Mengatasi Hama Pada Kaktus dan Sukulen

Sama seperti tanaman hias lainnya, kaktus dan sukulen juga rentan terhadap serangan hama penyakit. Tentunya hal ini sangat membuat resah karena tanaman dapat menjadi rusak dan bahkan mati karenanya. Berikut beberapa jenis hama kaktus yang berpotensi menyerangnya dan cara mudah untuk mengatasinya :

hama kaktus

4 Hama Kaktus Utama

1. Tungau dan Kutu
Tungau dan kutu sangat kecil untuk dilihat sehingga biasanya kehadiran mereka baru akan diketahui setelah melihat efek serangan yang ditimbulkannya. Terdapat beberapa jenis kutu yang rentan menyerang tanaman ini, seperti kutu putih (Mealy Bug), kutu batok (Aspidiotus sp), kutu sisik (Pseudococcus sp.) dan kutu wol (Datylopius Tomentus). Hama-hama ini menghisap cairan pada tubuh kaktus dan sukulen dan berkembang biak dengan bertelur dibawah lapisan kapas yang mereka buat. Efek yang ditimbulkannya, mulai dari tampilan tanaman yang kusam, layu, mengkerut, pertumbuhan berhenti hingga akhirnya tanaman mati.

Jika serangan belum terlalu parah, anda dapat mengatasinya dengan menyikat bagian tanaman menggunakan sikat/kuas yang telah dicelupkan larutan detergen cair (dosis 1 sendok makan / 5 liter air). Namun jika telah parah, anda dapat melakukan penyemprotan insektisida pada bagian tanaman tersebut. Terdapat banyak pilihan merk insektisida yang dijual di pasaran, anda dapat memilih dan menggunakannya sesuai dengan takaran dosis yang tertera di kemasan. Lakukan penyemprotan seminggu sekali hingga hama menghilang. Dalam kasus yang lebih serius, sebaiknya buang tanaman yang terserang tersebut agar tak menular ke tanaman lainnya.

2. Semut
Hama kaktus ini biasanya menyerang bagian akar dan tunas muda tanaman. Untuk mengatasinya, anda cukup menjemur tanaman di bawah sinar matahari dan lakukan pembersihan di sekitar tanaman. Taburkan kapur barus di bawah pot tanaman untuk mencegahnya datang kembali.

3. Cacing dan Kecoa tanah (Pynoscelus Surinamensis).
Hama-hama ini biasanya menyerang bagian perakaran tanaman hingga membuat akar tak berfungsi dan tanaman mati. Untuk mengatasinya, anda dapat melakukan sterilisasi akar tanaman dengan merendamnya pada alkohol 70% serta mengganti media tanaman yang digunakan.

4. Bekicot dan Tikus Rumah
Bekicot biasanya menyerang bagian tunas sehingga membuat kaktus dan sukulen menjadi rusak dan membusuk, sedangkan tikus biasanya akan memakan buah kaktus yang telah masak ataupun menggerogoti batang tanaman. Untuk mengatasinya, anda dapat langsung membuang bekicot yang terlihat dan juga memotong tunas yang telah rusak. Pasang perangkap tikus di sekitar tanaman dan lakukan pembersihan sampah yang ada di dekatnya.

Baca juga tips merawat bibit tanaman!

Leave a Reply