Cara memilih Bibit Kelengkeng Unggul

cara memilih bibit kelengkeng unggul

Cara memilih bibit Kelengkeng unggul cukup mudah, apalagi sekarang sudah banyak sekali petani yang membibitkan kelengkeng dengan cara okulasi menyilang untuk mendapatkan bibit kelengkeng yang lebih baik lagi.

Salah memilih bibit kelengkeng, dipastikan Anda akan sia-sia menanam karena bisa jadi hingga usia tanam mencapai 10 tahun pun pohon kelengkeng tidak akan berbuah, hal ini bisa saja terjadi biasanya bibit yang ditanam berasal dari biji.

cara memilih bibit kelengkeng unggul

Cara memilih Bibit Kelengkeng

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih bibit kelengkeng unggul, antara lain:

  1. Bibit Kelengkeng unggul berasal dari hasil perbanyakan melalui okulasi dan cangkok
  2. Bibit tanaman kelengkeng memiliki daun yang segar dan batang yang kuat
  3. Akar tanaman tidak kering
  4. Jangan menanam kelengkeng dari bijinya, karena sangat kecil sekali peluangnya untuk tumbuh optimal, apalagi berbuah.
  5. Pastikan bahwa bibit tanaman berasal dari pohon kelengkeng yang sudah menghasilkan buah berkualitas, setidaknya 3 musim berturut-turut.

Banyak faktor yang mendukung keberhasilan budidaya buah kelengkeng, antara lain media tanam, lingkungan, cuaca, perawatan dan pengendalian hama. Jadi, sebelum menanam kelengkeng, sebaiknya memahami karakteristik buah kelengkeng itu sendiri.

Meski pada umumnya Kelengkeng dapat tumbuh optimal di dataran rendah maupun tinggi, namun jenis kelengkengnya berbeda. Di dataran rendah misalnya, buah kelengkeng yang dapat tumbuh baik diantaranya Kelengkeng Pingpong, Kelengkeng Diamond River, Kelengkeng Biji Lada, Kelengkeng Puangray, Kelengkeng Hawai dan Kelengkeng Itoh. Sedangkan untuk dataran tinggi adalah Kelengkeng Kristal, Kelengkeng Kopyor, dan Kelengkeng Batu.

Silahkan baca dan pelajari Cara Budidaya Kelengkeng di Dataran Rendah

Harga Bibit Kelengkeng

Harga bibit kelengkeng bervariasi tergantung dari jenisnya. Kami menyediakan 8 jenis bibit Kelengkeng unggul dengan kisaran harga antara 60-90 ribu. Silahkan klik tautan masing-masing bibit kelengkeng untuk melihat detailnya.

Harga Bibit Kelengkeng Pimpong

Harga bibit kelengkeng pimpong yang kami tawarkan adalah 85 ribu rupiah per tanaman yang sudah tumbuh tinggi sekitar 40-60 cm. Buah Kelengkeng Pimpong lebih besar dari Kelengkeng lokal, dan rasanya juga manis dan segar. Kelengkeng Pimpong sangat banyak dibudidayakan di wilayah berdataran rendah bersuhu panas, sangat cocok ditanam disebagian besar wilayah Indonesia.

Harga Bibit Kelengkeng Hawai

Harga yang kami tawarkan untuk jenis Kelengkeng Hawai adalah 80 ribu rupiah. Kelebihannya adalah sangat cepat berbuah dan juga tidak terlalu tinggi, sehingga akan sangat cocok ditanam di Pot. Buahnya besar dan bijinya kecil. Iklim yang baik untuk menanam Kelengkeng Hawai berkisar antara 30-35 C atau di dataran rendah yang memiliki cuaca panas.

Harga Bibit Kelengkeng Puangray

Habitat aslinya adalah di Thailand. Kini dapat beradaptasi dengan baik pada suhu panas atau dataran rendah. Buahnya besar dan biji kecil, dengan warna sedikit lebih coklat dari Kelengkeng Pimpong. Harga yang kami tawarkan untuk Bibit Kelengkeng Puangray adalah 80 ribu rupiah. Tanaman yang dikirim ke Anda sudah tumbuh sekitar 40-60 cm yang sudah siap tanam.

Harga Bibit Kelengkeng Kristal

Merupakan jenis kelengkeng unggulan dengan harga bibit yang murah hanya 65 ribu rupiah saja per tanaman. Kelebihan Kelengkeng Kristal adalah sangat produktif dan cepat berbuah. 1,5 tahun setelah masa tanam sudah menghasilkan buah besar yang berkualitas dengan biji yang kecil. Sangat cocok ditanam di dataran rendah.

Harga bibit Kelengkeng Diamond River

Kami menawarkan dengan harga 88 ribu rupiah per tanaman. Kelebihannya adalah buahnya lebih menarik karena mengkilap dan tingkat produktifitasnya juga tinggi. Diamond River akan tumbuh optimal jika suhu berkisar antara 30-35 derajat atau di dataran rendah.

Demikian cara memilih bibit kelengkeng unggul dan beberapa harga bibit kelengkeng yang bisa dijadikan referensi bagi anda yang sedang mencari bibit kelengkeng untuk dibudidayakan atau sekedar menanam di pekarangan rumah anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *