Cara Menanam Strawberry di Polybag Halaman Rumah

Strawberry merupakan tanaman yang menghasilkan buah cantik dengan cita rasa yang nikmat sekaligus menyegarkan. Strawberry termasuk buah yang cukup populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan kegiatan budidaya tanaman strawberry sudah dilakukan oleh para petani sejak lama untuk memperbanyak hasil produksi karena mengetahui bahwa strawberry termasuk buah yang disukai banyak orang.

Buah strawberry tidak jarang diolah menjadi makanan atau minuman tertentu, seperti selai, jus, dan masih banyak lagi. Kegunaannya juga bukan sebatas dimakan, lalu terasa nikmat, dan timbul keinginan untuk mengonsumsinya lagi. Lebih dari itu, strawberry juga tercatat mengantongi beragam kandungan yang memberi dampak manfaat terhadap kesehatan dan kecantikan.

Dari segi kegunaan dan manfaat yang diberikan, tentu banyak orang (bukan hanya petani) yang tertarik untuk mencoba budidaya strawberry. Apakah Anda juga menginginkan hal serupa? Berkebun sendiri memang mudah, selain meningkatkan kemampuan bertani, kegiatan pembudidayaan juga bisa membuat Anda pintar dalam melihat peluang usaha dalam bidang agribisnis. Silahkan klik disini untuk melihat aneka bibit tanaman buah strawberry yang kami jual.

Cara Menanam Strawberry di Polybag

Untuk menanam strawberry, Anda tidak memerlukan lahan luas jika belum memilikinya. Cukup dengan menyiapkan pot atau polybag, Anda sudah bisa budidaya buah strawberry sendiri. Ada beberapa tahapan yang harus Anda lewati, berikut akan kami ulas cara menanam strawberry di polybag yang bisa dilakukan di halaman pekarangan rumah.

SYARAT TUMBUH STRAWBERRY

Dalam melakukan sesuatu yang baru, Anda perlu mencari tahu informasi selengkap-lengkapnya untuk mendukung proses dan mencegah terjadinya kebuntuan akibat bingung harus apa selanjutnya. Setali tiga uang dengan budidaya seledri, sebelum melakukan penanaman stroberi, Anda harus tahu syarat tumbuh tanaman strawberry.

Berikut syarat tumbuh tanaman strawberry:

  • Hasil maksimal akan diperoleh apabila strawberry ditanam di dataran tinggi dengan ketinggian 1.000 – 1.500 meter dari permukaan laut.
  • Strawberry tidak bisa tumbuh dengan baik apabila curah hujan terus datang setiap hari. Strawberry akan tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah dengan warna dan rasa yang sempurna di daerah dengan curah hujan 600 – 700 mm per tahun.
  • Buah stroberi termasuk tanaman subtropis yang bisa tumbuh di Indonesia dengan baik. Akan tetapi, dirinya hanya lebih mudah untuk beradaptasi pada dataran tinggi dengan temperatur suhu 17 – 20 derajat celcius.
  • Pertumbuhan strawberry akan berlangsung dengan baik setelah mendapatkan sinar matahari selama 8 – 10 jam setiap harinya.
  • Tingkat kelembaban udara yang menstimulus pertumbuhan strawberry antara 70 – 80%.
  • Derajat keasaman tanah atau pH tanah yang ideal untuk budidaya strawberry di dalam polybag atau pot adalah 6,5 – 7,0.
  • Media tanam untuk budidaya strawberry tabulampot harus mempunyai sifat poros, mudah menelan air, dan ketersediaan unsur hara selalu ada.

CARA MENANAM STRAWBERRY DI POLYBAG (POT)

Bagaimana cara menanam strawberry di dalam polybag?

  • Beli bibit strawberry di toko tanaman terdekat atau Anda bisa melakukan pembibita vegetatif dengan cara mengambil bagian batang tanaman sebagai cikal bakal tanaman.
  • Setelah bibit tersedia, siapkan juga polybag dan media pengisinya. Media pengisi dibuat dari susunan tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan masing-masing 1:1.
  • Campuran media tanam langsung dimasukkan ke dalam polybag, pot, atau karung yang Anda jadikan wadah tampung tanaman.
  • Buatlah lubang, lalu tanam bibit strawberry atau batang strawberry ke dalamnya.
  • Siram bibit tersebut setiap pagi dan sore, setiap hari. Jaga selalu tingkat kelembaban tanah. Selalu cukupi kebutuhan air dari media tanam agar bibit strawberry cepat tumbuh.

Begitu bibit sudah ditanam, berikutnya hanya tinggal melakukan perawatan.

PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN

Berikut pedoman perawatan dan pemeliharaan tanaman strawberry:

  • Penyiraman. Siram tanaman strawberry dengan embrat secara rutin dari masa awal tanam hingga memasuki fase generatif. Lakukan penyiraman secara intensif, bila perlu buat jadwal. Pastikan bahwa Anda memelihara angka kelembaban media tanam, jangan sampai tanah kering.
  • Penyulaman. Apabila tanaman strawberry ada yang mengalami gangguan pertumbuhan, tidak tumbuh sempurna, rusak, dan bahkan mati, maka lakukan langkah penyulaman. Ganti tanaman yang mati dengan bibit baru pada polybag yang sama. Penyulaman penting dilakukan untuk mengidentifikasi masalah agar berikutnya tidak lagi terjadi gagal panen.
  • Pengendalian Hama dan Penyakit. Selain disiram, Anda juga harus memperhatikan keberadaan hama. Jika terlihat ada hama yang menempel pada tanaman, langsung dibuat. Atau Anda bisa juga menyemprotkan pestisida yang dianjurkan untuk tanaman strawberry. Usahakan agar strawberry tidak diganggu oleh burung merpati atau burung-burung lain.
  • Pemupukan. Pohon strawberry yang sedang Anda tanam setelah memasuki usia 2 bulan harus diberikan pupuk untuk mempertahankan kemampuan tumbuhnya. Gunakan pupuk organik atau anorganik sesuai dosis yang ditetapkan. Saat melakukan pemupukan, usahakan agar pupuk tidak mengenai organ tanaman seperti batang, daun, dan buahnya.
  • Perampelan. Hematnya, perampelan dilakukan ketika ada batang atau tunas tanaman yang tumbuh berlebihan. Cara mengambil bagian vegetatif tanaman yang lebih tersebut adalah dengan memotong 1 – 2 tunas di samping tanaman (yang umumnya merunduk) pada masing-masing pohon. Selanjutnya tunas tersebut bisa ditanam lagi sebagai bibit vegetatif atau dibuang.
  • Pemberian Fitohormon. Banyak petani holtikultura yang mengetahui teknik memperbanyak hasil buah yakni dengan memberikan hormon pada tanaman. Hormon tersebut biasanya diinjeksikan atau disuntik pada bagian batang tanaman.Hormon yang dipakai adalah hormon gas etilen yang akan mempercepat proses pematangan buah pada pohonnya. Selain gas etilen, biasanya juga digunakan hormon Indol Asam Aselat dengan giberelin untuk mempertebal ukuran batang tanaman serta menghasilkan buah yang banyak dan lebat.
    Fitohormon merupakan sekumpulan senyawa organik yang terbentuk secara alami ataupun dibuat sendiri oleh manusia. Di dalamnya terdapat kadar yang mampu mendorong, menghambat, atau mengubah pertumbuhan, perkembangan, dan pergerakan tumbuhan. Fitohormon bisa Anda dapatkan di toko tanaman. Sebelum menggunakannya, Anda bisa konsultasikan pada lembaga dinas pertanian setempat.

CARA AGAR TANAMAN STRAWBERRY CEPAT BERBUAH

Agar tanaman strawberry yang sedang Anda tanam di polybag lebih cepat berbuah, selain melakukan penyiraman dan pemupukan secara rutin, Anda juga perlu melakukan kegiatan yang dinamakan pendangiran dan penyiangan.

Pendangiran dan penyiangan sendiri merupakan kegiatan yang koheren dan kohesif dalam dunia pertanian. Kedua kegiatan ini dinilai dan bahkan diyakini oleh banyak pekebun sebagai faktor penyumbang terbesar dalam suksesnya kegiatan pertanian di seluruh dunia.

Pendangiran dilakukan oleh petani untuk menggemburkan lahannya dengan cara dicangkul kecil-kecil dengan hati-hati, jangan sampai melukai akar tanaman. Sementara penyiangan dilakukan dengan cara mencabut rumput-rumput lihar pada tanah dengan tujuan untuk menjaga lahan atau media tanam selalu bersih sehingga terbebas dari pertumbuhan jamur, penyakit, dan hama parasit.

PEMANENAN

Setelah berumur 2 bulan, bahkan kurang, buah strawberry sudah bisa dipanen. Semuanya bergantung dengan bagaimana perawatannya. Tanaman strawberry yang sudah bisa diambil buahnya mempunyai ciri-ciri umum seperti daging buah terasa kenyal dan empuk saat dipegang. Jika digigit mempunyai rasa yang sedikit asam. Kulit buahnya sudah berwarna merah mudah atau merah tua disertai warna tangkai yang agak cokelat kekuningan.

Pemanenan buah strawberry dilakukan dengan memakai gunting khusus pemetikan buah atau pisau tajam. Petik buahnya dengan alat tersebut, lalu cuci dan dikeringkan menggunakan angin. Jika buah strawberry mau dijual, Anda bisa membungkus buah-buah strawberry tersebut menjadi beberapa paket untuk dipasarkan langsung ke agen pemasaran buah atau toko buah-buahan.

Ketahui juga:

Budidaya tanaman strawberry mudah bukan? Hanya dengan beberapa tahapan pada cara menanam strawberry di polybag, Anda sudah bisa menjadi pekebun strawberry. Prospek bisnis penjualan strawberry cukup menjanjikan. Jika kemampuan Anda cukup mumpuni, ada baiknya untuk memulai pembuddiayaan dalam skala pertanian (lebih besar). Selamat mencoba. Jangan lupa klik disini untuk melihat aneka produk bibit tanaman buah strawberry yang kami jual.

7 thoughts on “Cara Menanam Strawberry di Polybag Halaman Rumah

  1. Dede Novianti says:

    Sy coba beli 2 buah bibit, kmdn sy oecah menjadi 6 pot. Tumbuh subur daunnya hijau dan berbuah, tapi buahnya super kecil apa ada tips agar berbuah besar, terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA