Cara Menanam dan Merawat Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam merupakan salah satu tanaman hias yang banyak dirawat di halaman rumah. Bunga sedap malam mempunyai nama ilmiah Polianthes tuberosa, sedangkan dalam bahasa Melayu disebut sundal malam. Tumbuhan dengan bunga cantik banyak dipergunakan untuk pembuatan parfum dengan mengambil minyak bunganya.

Tanaman sedap malam tidak berasal dari Indonesia melainkan dari Meksiko. Bunga yang kerap dipanggil dengan ratu malam ini bisa mekar pada malam hari. Selain itu, tanaman ini diberi nama sedap malam karena aroma wangi dan harum dari bunga ini lebih akan tercium pada malam hari.

Karena harum dari bunga sedap malam identik dengan sesuatu yang eksotis, manis, dan kompleks, banyak orang yang tertarik untuk menanamnya. Ada beberapa tahapan dalam kegiatan penanaman sekaligus perawatannya, berikut kami bahas cara mananam dan merawat bunga sedap malam di dalam pot yang bisa dipelihara di sekitaran rumah Anda sebagai tanaman hias.

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Pertama yang akan kita bahas adalah cara menanam bunga sedap malam. Bagaimana?

Syarat Tumbuh Sedap Malam

Untuk menanam tanaman sedap malam sebenarnya tidak sulit. Bunga sedap malam sebagai tanaman hias tidak terlalu manja terhadap tempat pertumbuhannya. Jadi, sedap malam bisa ditanam langsung pada media tanam tanah pada lahan atau menggunakan media tanam lain seperti pot atau polybag.

Bunga sedap malam merupakan tanaman yang bisa mengalami pertumbuhan yang baik dengan hasil bunga yang bagus apabila dibudidaya di dataran rendah dengan rentang ketinggian antara 600 – 1.500 meter dari atas permukaan laut. Jika penanamannya di dataran sedang, maka sedap malam akan menghasilkan bunga dengan tangkai panjang yang kurang kuat sehingga nilai estetikanya akan berkurang.

Tumbuhan hias yang mempunyai aroma khas pada bagian bunganya ini bisa tumbuh secara optimal jika ditanam di dataran rendah dengan suhu pH tanah 5 – 5,7. Apabila ternyata Anda tinggal di dataran tinggi, maka lebih baik pikirkan kembali untuk membudidayakan tanaman ini karena meski bisa tumbuh di daerah dataran tinggi, tampilan serta perkembangannya kurang baik.

Proses Pembibitan

Seperti kegiatan pembibitan beberapa jenis tanaman hias lain, bunga sedap malam juga memerlukan bibit yang harus dibiarkan dulu agar mudah bertunas. Carilah bibit sedap malam berupa umbi, tujuannya untuk memperbanyak tanaman sedap malam.

Pilih umbi dari tanaman yang sudah tua, setidaknya berusia 1,5 tahun dengan tinggi 1 – 2 cm. Setelah dapat umbinya, simpan selama satu bulan penuh agar nanti lebih cepat bertunas sehingga memperbesar kemungkinan tanaman tumbuh dengan sempurna saat ditanam.

Proses Persiapan Media Tanam

Dikarenakan menanam bunga sedap malam yang kita bahas menggunakan media tampung berupa pot atau polybag, maka media tanam yang lebih ideal untuk mengisinya adalah campuran dari beberapa media tanam. Buatlah campuran media tanam dengan perbandingan 1:1:1 untuk tanah, arang sekam, dan pupuk kandang atau pupuk kompos.

Setelah media tanam tercampur dengan rata, berikutnya langsung Anda masukkan ke dalam pot atau polybag. Jangan lupa sebelumnya Anda gunakan pot atau polybag yang pada bagian bawahnya terdapat lubang-lubang kecil (drainase). Dengan demikian, maka risiko akar tanaman membusuk akibat penyiraman menjadi lebih kecil karena terdapat lubang drainase air di bawah media pertumbuhan.

Proses Penanaman

Langkah terakhir adalah kegiatan penanaman. Proses menanam bunga sedap malam cukup mudah, Anda hanya perlu membuat lubang sedalam 5 cm pada media tanam yang sudah dimasukkan ke dalam pot. Setelah itu, masukkan umbi tanaman yang telah disimpan tadi ke dalam lubang, lalu tutup dengan tanah dan padatkan.

Ketika umbi sudah ditanam, langsung ambil air untuk menyiram tanaman tersebut. Lakukan penyiraman secara teratur agar umbi lebih cepat bertunas. Begitu sampai tahap ini, Anda hanya perlu melakukan perawatan untuk memperhatikan kelembaban lahan tanam agar tidak kering dan tidak terlalu basah.

Cara Merawat Bunga Sedap Malam

Untuk menumbuhkan bunga sedap malam agar tidak mudah layu dan juga awet, Anda perlu menerapkan cara merawat bunga sedap malam yang benar. Bunga sedap malam sama seperti tanaman lain yang memerlukan perawatan tertentu agar bisa tumbuh dengan maksimal.

Perawatan pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiram rutin tanaman di pagi dan sore hari sampai umbi mengeluarkan tunas. Apabila tumbuhan mulai tumbuh besar, dosis penyiraman bisa dikurangi menjadi satu hari sekali, terserah mau di pagi atau sore hari saja.

Pada saat memasuki usia 6 bulan, lakukan pemupukan tambahan agar pertumbuhannya terdukung dengan baik. Untuk membuat pupuk, Anda bisa menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang. Selain dengan pupuk kandang, Anda juga bisa memakai pupuk buatan sendiri dari campuran pupuk urea dan TSP dengan perbandingan 1:1.

Perawatan sedap malam selain melakukan penyiraman dan pemberian nutrisi adalah memberikan tanaman asupan sinar matahari yang cukup. Sinar matahari diperlukan tanaman untuk melakukan proses fotosintesis atau pengolahan makanan. Dengan terpenuhinya semua kegiatan pemeliharaan, maka tanaman sedap malam Anda akan lebih cepat berbunga.

Khasiat dan Manfaat Bunga Sedap Malam

Setelah Anda berhasil menanam bunga sedap malam, maka sebaiknya Anda ketahui juga beberapa manfaat yang dimiliki oleh bunga sedap malam.

Bisul dan Bengkak

Bagian akar bunga sedap malam bisa dipakai untuk memecahkan bisul serta mengurangi rasa sakit karena memar atau bengkak. Cara membuat ramuan pengobatannya ialah dengan mengambil akar sedap malam seperlunya, kemudian dicuci dengan air hingga bersih. Setelah bersih, tumbuk akar sampai halus lalu tempelkan pada area permukaan kulit yang terdapat bisul atau bengkak.

Katarak

Bagian kelopak bunga bisa dimanfaatkan oleh penderita katarak. Caranya, sediakan sekitar 50 kuntum bunga sedap malam, lalu rebus pada 1.500 cc air hingga mendidih. Diamkan hingga air dingin, setelah itu gunakan untuk mencuci mata.

Rematik

Meski bunga sedap malam digolongkan ke dalam tanaman hias, namun pada beberapa daerah banyak yang menjadikannya sebagai tanaman obat keluarga. Orang-orang memanfaatkan akar sedap malam untuk mengobati rematik. Caranya, sediakan 30 gram akar bunga sedap malam, gula merah, jahe merah sekitar 20 gram, dan 400 cc air. Rebus semua bahan, sampai mendidih, saring dan minum airnya dua kali sehari.

Radang Tenggorokan

Apabila Anda sedang tertimpa masalah radang tenggorokan, segera ambil akar sedap malam yang ada di halaman rumah Anda. Campurkan 20 gram akar sedap malam dengan 25 gram sambiloto segar ke dalam 600 cc air mineral. Rebus hingga air tersisa setengahnya, lalu saring dan minum ramuan herbal tersebut sehari dua kali masing-masing 150 cc.

Influenza

Di dalam bagian akar tanaman tersimpan banyak senyawa kimia yang memiliki fungsi pengobatan. Salah satunya untuk menyembuhkan influenza. Cara pemakaiannya, ambil sekitar 20 gram akar sedap malam, lalu siapkan juga 15 gram jahe dan 2 gram batang daun bawang putih. Rebus semua bahan tersebut pada 600 cc air hingga tersisa separuh, kemudian tunggu dingin dan minum sehari dua kali masing-masing dengan takaran yang sama.

Menambah Stamina

Bila aktivitas harian menguras banyak tenaga Anda, maka segara kembalikan dengan membuat ramuan penambah stamina dari bunga sedap malam. Cara membuatnya aalah dengan mencampurkan sedap malam dengan beberapa rempah. Siapkan 50 kuntum bunga sedap malam, 1 butir telur ayam, 100 gram udang, 50 gram kacang kapri, jahe dan bawang putih secukupnya. Tumis semua bahan tersebut dengan minyak goreng tanpa kolesterol dan maizena encer, masak hingga matang.

Campuran Parfum

Selain mempunyai manfaat kesehatan, ternyata sedap malam juga bisa membuat seseorang lebih percaya diri karena mempunyai aroma pakaian yang wangi. Benar sekali, sedap malam telah lama dipakai oleh suku Asmat untuk membuat minyak wewangian. Hingga kini, banyak sekali pembuat produk wewangian yang menggunakan campuran bahan yang salah satunya adalah bunga sedap malam.

Begitulah cara menanam bunga sedap malam, cara merawat beserta manfaat atau kemampuan dari bunga sedap malam. Pastikan Anda selalu memperhatikan pertumbuhan dan kondisi tanaman agar tidak layu dan senantiasa menjaga rumah Anda tetap asri dan wangi.

Tertarik untuk membudidayakan bunga sedap malam di rumah? Cek yuk produknya disini, tersedia dalam 2 ukuran, yaitu umbi ukuran kecil dan umbi ukuran besar.

3 thoughts on “Cara Menanam dan Merawat Bunga Sedap Malam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA