Cara Perawatan Tanaman Suplir

cara perawatan tanaman suplir

Cara Perawatan Tanaman Suplir – Dalam merawat setiap tanaman kita harus mengetahui karakteristik tanaman tersebut. Suplir adalah salah satu tanaman hias dalam ruangan yang tidak menyukai pancaran sinar matahari secara langsung alias lebih suka tempat yang lembab. Karena habitat aslinya memang di wilayah beriklim sub tropis.

Tidak seperti tanaman hias lainnya, Suplir tidak berbunga, namun keindahannya terletak pada hijau daunnya. Menanam suplir memang sedikit lebih sulit, dibanding tanaman lain karena harus memperhatikan tinggkat keasaman dan kelembaban media tanam yang digunakan.

Media Tanam Suplir

Karena Suplir suka yang lembab, maka media tanam Suplir terbaik adalah tanah yang dapat menyimpan air lebih lama yakni tanah liat. Gunakan tanah liat yang dicampur dengan kompos atau pupuk kandang dan ditambahkan arang sekam. Perbandingannya adalah 2:1:1. Tanah liat lebih mampu meningkatkan penyerapan air, sedang kompos dan arang sekam adalah penyedia unsur hara dalam tanah, agar Suplir mendapatkan nutrisi dengan baik.

Harga Tanaman Suplir dan Jenis Tanaman Suplir

cara perawatan tanaman suplirBanyak sekali jenis tumbuhan Paku Suplir yang terdapat di belahan dunia. Namun, hanya ada dua jenis tanaman Suplir yang kami sediakan, yakni Suplir Tiara dan Suplir Seledri. Harga tanaman Suplir adalah 75 ribu rupiah untuk masing-masing jenis Suplir tersebut.

Suplir Tiara berdaun agak kotak, sedangkan Suplir Seledri bentuk daunnya memang sangat mirip dengan daun seledri dan memiliki bulu halus pada batangnya. Tanaman Suplir yang kami kirim sudah siap untuk ditanam langsung di pot, karena sudah tumbuh kurang lebih 20 cm. Silahkan klik disini untuk memesannya!

Cara Perawatan Tanaman Suplir

Merawat tanaman hias memang tidak semudah merawat tanaman sayuran, sehingga diperlukan pengetahuan dan trik khusus merawatnya apalagi tanaman suplir yang berbeda dari tanamah hias lain. Baca dan perhatikan tips berikut untuk merawat tanaman Suplir.

  1. Gunakan media tanam yang baik seperti yang sudah dijelaskan di atas
  2. Pot yang digunakan untuk menanam suplir minimal berdiameter 20 cm
  3. Karena suplir suka dengan kelembaban, maka hindarkan tanaman dari terpaan cahaya secara langsung. Jadi sebaiknya, letakan pot di dalam rumah, bisa di dapur, ruang tamu atau ruang kerja.
  4. Untuk menjaga kelembabannya, siramlah tanaman Suplir minimal sehari sekali.
  5. Agar unsur hara selalu tersedia, maka berikanlah pupuk NPK atau pupuk langsung pakai sebulan sekali.
  6. Buanglah daun-daun Suplir yang telah mati atau kering, dan bersihkan pot dari tanaman lain yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.
  7. Gantilah pot secara berkala, setidaknya 6 bulan sekali karena akar suplir berkembang dengan sangat cepat. Pergantian pot dilakukan untuk menyegarkan kembali tanaman, pangkas akar yang berlebihan ketika dilakukan pergantian pot.

Demikian Cara Perawatan Tanaman Suplir yang benar. Jika dilakukan dengan tepat, niscaya tanaman Suplir yang anda miliki akan tumbuh dengan sempurna.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *