Tanaman Hias Bunga Lisianthus yang Mirip Mawar, Yuk Kenalan!

Bunga Lisianthus, kembaran mawar ini biasa juga disebut Eustoma. Belakangan di Indonesia, bunga Lisianthus mulai banyak dilirik sebagai bunga hias. Rangkaian bunga ini banyak dipakai untuk dekorasi hotel, restoran, dan pernikahan, atau bisa ditempatkan di rumah, sekadar untuk mempercantik ruangan.

Bunga Lisianthus yang sangat mirip dengan bunga mawar.

Baca juga: 7 Manfaat Tanaman Hias dalam Ruangan yang Jarang Diketahui

Penjelasan Bunga Lisianthus

Pada umumnya bunga ini juga disebut sebagai Texas Bluebell atau Blue Lapangan Daisy. Bunga ini biasa berwujud dengan warna ungu, pink dan warna putih. Bunga cantik ini telah terlebih dulu dikenal di Jepang, sebagai bunga potong atau bunga hias. Di Indonesia sendiri, bunga ini terbilang masih pendatang baru. Itu sebabnya belum banyak yang mengenalnya.

Bunga Lisianthus ialah tanaman hias bunga yang dapat ditanam sebagai tanaman pot dalam ruangan atau dibudidayakan sebagai bisnis bunga potong layaknya bunga mawar. Tanaman bisa tumbuh dari 15cm sampai dengan 60cm. Ukuran tingginya bergantung pada iklim yang ditempati tumbuh.

Spesies bunga ini dibedakan berdasarkan dengan lebar, bentuk lonceng di kepala bunganya, bentuk oval dan warna biru pada batangnya.

Lisianthus sangat menyukai udara yang sejuk. Jadi, bunga ini termudah ditemukan di daerah dataran tinggi. Ketika pertama kali melihat, Anda, sama halnya banyak orang lainnya, barangkali akan tertipu. Bentuk bunganya mirip dengan bunga mawar. Tidak heran, banyak orang mengira Lisianthus atau Eustoma ini merupakan salah satu jenis mawar.

Setiap tangkai bunga Lisianthus, sesudah dipotong, dapat bertahan selama maksimum tiga minggu, sehingga tidak perlu repot selalu mengganti bunga, untuk menghias ruangan. Menjadikannya tanaman ini sebagai tanaman pot pun bisa. Sediakan saja media tanam yang lembab dengan drainase yang baik. Tempatkan Lisianthus di area yang kaya akan sinar matahari.

Habitat Tanaman Hias Bunga Lisianthus

Lisianthus berasal dari Amerika Selatan. Bunga ini sangat menyenangi sinar matahari, tetapi cuma bisa tumbuh subur pada area berudara sejuk. Bunganya mempunyai bermacam-macam warna, termasuk warna biru yang tidak ditemukan pada spesies mawar. Tanaman ini paling cocok tumbuh di dalam ruangan atau tempat dengan iklim hangat.

Tanaman ini akan tumbuh baik di tanah netral atau sedikit asam. Bunga ini akan berkembang dalam lingkungan tidak kering dan memiliki drainase yang baik. Bunga Lisianthus akan menarik serangga seperti kupu-kupu dan lebah. Jadi jika Anda ingin selalu melihat kupu-kupu, tanamlah bunga ini.

Tanaman Lisianthus harus diletakkan pada lingkungan yang hangat. Baiknya tanaman ini ditanam pada akhir musim semi, sesudah salju terakhir telah berakhir (tapi untungnya di Indonesia nggak ada musim salju ya. hehe).

Bunga-bunga tanaman ini akan mekar di musim panas dan awal musim gugur, namun bisa juga ditemukan di pusat penjualan tanaman yang memiliki rumah kaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA