Cara Membudidayakan Buah Naga yang Kaya Manfaat

Beberapa tahun belakangan, tanaman buah naga mulai populer di kalangan masyarakat Indonesia. Buah naga menjadi sangat populer karena keunikan dan manfaatnya yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Keunikan buah naga adalah pada tampilannya. Buah naga kulitnya berwarna merah muda dan terlihat seperti memiliki duri-duri. Buah naga dagingnya ada yang berwarna putih dan ada juga yang berwarna merah.

Berikut ini beberapa nama Latin buah naga sesuai ciri-ciri fisiknya:

  • Hylocereus costaricensis; merupakan nama latin dari buah naga yang warna kulitnya berwarna merah muda dan dagingnya berwarna sangat merah terang.
  • Hylocereus polyrhizus; merupakan nama latin dari buah naga yang warna kulitnya berwarna merah muda dan dagingnya berwarna merah.
  • Hylocereus undatus; merupakan nama latin dari buah naga yang warna kulitnya berwarna mwrah dan dagingnya berwarna putih.
  • Selenicereus megalanthus; merupakan nama latin dari buah naga yang warna kulitnya berwarna kuning dan dagingnya berwarna putih.

Setiap buah naga memiliki manfaat untuk kesehatan manusia. Berikut ini beberapa manfaat dari buah yang berasal dari negara Amerika Selatan ini.

  • Manfaat buah naga yang paling terkenal adalah mencegah kanker. Kanker dapat dicegah dengan mengonsumsi buah naga karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan berfungsi untuk mengikat racun penyebab kanker dan mengurangi radikal bebas dalam tubuh.
  • Manfaat lain dari buah naga adalah mencegah diabetes. Mengonsumsi buah naga dapat membunuh sel-sel jahat yang dihasilkan dari gaya hidup sehat yang dapat memicu diabetes pada manusia.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh (imun) manusia adalah manfaat utama konsumsi buah naga. Buah naga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh (imun) dalam menghadapi penyakit-penyakit. Sehingga hampir semua penyakit dapat dicegah dengan mengonsumsi buah naga. Penyakit seperti darah tinggi, penuaan diri, kolesterol, dan penyakit tulang serta darah merupakan contoh penyakit yang dapat dicegah. Klik disini untuk melihat aneka bibit tanaman buah lainnya.

Budidaya Buah Naga

Mengingat manfaatnya yang sangat kaya, permintaan akan buah naga terus meningkat. Untuk menutupi permintaan, tentu budidaya buah naga harus dikembangkan lebih pesat. Berikut ini cara menanam buah naga sebagai upaya membudidayakannya.

  • Pemilihan bibit; bibit buah naga dihasilkan dari buah naga indukan. Pilihlah indukan yang berkualitas unggul. Unggul memiliki artian indukan memiliki produktivitas buah yang tinggi serhat buahnya berkualitas bagus. Selain itu keunggulan indukan dilihat dari kebebasannya dari hama dan penyakit. Jika sudah terpilih indukan yang unggul, maka pilihlah batang yang sudah tua dan bertunas. Potonglah batang tersebut hingga ukurannya sekitar 50 cm. Potong dengan potongan miring pada bagian untuk ditancapkan dan ditanam. Bersihkan batang buah naga dari getah dan simpan pada suhu yang teduh.
  • Pengolahan media tanam; media tanam buah naga adalah tanah. Tanah harus diolah dengan digemburkan terlebih dahulu. Sebelum digemburkan, bersihkan juga lahan dari tanaman-tanaman yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Setelah digemburkan, kemudian lahan dapat diberikan lubang tanam yang memiliki jarak satu sama lain. Selain lubang tanam, siapkan juga parit di antara lahan tanam sedalam kira-kiar 20 cm. Parit ini digunakan untuk memudahkan pengairan tanaman buah naga.
  • Penanaman; penanaman buah naga dapat dilakukan dengan dua cara. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan satu tiang panjatan. Tiang panjatan digunakan untuk menanam tiga hingga empat bibit buah naga. Sedangkan cara yang kedua adalah dengan menggunakan dua tiang panjatan. Dengan menggunakan dua tiang panjatan, dapat dilakukan penanaman bibit hingga lebih dari 20 bibit.
  • Perawatan; perawatan pada tanaman buah naga dilakukan dengan melakukan pengairan secara rutin. Pengairan dilakukan dua kali dalam sehari. Selain itu, perawatan dilakukan dengan memberikan pemupukan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman. Perawatan lain yang dapat dilakukan adalah dengan memangkas tangkai-tangkai yang tidak produktif untuk memfokuskan aliran nutrisi pada tangkai yang produktif saja.
  • Pemanenan; masa panen buah naga dapat dilakukan setelah satu tahun penanaman. Buah yang telah siap panen memiliki tanda matang seperti kulit yang berwarna merah terang tanpa warna hijau sama sekali.

Cara menanam buah naga yang telah dijelaskan di atas tergolong cukup mudah untuk dilakukan siapa saja. Bagi Anda para pemula pun tidak perlu khawatir, karena panduan yang diberikan sudah cukup jelas, bukan? Jadi segeralah tanam buah naga di halaman rumah Anda dan rasakan manfaatnya.

Silahkan klik disini untuk melihat tanaman buah naga, untuk tanaman buah lainnya Anda bisa klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA