3 Tips dan Cara Menanam Bunga Mawar yang Tepat

Bunga yang satu ini sudah dikenal setiap orang. Banyak alasan mengapa orang-orang mengenaal bunga ini yang cantik ini, tapi kebanyakan pasti mengenalnya karena sering digunakan untuk melambangkan ekspresi cinta. Kelopak yang bertumpuk satu sama lain dengan warna-warna cerah menjadikan bunga mawar sangat terlihat elegan, mempesona dan tidak bosan untuk dipandang mata.

Walaupun bunga mawar yang sering muncul dalam film atau digunakan sebagai gift berwarna merah, namun bunga ini tidak cuma mempunyai satu jenis warna. Bunga mawar mempunyai variasi warna mulai dari warna putih, kuning, pink, sampai bunga mawar yang mempunyai warna biru.

Bahkan menurut wikipedia, terdapat lebih dari 100 spesies mawar. wow!!.  Pastinya perpaduan bentuk dan warna bunga mawar menghasilkan sebuah kombinasi yang sangat cantik. Walaupun bunga mawar ini mempunyai aroma harum yag tak terlalu tajam, tapi tetap saja keindahannya mempunyai banyak peminat.

Menanam bunga mawar di halaman rumah

Tips Menanam Bunga Mawar

Bagaimana? apakah sekarang kamu birminat untuk memulai menanam si cantik bunga mawar ini di halaman rumahmu? Bila kamu tertarik, sebaiknya perhatikan hal-hal penting berikut untuk menuntunmu mengetahui cara menanam bunga mawar yang baik. Berikut beberapa tips menanam mawar yang harus kamu ketahui sebelum menanamnya:

  1. Beli bibit atau benih mawar yang sesuai tempat menanammu.

Jangan asal beli bibit. Tidak semua jenis bunga mawar dapat tumbuh di segala iklim. Tanyakan juga kepada penjual bibitnya apakah bibit mawar tersebut butuh ketinggian khusus agar dapat tumbuh subur?

  1. Persiapkan media tanam yang baik.

Sebelum menanam bunga mawar, alangkah baiknya jika kamu sudah mempersiapkan media tanam bunga mawar tersebut. Tanaman mawar sangat cocok tmbuh pada tanah liat berpasir (kandungan litany sebesar 20-30 %), subur, gembur, banyak bahan organik, aerasi dan memiliki drainase yang baik.

  1. Mau menanam bunga mawar di dalam pot/ polybag atau langsung di pekarangan/ halaman rumah?

Perhatikan cara menanam bunga mawar yang baik. Jika hanya sebagai hiasan, baiknya menanam bunga mawar di pot saja. Tapi bila kamu ingin menanam bunga mawar di halaman rumah langsung, pastikan posisinya agar tidak sering terkena paparan sinar matahari langsung.

Cara Menanam Bunga Mawar yang Tepat

Pada dasarnya, cara cara menanam bunga mawar berdasarkan tempatnya terdapat 2 metode, yaitu menanam bunga mawar di dalam pot, atau menamam bunga mawar di polybag. tapi berdasarkan jenis pembibitannya, cara menanam bunga mawar bisa dengan bibit ataupun teknik stek.

Cara menanam bunga mawar dengan bibit.

Bila kamu pemula dan baru akan menanam bunga mawar, sebaiknya kamu menggunakan teknik bibit saja karena lebih mudah. bibitnya bisa kamu beli di toko-toko bibit bunga terdekat. Kisaran harganya ialah antara sepuluh sampai dua puluh ribu saja untuk mendapatkan bibit bunga mawar yang sehat.

Sehabis itu langkah berikutnya yang mesti kamu lakukan yaitu dengan mempersiapkan pot sebagai wadah atau tempat menanam bunga mawar ini. Tetapi, kamu juga bisa menanamnya langsung pada tanah di pekarangan kamu. tapi untuk pemula saya sarankan untuk menggunakan pot agar perawatannya lebih mudah.

Setelah pot sudah siap, campurkan tanah dengan pupuk kandang. perbandingannya cukup 1:6 saja, jangan terlalu banyak pupuk untuk bibit yang masih muda. setelah itu bibit bunga awar siap ditanam.

Cara menanam bunga mawar dengan stek.

Cara yang kedua yaitu dengan memakai teknik stek. Cara menanam bunga mawar dengan stek sesungguhnya cukup  mudah. Walaupun mudah namun dibutuhkan teknik yang tepat supaya mengurangi risiko kegagalan nantinya. Oleh sebab itu kami akan memberikan teknik jitu cara stek tanaman mawar supaya cepat berbunga.

  1. Pertama siapkan siapkan media tanam dulu. media tanam yang dipakai ialah tanah, kulit padi dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Sesudah semua itu disiapkan lalu aduk sampai rata dan masukan kedalam polybag berukuran sedang.
  2. Sesudah media tanam siap lalu tentukan tanaman mawar yang akan di stek. Ada beberapa persyaratan memilih tanaman mawar yang akan di stek yaitu pilihlah batang tanaman yang telah tua dan jangan coba-coba memakai batang muda sebab sia-sia tanaman tak akan bertahan lama.
  3. Ciri-ciri batang yang telah tua dapat dilihat pada durinya, apabila duri warnanya hitam berarti batang tersebut telah tua. Sedangkan pada batang muda durinya masih warnanya merah jambu. Cara stek tanaman yang kami anjurkan ini memang sudah terbukti berhasil asalkan teknik yang kami sarankan dilakukan dengan tepat.
  4. Langkah berikutnya yaitu potong batang mawar yang telah tua sekitar satu jengkal dari ujung batang dengan memakai gunting atau pisau yang tajam. Potonglah batang tersebut dengan cara meruncing supaya akar cepat tumbuh.
  5. Berikutnya pindahkan potongan batang tersebut kedalam media tanam yang sudah disiapkan dengan kedalaman 5-7 cm. Sehabis itu letakan tanaman pada tempat yang terkena sinar matahari langsung.
  6. Pemeliharaannya supaya tanaman cepat berbunga adalah dengan menyiram tanaman secara teratur setiap pagi dan sore hari. Berikan pupuk susulan setiap sebulan sekali.

Jika penyetekan berhasil, pindahkan batang hasil penyetekan ke pot. Sebelumnya, jangan lupa untuk menyediakan media tanam yang bagus untuk tumbuhnya tanaman bunga mawar ini. Pakai tanah gembur, dapat juga dicampur dengan sekam.

Jangan sampai lupa untuk mencampurkan pupuk kandang pada media tanam yang tadi telah dijelaskan. Bila kamu mau menanam tanaman bunga mawar langsung pada tanah pekarangan rumah kamu, jangan sembarangan memilih area untuk menanam tanaman bunga mawar.

Cara Menanam Bunga Mawar di Dalam Pot atau Polybag

Untuk Anda yang tertarik untuk menanam bunga mawar tetapi tidak punya halaman rumah yang luas, kamu tetap bisa menanam bunga yang cantik ini pada dalam pot. Ya, tentu tekhnik ini telah banyak digunakan oleh banyak penanam bunga mawar. pemakaian pot merupakan cara yang cukup berhasil untuk mempunyai tanaman hias meski tanpa mempunyai tanah halaman yang luas.

Pada umumnya, untuk menanam bunga mawar kita dapat memakai teknik stek untuk mendapatkan bibit bunga mawar. Agar mendapatkan bibit bunga mawar yang baik, pilih batang bunga mawar yang telah cukup kuat dan yang telah mempunyai lingkar batang yang lumayan besar. Akan lebih baik lagi bila memilih batang yang ada di dekat pangkal tanaman bunga mawar.

Bila kamu salah dalam memilih batang untuk di stek, seperti memilih batang bunga mawar yang masih kecil atau terlalu muda, Teknik stek ini tak akan sukses. Bahkan batang bunga mawar tersebut hanya akan membusuk dan layu.

Pemilihan Pot atau Polybag Untuk Menanam Bunga Mawar

Berikutnya, kamu dapat mempersiapkan pot sebagai tempat menanam bunga mawar. Pilih pot yang cocok dengan kemauan kamu. Tetapi, perlu diingat bahwa kamu juga perlu memperhatikan pot/polybag yang dipakai.

Jangan asal pilih pot. Kamu haruslah memilih pot yang mempunyai  lubang untuk air mengalir. Untuk pemilihan media tanam bunga mawar sendiri, pakai campuran tanah humus dengan pupuk kompos. Kombinasi ini akan jadi media tanam yang amat tepat untuk tumbuhnya bunga mawar.

Cara Menanam Bunga Mawar di Halaman/ Pekarangan

Sebenarnya cara menanam bunga mawar secara langsung tidak jauh berbeda dengan cara menanam bunga mawar di dalam pot atau polybag. Tapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

  • Pastikan area menanam bunga mawarnya tidak terkena paparan sinar matahari langsung.
  • Pilih lokasi yang pada saat hujan tidak akan tergenang air dan tanahnya tidak udah terbawa air atau longsor
  • Sebaiknya pilih yang tanahnya lembab dan tidak kering.

Untuk perawatannya, sebaiknya bunga mawar ini ditempatkan di tempat yang tidak terkena paparan cahaya matahari secara langsung.

Lihat di sini berbagai jenis tanaman mawar kami.

2 thoughts on “3 Tips dan Cara Menanam Bunga Mawar yang Tepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA