Keindahan Bunga Flamboyan dan Cara Menanamnya

Salah satu bunga terindah di dunia yaitu bunga flamboyan yang terdiri dari beberapa macam varietas. Meski hanya menghasilkan bunga pada musim-musim tertentu saja, namun tanaman ini disukai oleh banyak orang karena mempunyai bentuk dan tampilan yang sangat menawan. Bahkan banyak ungkapan cinta pada pujaan hati yang disimbolkan melalui bunga ini.

Tanaman hias flamboyan

Flamboyan merupakan tanaman hias yang tingginya dapat mencapai sekitar 12 meter. Daerah yang disukai tanaman ini adalah yang bersifat terbuka dengan pasokan cahaya matahari yang cukup. Batangnya berbentuk licin dan mempunyai warna coklat kelabu.

Karakter Tanaman Flamboyan

Akarnya sangat kuat dan mampu menimbulkan kerusakan pada lapisan semen penutup jalan. Selain itu cabangnya banyak dan selalu tumbuh secara melebar atau menyamping. Jadi ketika sudah besar, tanaman ini akan berbentuk seperti payung dengan batang yang berkayu.

Daunnya yang majemuk dan selalu tumbuh dengan rapat mampu menghadirkan suasana yang sangat rindang di bawahnya. Daun bunga flamboyan ini selalu menghijau sejak musim hujan sampai permulaan musim kemarau. Setelah itu akan gugur dan hanya menyisakan batangnya saja. Bahkan ada beberapa bagian batang atau ranting yang mengering lalu patah dan jatuh.

Keindahan Bunga Flamboyan

Keindahan tanaman ini akan mulai terlihat lagi ketika musim penghujan mulai tiba. Pada saat itu kuncup bunga yang warnanya merah dan jingga akan bermunculan. Tidak lama kemudian bunga flamboyan tersebut akan saling bermekaran secara bersama-sama. Di saat seperti inilah kesempurnaan dan keindahan bunga tersebut akan terlihat semakin nyata.

Setelah mekar secara penuh, ukurannya menyamai bunga anggrek dan membentuk semacam gerombolan yang rapat dan padat. Di setiap gerombolan terdapat mahkota bunga berjumlah 5 helai yang menyebar. Ukuran masing-masing mahkota tersebut sekitar 8 cm.

Tetapi ada salah satu mahkota yang memiliki bentuk agak berbeda dibanding mahkota bunga yang lain. Mahkota bunga flamboyan yang berlainan ini berukuran lebih panjang dan terdapat bintik-bintik warna kuning atau putih di permukaan dalamnya.

Mekarnya bunga tersebut hanya bisa berlangsung sekitar 2 sampai 3 minggu saja. Tidak lama setelah itu warna jingga kemerahan pada flamboyan mulai meredup dan berubah kusam, lalu akan berguguran helai demi helai. Tidak lama kemudian akan memasuki pengulangan siklus kembali seperti semula dari awal.

Teknik Menanam Bunga Flamboyan

Bunga flamboyan adalah tanaman yang dapat dikembangbiakan dengan biji. Namun sebelum disemai harus dibersihkan dahulu dengan cara digosok dan direndam di dalam air selama satu malam hingga kulitnya bisa terkelupas sendiri.

Setelah itu biji dimasukan dalam pot yang sudah diisi dengan media tanam sekitar 4 sampai 7 hari. Media tanamnya berupa kombinasi tanah dan pupuk kandang yang tingkat keasamannya antara 5,6 sampai 6 ph.

Tahapan berikutnya adalah memindah bibit tersebut pada area yang luas dan lapang misalnya halaman rumah atau pinggiran jalan yang nantinya berfungsi sebagai peneduh. Lubang untuk penanamannya harus memiliki ukuran yang cukup dalam, minimal 50 cm. Tujuannya adalah agar tanaman ini bisa tumbuh secara tegak dan tidak miring.

Setelah ditanam dan tanah ditimbun lagi lakukan penyiraman setiap hari hingga tumbuh besar dan berdaun lebat. Selain itu harus diberikan setiap 3 bulan sekali agar pertumbuhannya bisa berjalan semakin cepat. Perawatan lain yang perlu dilakukan yaitu memotong dan merapikan cabang dan batangnya sehingga pertumbuhannya bisa teratur.

Satu hal lagi, ketika menanam bunga flamboyan atur jaraknya agar tidak terlalu dekat dengan dinding rumah atau bangunan lain misalnya pagar. Sehingga kerusakan yang ditimbulkan dari akarnya bisa dihindari.

Lihat di sini berbagai jenis tanaman hias kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA