3 Peluang dan Prospek Bisnis Bunga Melati

Bunga melati merupakan bunga yang lazimnya digunakan sebagai tanaman hias di rumah atau taman. Bunga yang merupakan genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae) ini memiliki 200 spesies di seluruh dunia, dan tentu saja semuanya memiliki bentuk dan warna yang cantik-cantik. Makanya banyak yang menggunakannya sebagai tanaman hias. Tapi tahukah kamu bahwa ada peluang bisnis bunga melati yang sangat bagus dan jarang disadari? Mari kita bahas peluang bisnis tanaman hias yang satu ini.

Baca juga: 3 Peluang dan Prospek Bisnis Bunga Matahari

Peluang dan Prospek Bisnis Bunga Melati yang Bagus

Peluang dan Prospek Bisnis Bunga Melati untuk komersial memiliki prospek usaha yang profitabel dan peluang pasarnya cukup baik. Tiap harinya untuk kebutuhan upacara tabur bunga saja diperlukan sekitar 1 ton bunga melati. Belum lagi kebutuhan dari sektor lain, mengingat begitu banyak manfaat bunga melati yang dapat diperoleh.

Pasar bunga melati tidak cuma didalam negeri tetapi juga ke luar negri. Beberapa negara potensial untuk ekspor bunga melati ialah  Thailand, Taiwan, Hongkong ,Jepang, dan Korea. Nilai bisnis bunga melati juga lumayan tinggi dan semakin lama semakin bagus. Nah maka dari itu kali ini kita akan membahas Peluang dan Prospek Bisnis Bunga Melati seperti apa, berikut 3 peluang usaha bunga melati

Peluang Bisnis Melati untuk Skala Industri

Permintaan bunga melati dari industry-industri semakin lama semakin banyak. Bagaimana tidak, Bunga melati sekarang ini banyak dijadikan bahan baku industri minyak harum, kosmetik, pewangi, penyedap, cat, tinta, pestisida, pewangi sabun dan lain lain.

Walaupun peluang pasar bunga melati di dalam dan luar negeri lumayan besar, sayangnya produksi bunga melati Indonesia hanya dapat memenuhi sedikit dari kebutuhan melati pasar dunia. Fenomena ini menunjukan peluang yang mesti dimanfaatkan dengan bagus di Indonesia sebab potensi sumber daya lahan sangat luas dan agroekologinya cocok bagi pertanian melati. Wilayah iklim di Indonesia sangat cocok bagi budidaya bunga melati.

Peluang Bisnis Bunga Melati sebagai Tanaman Hias dan Bibit

Selain sebagai bahan baku produk di industry, melati juga banyak dijadikan sebagai tanaman hias. Walaupun banyaknya pilihan bunga hias rumah yang beredar (seperti bunga mawar, bunga anggrek, bunga matahari, dll,) tetapi bunga melati ini punya penggemar sendiri.

Nah tentu potensi tersebut tidak bisa disia-siakan begitu saja. Permintaan bunga melati sebagai tanaman hias ini juga tidak sedikit. Bahkan beberapa pengusaha bibit melati bisa meraup omset sebesar 10 juta -20 juta dalam sebulan tanpa promosi yang banyak.

Bagaimana tidak, bibit melati berukuran 15-20 cm dihargai Rp.2500, dan bibit yang lebih besar lagi tentu lebih mahal. Usaha bunga melati bibit dan tanaman hias ini sangat cocok bagi anda yang tidak memiliki modal usaha besar.

Peluang Bisnis Bunga Melati sebagai Bunga Tabur

Jangan pernah menganggap remeh permintaan bunga tabor, tadi diawal sudah saya jelaskan bahwa permintaan bunga tabur melati saja dari Indonesia setiap harinya mencapai 1 ton. Jika anda berhasil menjadi penyedia bunga melati yang banyak, tentu keuntungan bisnis yang akan anda peroleh ini sangat besar.

Hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh pusat Riset dan Pengembangan Hortikultura di daerah setra produksi Bunga Melati di Tegal, Jawa Tengah memperlihatkan bahwa usaha budidaya tanaman bunga melati sangat profitabel dan layak untuk dikembangkan ke skala yang lebih besar lagi.

Nah bagaimana? masih tidak ingin mengambil kesempatan peluang bisnis bunga melati ini?

Lihat di sini berbagai varietas tanaman melati kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA