10 Manfaat Bunga Mawar untuk Kecantikan

Telah tahu bunga mawar kan? Tentu, sebab bunga ini paling terkenal karena keindahannya. Biasanya, bunga mawar dimanfaatkan sebagai tanaman hias karena warnanya yang menarik.

Beberapa kelebihan dari mawar adalah harum, lidah, serta mempunyai variasi warna yang banyak dan menarik. Oleh sebab itu, bunga ini selalu dimanfaatkan oleh banyak pria guna mengungkapkan perasaan cintanya kepada pasangannya.

Bunga mawar biasa digunakan untuk memberikan penghargaan, pujian, atau apresiasi kepada seseorang. Di samping itu, bunga mawar juga dipakai untuk membuat suasana persahabatan dan pengharapan yang baik.

Baca juga: 19 Kandungan Bunga Mawar yang Bermanfaat Bagi Manusia

Manfaat Bunga Mawar Bagi Kecantikan Perempuan

Selain manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, ternyata masih banyak khasiat bunga mawar yang lain, apalagi untuk kecantikan perempuan. Simak berikut beberapa manfaat dari bunga mawar sebagai media alternatif bagi kesehatan dan kecantikan.

1. Sebagai Bahan Pembuat Masker Alami

Memanjakan wajah memakaimasker tidak mestimahal. Dengan memanfaatkan berbagai bahan alami, seperti air bunga mawar, Anda dapat memiliki kulit wajah yang cantik. Hal ini dapat terjadi berkat kandungan pada zat bunga mawar yang cukup lengkap.

2. Khasiat mawar sebagai obat pelancar Haid

Selain bunganya, ternyata akar tanaman mawar juga dapat dimanfaatkan. Akar tanaman mawar dapat dipakai untuk mengatasi haid yang tidak teratur dan keputihan.

3. Sebagai media perawatan kulit

Air mawar banayk digunakan untuk perawatan kulit karena aman dan lembut bagi semua jenis kulit. Air mawar dapat bekerja dengan baik pada kulit kering maupun kulit berminyak. Air mawar memiliki kandungan astringen yang dapat mengurangi bintik kemerahan pada wajah akibat pembesaran kapiler darah.

4. Khasiat mawar sebagai penawar racun

Daun dan kelopak bunga mawar dapat bermanfaatuntuk mendinginkan tubuh, sehingga mampumenurunkan demam, serta menghilangkan racun dari dalam tubuh.

5. Sebagai bahan Cair pembersih kulit

Bunga mawar dapat dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan, terutama sebagai penyegar kulit serta  bermanfaatsebagai pembersih bercak bekas jerawat, bisul, pencegah keriput, ataupun abses.

6. Manfaat mawar sebagai penjaga kesehatan

Mawar merah bermanfaatsebagai antiradang, aprodisiak, penyegar, penambah sekresi empedu, tonikum, pengatur haid, ekspektoran, penghilang bengkak, serta pembersih racun. Sebab itu, mawar bisa menjagakesehatan.

7. Khasiat mawar sebagai Aromaterapi

Keharuman bunga mawar dapat digunakan sebagai bau terapi yang bersifat menenangkan dan meningkatkan mood. Bila Anda merasa sedang tidak enak badan, bau terapi bunga mawar dapat jadi solusi penenang.

8. Manfaat mawar sebagai bahan parfum

Mawar bisa dimanfaatkan jadi bahan baku parfum dan obat. Hampir semua kelompok tanaman mawar bisa digunakan untuk kebutuhan bahan baku parfum maupun obat. Tanaman ini mengandung zat antibiotik atau senyawa kimia yang penting dan dibutuhkan, seperti sitral, sitronelol, geraniol, linalool, nerol, eugenol, fenil etil alcohol, farnesol, serta nonilaldehid.

9. Sebagai Bahan Utama dalam pembuatan Minyak Atsiri

Minyak atsiri bisa dihasilkan dari mawar sebab mawar mengandung geraniol dan limonene. Minyak ituberguna sebagai antiseptic, penghilang keputihan, dan penambah daya tahan tubuh.

10. Bahan makanan

Mawar dapat digunakan sebagai bahan makanan, minuman ataupun zat aditif bagi makanan olahan karena memiliki kandungan vitamin C yang tidak kalah dari buah jeruk. Sedangkan, kelopak atau helai dari bunag mawar bisa diolah jadi sirup.

Itulah 10 manfaat bunga mawar untuk kecantikan. Di samping itu khasiat mawar sebetulnya masih ada juga dalam kesehatan, barangkali akan kita bahas pada artikel selanjutnya. Sekian, mudah-mudahan manfaat bunga mawar ini hadir di kehidupanmu.

Lihat di sini berbagai jenis tanaman mawar kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA