18 Jenis Tanaman Hias Bunga Kantung Semar

Tanaman kantung semar adalah tanaman hias yang cukup unik dan eksotik. Bentuknya yang unik ini menjadikan tanaman nepenthes terlihat kian menarik untuk ditanam di sekitar pekarangan rumah kita. Namun sayangnya jenis tanaman hias nepenthes ini cuma dapat ditemukan di tempat-tempat tertentu.

Masyarakat desa pada umumnya tidak kenal istilah tanaman nepenthes, mereka kebanyakan cuma mengenal dengan istilah kantung semar. Jenis tanaman hias kantung semar ini cukup terpopuler di kalangan masyarakat, baik pada kalangan masyarakat kelas bawah ataupun kalangan masyarakat kelas atas.

Bunga kantung semar mempunyai penyebaran yang amat luas dari pinggir pantai sampai dataran tinggi, sebab inilah nepenthes dibagi dalam dua jenis yaitu jenis dataran tinggi dan jenis dataran rendah, meski sebagian besar spesies tumbuh di dataran tinggi. Spesies yang tercatat tumbuh di ketinggian paling tinggi ialah N. lamii yaitu di ketinggian 3,520 m.

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Gelombang Cinta

Jenis Tanaman Hias Bunga Kantung Semar

Berikut beberapa jenis dari tumbuhan Kantong semar, yang bentuknya sangat menakjubkan dan merayu, tetapi siapa sangka tumbuhan dengan penuh pesona ini adalah pemangsa yang hebat.

1. Nepenthes aristolochioides

Tempat di mana tanaman ini tumbuh pada ketinggian 1800–2500 m di atas permukaan laut. Bunga kantung semar jenis ini mempunyai bentuk yang amat aneh dibanding pada umumnya, dengan pembukaan yang hampir vertikal pada kantong penjebaknya. Tumbuhan ini pertama kali dikoleksi oleh Willem Meijer pada 5 Agustus, 1956. The holotype, Meijer 6542, dikoleksi dari Gunung Tujuh di Jambi pada ketinggian 2000 m.

2. Nepenthes ceciliae

Nepenthes ceciliae Ialah spesies Nepenthes yang belum terdeskripsikan taksonnya. Ini merupakan spesies endemik Filipina yang berada di pulau Mindanao, ia hidup di ketinggian 1500–1800 m di atas permukaan laut. Penemuannya diumumkan di internet pada Agustus 2011

3. Kantong Semar Berleher

Kantong Semar Berleher merupakan spesies Nepenthes yang berhabitat di pulau Jawa dan Sumatera. Nama latin gymnamphora berasal dari bahasa Yunani dari kata gymnos (berleher) dan amphoreus (kantong).

4. Nepenthes maxima

Nepenthes maxima tumbuh tersebar di Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Pulau Papua

5. Kantong Semar Rafflesia

Kantong Semar Rafflesia Mempunyai daerah penyebaran yang luas, mencakup Borneo, Sumatra, Semenanjung Malaysia, dan Singapura. Nepenthes rafflesiana mempunyai banyak variasi (kedua sesudah Nepenthes mirabilis) dengan sebagian di antaranya sudah ditemukan. Di Borneo saja, setidaknya sudah ditemukan empat varietas yang berbeda satu sama lain. Bentuk raksasanya saja dapat menyaingi spesies Nepenthes rajah dalam ukuran.

6. Nepenthes Truncata

Dinamakan demikian sebab bentuk daunnya yang seperti terpotong.Nepenthes truncata merupakan salah satu spesies kantong semar yang merupakan tanaman karnivora yang endemik di pulau Mindanao di Filipina. Bunga kantung semar jenis ini tumbuh di ketinggian antara 0-1500 m. Tanaman ini pernah ditemui memerangkap tikus.

7. Kantong semar villosa

Kantong semar ini berhabitat di Gunung Kinabalu dan Gunung Tambuyukon di Pulau Kalimantan

8. Nepenthes pitopangii

Nepenthes pitopangii ini endemik di pulau Sulawesi. Nepenthes pitopangii ditemukan di tahun 2006 dengan penemuan satu spesias di Taman Nasional Lore Lindu

9. Nepenthes jacquelineae

Nepenthes jacquelineae merupakan kantong semar endemik sumatra, dan adalah salah satu kantong semar paling spektakuler di pulau ini.

10. Kantung Semar Termos

Spesies ini merupakan yang paling khas dari genus Nepenthes, dapat ditemukan di Borneo, Sumatra, Thailand, Semenanjung Malaysia, Singapura, Kepulauan Maluku, dan New Guinea. Nepenthes ampullaria juga diketahui sebagai satu-satunya spesies kantong semar yang “vegetarian”, disebabkan kantong Bunga kantung semar jenis ini tidak punya kelenjar nektar pada bibir kantong sehingga jarang ada serangga yang terjebak dalam kantong. Umumnya kebanyakan benda-benda yang ditemukan dalam kantong ialah dedaunan yang membusuk, kotoran binatang, ranting-ranting kecil dan air hujan.

11. Nepenthes appendiculata

Nepenthes appendiculata ialah tanaman tropis yang cuma diketahui dari Pegunungan Hose tengah Sarawak, Borneo, yang tumbuh di ketinggian 1450–1700 m Meter di atas permukaan laut. Spesies ini ditandai dengan tambahan kelenjar yang membesar di permukaan tutup yang lebih rendah, serta diberi nama appendiculata

12. Nepenthes Diatas

Nepenthes diatas ialah tanaman kantung semar endemik Sumatra yang hidup di ketinggian antara 2400 sampai 2900 m di atas permukaan laut. Tak ada varietas dari N. diatas yang sudah ditemukan. Pemakaian nama spesies diatas berasal dari bahasa Indonesia “di atas”. Sesungguhnya menyalahi aturan preposisi dalam Bahasa Indonesia, tetapi tuntutan dalam pemakaian nomenklatur binomial yang mengharuskan cuma memakai dua nama, yaitu nama genus dan spesies, sehingga kata “di” dan “atas” terpaksa digabungkan.

13. Kantong Semar Jamban

Kantong Semar Jamban merupakan salah satu spesies kantong semar (Nepenthes) yang endemik Sumatera Utara. Nama spesies ini diambil dari bahasa Indonesia yang mengacu pada bentuk kantongnya yang menyerupai jamban atau toilet. Spesies ini pertama kali dikoleksi pada 22 April 2005 dari selatan Padang Sidempuan.

14. Kantung Semar Naga

Kantung Semar Naga ialah tanaman kantung semar endemik Bukit Barisan, Sumatera. Bentuk unik yang membedakan Bunga kantung semar jenis ini merupakan rupanya yang mirip badan botol dan organ yang berbentuk seperti lidah ular yang keluar dari bagian bawah penutup kantungnya. Nama naga diambil dari bahasa Indonesia yang merujuk pada bentuk penutup kantung dan badan eksternalnya serta ukurannya yang besar. Nama ini juga merujuk pada cerita rakyat di Bukit Barisan yang disebut-sebut sebagai habitat naga di masa lalu

15. Kantong Semar Sumatera

Kantong Semar Sumatera ialah kantong semar endemik Indonesia, khususnya pulau Sumatra, yang jadi namanya.

16. Nepenthes Khasiana

Nepenthes Khasiana Merupakan satu-satunya spesies kantong semar yang berasal dari India.

17. Nepenthes Rajah

Nepenthes Rajah ini juga merupakan tumbuhan endemik di Gunung Kinabalu dan Gunung Tambuyukon di Pulau Kalimantan. Dan termasuk kedalam spesies yang terancam punah.

18. Kantong semar madagascariensis

Nepenthes madagascariensis adalah salah satu dari 2 spesies kantong semar yang terdapat di Pulau Madagascar, habitatnya ada di sebelah timur pulau ini.

Lihat di sini tanaman karnivora yang ada di website kami.

One thought on “18 Jenis Tanaman Hias Bunga Kantung Semar

  1. kadek suwitri says:

    siang gan,.. bagaimna caraxa supaya saya bisa mendapatkan bibit tanaman kantong semar.,.. trimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA