Cara Merawat Strawberry Agar Cepat Berbuah

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika menanam strawberry, mulai dari tempat menanamnya hingga cara merawat strawberry agar cepat berbuah.

Buah strawberry memiliki penampilan luar yang sangat menarik dengan warnanya yang merah dan eksotis. Jadi tidak heran jika banyak orang tertarik untuk menanam buah yang satu ini. Buah strawberry ini bisa ditanam di pot bahkan polibag dapat dijadikan alternatif pot untuk strawberry. Untuk kali ini kami akan berbagi tips agar buah strawberry rajin berbuah.

Baca juga: Cara Menanam Strawberry di Lahan Polybag dan di Pot

Cara Menanam Strawberry Di Polybag

 

Cara Merawat Strawberry Agar Cepat Berbuah

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pertumbuhan dan pembuahan strawberry agar berbuah maksimal sesuai harapan Anda, di antaranya :

  1. Tanaman strawberry merupakan tanaman yang memerlukan adanya aliran ataupun ketersediaan air yang mencukupi. Oleh karena itu, penyiraman perlu dilakukan minimal dua hari sekali, yaitu pada pagi dan siang hari, namun setelah strawberry berusia di atas 2 minggu penyiraman bisa dilakukan satu kali sehari.
  2. Berikan pupuk secara proporsional, dengan rincian: Fase pertumbuhan : berikan pupuk NPK dengan dosis N tinggi sebanyak 1 sdm. Fase pembungaan dan pembuahan : berikan pupuk NPK dengan dosis PK tinggi sebanyak 1 sdm. Lakukan pemupukan strawberry tiap seminggu sekali dengan takaran prosi cukup 1 sendok makan untuk satu polibag ukuran besar.
  3. Siangi media tanam strawberry dari gulma dan tanaman yang sifatnya mengganggu.
  4. Pada saat buah strawberry berbunga, bunga pertama dibuang, setelah berumur empat bulan, bunga strawberry dibiarkan tumbuh menjadi buah. Adapun proses pembungaan dan pembuahan pada strawberry dapat berlangsung selama 2 tahun tanpa henti.

Demikian tadi tips atau cara merawat strawberry agar cepat berbuah.

Lihat di sini berbagai varietas benih strawberry kami.

5 thoughts on “Cara Merawat Strawberry Agar Cepat Berbuah

  1. subrata says:

    selamat pagi saya pemula tanam strawbery pakai polibag baru berumur 5 bulan bagamana caranya biar cepat berbuah saat ini kebanyakan tumbuh sulur saja . Mohon petunjuknya

    salam
    subrata

    • niny says:

      Sore, bbrp cara agar strawberry cepat berbuah bisa dengan rajin menyiram, memupuk, memberi hormon buah, memangkas sulur dan membuang daun tua dan daun rusak. Untuk tekniknya Lebih jelas dan lengkap bisa gabung diforum bercocok tanam yang sudah kami sediakan di http://www.kebunpedia.com
      terima kasih.

  2. Pindi says:

    Stroberi saya sudah berumur leboh dari 4 bulan tapi belum berbungan juga..kira“kenapa ya
    Secara suhu dan media tanah sudah memadai…kira“kenapa ya

  3. Tati Setiawati says:

    Semua tips sudah saya ikuti, bahkan sudah berbunga dan berbuah. Tapi kesulitan juga tentang penyiramannya. Bagian pangkal ranting suka membusuk dan hitam. Apakah karena kena air siraman? Atau memang sudah alami mudah busuk daunnya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA