Jenis Tanaman Buah yang Mudah Ditanam dan Cocok di Pekarangan Rumah

Selain tanaman-tanaman hias atau tanaman obat, biasanya di halaman atau di pekarangan rumah juga sering ditanami oleh tanaman buah. Selain untuk memperindah taman dan membuat udara menjadi lebih sejuk, kita juga bisa memperoleh manfaat dari buah yang dihasilkan. Bahkan mungkin juga bisa dijadikan sebagai usaha atau tambahan penghasilan dengan menjual buah-buah tersebut.

Akan tetapi tidak semua tanaman buah cocok atau mudah untuk ditanam di halaman rumah atau pekarangan. Bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau juga karena beberapa tanaman buah memerlukan perawatan yang lebih khusus agar tumbuh subur dan menghasilkan buah yang banyak.

Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman buah yang sangat pas dan cocok untuk ditanam ditaman atau halaman rumah kita. Selain itu tanaman yang ada didaftar ini juga tergolong mudah untuk ditanam dan dirawat, dan kita pun bisa memperoleh keuntungan lain seperti buah yang dihasilkan oleh tanaman berikut.

Anda bisa klik disini untuk melihat aneka bibit tanaman buah yang kami jual.

Daftar Tanaman Buah Yang Mudah Ditanam Dan Cocok Untuk Pekarangan

Jambu Air

Jambu air

Jenis tanaman buah pertama dalam daftar ini adalah pohon jambu air yang tentunya sudah sering kita lihat dan memang banyak ditanam di pekarangan atau halaman rumah keluarga. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Syzygium aqueum ini mampu dan dapat bertumbuh dengan mudah terutama di tanah yang mengandung banyak humus. Pohon jambu air bisa tumbuh antara 3 hingga 10 meter.

Menanam pohon ini sebaiknya sedikit menjauh dari rumah, karena cabang dari pohon jambu air ini menyebar ke berbagai arah dan membutuhkan ruang yang cukup lebar. Buah yang dihasilkan sangat banyak dan mengandung banyak manfaat untuk kita.

Jambu Biji

Jambu biji

Satu lagi jenis pohon jambu yang bisa Anda tanam di pekarangan yaitu Jambu biji. Tanaman ini tidak terlalu memerlukan tempat yang luas. Buah yang dihasilkan juga sangat bermanfaat terutama untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam darah bagi para penderita penyakit DBD atau demam berdarah dengue.

Mangga

 

Buah mangga

Tanaman buah Mangga menjadi pilihan selanjutnya dari kami. Tumbuhan ini memiliki naman ilmiah yaitu Mangifera Indica yang mempunyai beberapa jenis atau varian lain. Pohon mangga bisa tumbuh hingga lebih dari 5 meter. Sebaiknya sering-seringlah memotong cabang yang sudah terlalu panjang atau cabang yang mengganggu.

Namun saat ini buah mangga sudah dan banyak dibudidayakan dengan metode tabulampot yang membuat kita tidak memerlukan lahan yang luas untuk menanamnya. Buah yang dihasilkan sangat manis dan tentunya bisa kita makan bersama keluarga sambil bersantai dibawah pohonnya.

Pepaya

Buah pepaya

Tumbuhan papaya memiliki ukuran yang tidak terlampau tinggi sehingga sangat cocok ditanam di halaman rumah. Tanaman yang memiliki naman ilmiah Carica Papaya ini tumbuh keatas dan tidak memiliki cabang besar ke samping. Tanaman ini memiliki banyak manfaat. Buahnya bisa kita makan baik dalam bentuk mentah maupun sudah matang.

Biasanya buah yang nasih hijau dijadikan sayur atau bahan tambahan di makanan. Sedangkan buah yang sudah matang bisa kita konsumsi sebagai makanan penutup atau camilan. Pertumbuhannya juga cepat dan sangat mudah dirawat. Bahkan jika cukup air missal dari air hujan dan terkena sinar matahari dengan cukup, kita tidak perlu repot lagi untuk merawatnya.

Belimbing

                                                                                 Buah belimbing

Tanaman belimbing juga tidak memerlukan lahan yang luas dan besar untuk menanamnya, dan tanaman buah yang satu ini juga mudah untuk ditanam dan dirawat. Buah belimbing memiliki rasa campuran antara manis dan asam. Sangat nikmat untuk dimakan saat cuaca panas sambil berteduh dibawa pohon.

Sawo

Buah sawo

Selanjutnya ada pohon sawo yang termasuk jenis tanaman buah yang sangat cocok untuk ditanam dan dimiliki di halaman rumah kita masing-masing. Tanaman Sawo ini tidak butuh lahan besar dan tidak tumbuh terlalu tinggi sehingga tidak berbahaya bagi rumah ataupun bagi kita sendiri. Buah sawo juga tergolong enak dan manis rasanya. Pohon ini juga tahan terhadap cuaca kering dan panas.

Kedondong

Buah kedondong

Kedondong sering ditanam di halaman rumah atau dipekarangan karena mudah ditanam dan dirawat. Buah kedondong sering digunakan sebagai bahan rujak bersama-sama dengan buah lain seperti mangga, jambu, nanas dan bangkuang. Nama ilmiah dari tanaman ini adalah Spondian dulcis.

Srikaya

Buah srikaya

Tanaman buah terakhir dalam list ini yang cocok dan cukup mudah untuk ditaruh dan ditanam di pekarangan atau halaman rumah kita adalah tanaman Srikaya. Tanaman ini tergolong tidak begitu besar sehingga aman untuk ditanam dipekarangan. Tanaman srikaya dapat bertahan lama dan memiliki umur yang cukup panjang. Buahnya sangat manis dengan dagingnya yang berwarna putih. Selain itu buahnya juga banyak mengandung vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Tanaman buah di atas bisa Anda beli atau dapatkan bibitnya dengan mudah, dan juga bisa juga menjadi tanaman hias buah yang mempercantik halaman rumah. Selain bermanfaat untuk memperindah halaman, kita juga bisa memanfaatkan buahnya untuk dikonsumsi bersama keluarga.

Jangan lupa klik disini yaahhh untuk melihat aneka bibit tanaman buah yang kami jual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA