5 Cara Mudah Menanam Buah Delima dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Punica granatum, atau tanaman buah delima bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin memulai menanam buah dalam pot (tabulampot). Tanaman yang berasal dari Iran ini adalah salah satu tanaman buah yang paling mudah ditumbuhkan dalam pot karena memiliki sistem perakaran yang pendek jika dibandingkan dengan pohon buah lainnya.

Klik disini jika Anda ingin melihat produk dari tanaman Delima.

Tergolong perdu kecil yang bersifat semak (bisa tumbuh hingga 6 meter namun bisa dikondisikan menjadi 2 meter) menjadikannya salah satu tanaman buah terbaik yang bisa ditanam dalam pot.

Delima terkenal karena buahnya yang berwarna merah merekah dengan limpahan biji di dalamnya.

Rasa buahnya sangat khas dan unik. Hebatnya lagi, delima dikenal sebagai buah dengan kandungan antioksidan tinggi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Delima tidak hanya ditanam untuk dinikmati buahnya saja, bunganya yang cantik berwarna kemerahan sebelum berbuah banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

Baca juga: Tips Cara Mudah Menanam Bayam Dalam Pot atau Polybag

Cara Mudah Menanam Buah Delima dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak cara mudah menanam delima dalam pot agar cepat berbuah berikut ini:

1. Persiapan bibit

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk menanam delima, bisa melalui biji, stek batang, tunas, dan juga cangkok. Tapi jika Anda ingin memanen buah lebih cepat, maka disarankan menggunakan teknik cangkok batang.

Salah satu cara menanam delima dalam pot yang banyak digunakan adalah menggunakan teknik cangkok.

Meski demikian, kami juga memberikan langkah-langkah menyemai biji delima dengan mudah berikut ini:

  1. Biji delima bisa diperoleh dari buah delima yang sudah tua. Pilihlah buah delima yang sehat agar benih yang dihasilkan pun juga berkualitas. Jika tidak ingin repot, Anda bisa memperoleh benihnya di toko penjualan benih tanaman.
  2. Belah buahnya dan bersihkan biji dari sisa-sisa daging buah yang menempel. Keringkan biji tersebut di bawah sinar matahari selama satu hari. Jika telah kering, diamkan biji pada tempat yang teduh.
  3. Sebelum menuju tahap penyemaian, sebaiknya biji direndam terlebih dahulu selama 4 jam lalu tiriskan.
  4. Siapkan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1
  5. Semai biji pada media tanam yang sudah disiapkan sebelumnya.
  6. Jika telah muncul beberapa daun, maka bibit sudah siap dipindahkan pada polybag yang lebih besar.
Tahap pertama dalam menanam buah delima dalam pot adalah persiapan bibit delima.

Selain menyemai dari biji, bibit buah delima juga bisa diperoleh di toko penjualan bibit tanaman di Kota Anda, atau toko bibit online yang kini banyak dijual dengan harga terjangkau. Bibit tanaman buah delima bisa diperoleh di sini.

2. Persiapan media tanam dan pot

Ada beberapa pilihan media tanam yang bisa Anda gunakan seperti campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 2:1, campuran tanah, pupuk kandang, dan pasir dengan perbandingan (2:2:1), atau bisa juga menggunakan campuran tanah, serbuk gergaji, sekam bakar dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1.

Kesuburan media tanam adalah salah satu faktor penentu cepat tidaknya tanaman buah delima Anda berbuah.

Pilihlah pot yang berukuran cukup besar dengan dasar pot yang berlubang atau bisa juga menggunakan planter bag yang kini populer digunakan sebagai pengganti pot untuk tanaman buah.

3. Penanaman bibit delima

Menanam bibit delima pada lubang tanam (tengah-tengah pot) kemudian timbun dengan tanam sambil ditekan atau dipadatkan.

Jika bibit Anda sudah mencapai tinggi 20 cm, maka bibit sudah bisa dipindahkan pada pot yang telah disiapkan sebelumnya. Keluarkan bibit bersama dengan tanahnya agar akar tanaman tetap utuh.

Letakkan pada tempat yang terkena sinar matahari terutama sinar matahari pagi dan siram tiap pagi dan sore hari.

4. Perawatan tanaman delima

Rajinlah melakukan pemangkasan pada cabang-cabang tanaman sehingga nutrisi bisa terserap dengan sempurna. Lakukan pemupukan dengan rutin, bisa diberikan pupuk NPK tablet khusus buah (optional, bisa menggunakan pupuk buah jenis lain) tiap 6 bulan sekali. Atau bisa juga memberikan pupuk daun tiap 10-15 hari sekali.

Lakukan penyiraman secara rutin tiap pagi dan sore hari karena pada dasarnya tanaman buah delima menyukai paparan sinar matahari dengan tingkat kelembaban tinggi.

5. Panen buah delima

Inilah tahap yang paling ditunggu-tunggu, ketika Anda telah menanam dan merawatnya dengan baik maka memetik buahnya adalah kegiatan paling menyenangkan di antara semua prosesnya. Menikmati buah delima di teras rumah bersama keluarga adalah penghargaan atas kesungguhan Anda merawatnya selama ini.

Buah delima yang telah matang ditandai dengan keretakan kulit buahnya atau telah berwarna kuning pada pangkalnya. Sebaiknya menggunakan gunting untuk memetik buahnya.

Ilustrasi tanaman buah delima dalam pot.

Jika Anda melakukan perawatan yang baik pada tanaman buah delima Anda, maka pada umur 2-3 tahun buah delima yang Anda tanam dalam pot sudah bisa dipanen buahnya.

Silahkan Klik disini untuk melihat beberapa dari tanaman Delima.

Demikian cara mudah menanam buah delima dalam pot agar cepat berbuah. Semoga informasi ini bermanfaat and happy gardening 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA