Jenis Tanaman Hias Bunga yang Mudah Dibudidayakan

Indonesia merupakan sebuah negara yang terkenal dengan kekayaan alamnya. Salah satu kekayaan alam Indonesia yang cukup melimpah adalah jenis tanamannya. Berbagai jenis tanaman tumbuh subur, mulai dari tanaman perindang hingga tanaman hias. Ditambah lagi, jenis tanaman hias pun tidak hanya satu tetapi juga bermacam-macam. Tanaman hias yang cukup banyak digemari, contohnya adalah tanaman hias bunga.

Baca juga: Inilah Ciri-ciri dan Jenis Tanaman Tahan Panas

Secara umum, terdapat berbagai jenis tanaman hias bunga yang ada di Indonesia. Tanaman hias tersebut tidak hanya digunakan untuk mempercantik lingkungan sekitar, tetapi juga dibudidayakan agar menghasilkan uang. Apabila Anda tertarik untuk membudidayakan tanaman hias jenis ini, maka Anda dapat membertimbangkan beberapa contoh tanaman hias di bawah ini.

  1. Begonia glabra ruizet pav

Sebenarnya, tanaman ini bukanlah tanaman asli Indonesia. Tanaman hias ini berasal dari Peru, Amerika Selatan. Dikenal dengan nama beken tanaman begonia, tanaman hias jenis ini tumbuh subur di daerah dengan ketinggian sekitar 500 mdpl, seperti daerah pegunungan. Karakteristik tanaman hias ini adalah postur batangnya yang berair dan cukup lunak. Daunnya juga cukup unik karena memiliki bentuk seperti jantung yang tidak simetris.

Begonia glabra ruizet pav

Keindahan bunganya pun tak perlu diragukan lagi. Bunga dari tanaman hias ini umumnya memiliki warna merah mudah yang cantik dengan bentuk khas yang bergelombang. Apabila Anda tertarik untuk membudidayakan tanaman hias jenis ini, Anda dapat melakukannya dengan dua cara. Pertama, Anda dapat menumbuhkannya dengan menanam tunas tanaman ini. Sedang kedua, Anda dapat memanfaatkan cara stek untuk membudidayakannya.

  1. Baugainvillea glabra choisy

Dahulu, tanaman ini dikenal dengan nama latin Baugainvillea glabra choisy, namun sekarang tanaman bunga ini memiliki nama latin Bougenvillea galbra choi. Masyarakat Indonesia lebih mengenal macam tanaman hias bunga ini dengan nama tanaman bunga bugenvil. Tanaman hias ini merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan. Dimungkinkan, negara asalnya sama dengan negara asal bunga begonia.

Kini, di Indonesia sendiri, tanaman bunga ini sudah tersebar luas di seluruh wilayah. Meski baru diperkenalkan pada tahun 1961, pamor tanaman bunga ini sangat tinggi. Hal ini dimungkinkan karena keindahan bunga bugenvil ini yang membuat masyarakat berlomba-lomba untuk membudidayakannya. Selain itu, kemampuan tanaman hias ini untuk tumbuh berbagai jenis dataran, baik dari dataran rendah maupun dataran tinggi, membuat peminat tanaman hias ini semakin banyak.

  1. Noriu odorium mill

Di Indonesia, tanaman hias ini lebih dikenal dengan sebutan bunga mentega. Tanaman bunga ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang tumbuh subur di kawasan Asia. Tanaman ini dapat dibudidayakan di berbagai macam dataran yang memiliki ketinggian minimal 1350 mdpl.

Secara umum, tanaman hias ini merupakan tanaman dengan jenis perdu. Tak heran, Anda akan sering menemukannya dalam kondisi bergerombol antara satu dengan lainnya. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi hingga ketinggian 6 meter dengan cabang tanaman yang kecil tetapi banyak. Daunnya memanjang dan cukup kaku. Sedangkan bunganya tumbuh di ujung tangkai dan berbentuk corong. Warnanya yang beragam, mulai dari putih, merah muda dan merah membuat tanaman hias ini nampak anggun dari kejauhan. Anda juga bisa budidaya tanaman hias hidroponik.

Pada akhirnya, pilihan tanaman hias yang ingin Anda budidayakan ada di tangan Anda. Anda hanya cukup memilih tanaman hias yang cocok dengan preferensi Anda. Apabila dilakukan dengan baik dan benar, budidaya tanaman hias bunga ini dapat menjadi salah satu cara menyokong perekonomian keluarga Anda. Dengan ketelatenan, usaha Anda dapat berbuah hingga memberikan kemungkinan bagi Anda untuk menjadikan tanaman hias sebagai komoditi ekspor negara. Cukup menarik, bukan?

Lihat di sini berbagai varietas tanaman hias bunga kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA