11 Keuntungan Menanam Sayur Secara Hidroponik

Budidaya tanaman secara hidroponik menjamin buah dan sayur yang kamu nikmati selalu sehat, higenis dan bebas dari pestisida.

Bermacam-macam riset menunjukkan bahwa buah dan sayur yang memberikan banyak manfaat positif terhadap tubuh manusia. Tetapi, apakah kamu percaya bahwa buah dan sayur yang kamu konsumsi bebas dari pestisida dan dihasilkan dari pertanian yang ramah lingkungan ?

Sekarang kamu tidak mesti cemas, sebab sistem tanaman hidroponik memberikan sebuah jalan keluar untuk menghasilkan buah dan sayur yang bebas dari pestisida dan ramah lingkungan.

Sistem hidroponik juga merupakan suatu sistem yang murah, mudah dan bersih sehingga mampu diaplikasikan dimanapun, oleh siapapun dan kapanpun. Dilihat dari kata hidroponik yang asalnya dari Yunani, mempunyai arti sebagai budidaya tanaman yang memanfaatkan air dan tidak memakai tanah sebagai media tumbuh tanaman.

Hasilnya sistem budidaya hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas. Bahkan dari lahan 1 meter x 2 meter, kamu bisa menghasilkan sayuran yang cukup untuk empat orang selama sebulan.

Baca juga: 8 Kelebihan Budidaya Tanaman Secara Hidroponik

Apa Keuntungan Menanam Sayur Secara Hidroponik?

Berikut ini adalah 10 keuntungan budidaya sayur secara hidroponik yang harus kamu ketahui :

  1. Sayuran akan tumbuh lebih dengan maksimal karena ketersediaan nutrisinya yang terjamin. Sehingga daun sayur lebih lebat dari metode penanaman biasa
  2. Tanaman bisa ditanam secara bertumpuk atau bertingkat. Sehingga gampang diimplementasikan pada lahan terbatas seperti apartemen atau lingkungan padat penduduk.
  3. Sistem Hidroponik juga bisa jadi media edukasi bagi anak-anak terhadap pentingnya pertanian untuk hidup sehat selaras dengan alam.
  4. Melalui sistem hidroponik, tanaman bisa tumbuh dengan jumlah air dan nutrisi yang tepat, Bahkan, efisiensi pemakaian air dalam hidroponik mencapai 10% dari air yang diperlukan tanaman untuk tumbuh di tanah.
  5. Keadaan dan lingkungan budidaya tanaman hidroponik dapat dikontrol dengan menempatkannya di dalam rumah kaca. Sehingga kebutuhan akan herbisida dan pestisida bisa berkurang atau malah dihilangkan.
  6. Mempunyai sebuah sistem tanaman hidroponik ialah pengalaman unik dan menggembirakan. Kapan lagi kamu bisa menyaksikan sebuah proses keajaiban tumbuhnya tanaman dari benih sampai siap panen ? Terlebih mendengar air mengalir yang secara tidak langsung mampu memberi ketenangan tersendiri ketika bersantai dengan keluarga.
  7. Sistem budidaya tanaman hidroponik tidak membutuhkan tanah, sehingga hidroponik dapat dilakukan di daerah dengan keadaan tanah yang buruk atau malah tak ada tanah sekalipun.
  8. Sistem hidroponik memungkinkan kamu untuk menanam buah dan sayur dengan hasil produksi maksimum dan tidak tergantung pada pengaruh cuaca
  9. Mempunyai sistem hidroponik bisa menjamin ketersediaan sayur dan buah segar di rumah kamu.
  10. Sistem hidroponik tidak menghasilkan limbah yang berbahaya untuk lingkungan.
  11. Sistem hidroponik tidak memerlukan banyak biaya, waktu dan tenanga untuk menanam buah maupun sayur.

Itulah sejumlah keuntungan menanam sayur secara hidroponik, semoga artikel ini bisa memotivasi kita untuk bisa mengasilkan sayuran sehat dan higienis dari rumah.

Lihat di sini berbagai perlengkapan berkebun kami.

One thought on “11 Keuntungan Menanam Sayur Secara Hidroponik

  1. Pak rama says:

    Mohon maaf saya awam terkait pertanian , tapi mau mencoba hidroponik, kalau medianya bukan tanah lalu pakai apa ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA