi sebagai sayuran lezat kaya nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Berbagai manfaat bisa diperoleh dari menanam bayam dalam pot/polybag. Anda bisa memanen daun lezat ini sebelum akhirnya terserang hama. Bayam yang ditanam dalam pot akan menggagalkan nematoda, hama dan penyakit bawaan lainnya.

Beberapa benih dari jenis sayur bayam, silahka Klik disini untuk melihatnya.

Itulah tips cara menanam bayam dalam pot/polybag. Selamat mencoba 🙂

3 thoughts on “Tips Cara Mudah Menanam Bayam Dalam Pot atau Polybag

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA