5 Tanaman yang harus dihindari dari Taman Anda

tanaman pengganggu

Memiliki taman di halaman rumah yang berbunga indah nan cantik menjadi idaman hampir setiap keluarga, apalagi pecinta tanaman. Namun tidak semua tanaman cantik memiliki manfaat bahkan ada juga yang bersifat perusak, jadi anda harus berhati-hati dalam memilih tanaman yang akan ditanam di taman anda.

Bercocok tanam atau berkebun memang tidak harus memiliki keahlian khusus, tetapi wajib memiliki pengetahuan tentang tanaman. Bagi anda yang ingin memiliki taman di halaman rumah, maka anda harus menghindari 5 tanaman berikut ini.

5 Tanaman Perusak Taman

1. Rose of Sharon

tanaman penggangguJangan tertipu dengan keindahannya. Tanaman dari keluarga blossom ini ternyata memiliki karakteristik yang buruk. Karena daya tahannya yang sangat luar biasa, tanaman ini dapat tumbuh dengan kondisi yang sangat minim air dan tanah yang kering sekalipun, sehingga dapat berkembang sangat cepat bahkan dapat menyingkirkan tanaman lain disekitarnya.

Jadi, jika anda biarkan tanaman ini berada di taman maka dapat dipastikan tanaman lain yang anda tanam disekitarnya dapat tergusur oleh Rose Sharon karena kehilangan nutrisi untuk tumbuh dan mati.

2. Ivy

tanaman hias rambat ivyIvy adalah jenis tanaman rambat yang mungkin akan berguna untuk menghias sekeliling taman rumah anda. Tetapi perkembangannya yang sangat cepat malah dapat merusak segala sesuatu yang dirambatinya.

Coba saja anda tanam Ivy di pinggir tembok, dalam waktu 6 bulan saja tembok anda akan segera tertutupi oleh tanaman ini, belum lagi jika anda tidak merawatnya dengan baik maka bisa merusak keindahan taman anda.

Bukannya keindahan yang didapat malah kesemrawutan yang ada dan  taman anda akan terlihat kumuh karenanya.

3. PachySandra

tanaman parasitIni adalah jenis tanaman liar, banyak sekali ditemui di pinggir-pinggir sungai. Memang tampak indah jika kita melihatnya dari kejauhan pada hamparan tanah yang luas. Tetapi jika taman anda memeliharanya, bakal rusak tanaman yang ada disekitarnya.

Pertumbuhannya sangat cepat, selain itu unsur hara tanah akan cepat habis. Ketika tanaman ini mati, daunnya akan tampak hitam dan tampak ada lubang-lubang pada tanah yang dapat mendatangkan hama dan penyakit bagi tanaman lainnya.

4. Yellow Hibiscus

tanaman parasit hibiscusSekali lagi jangan tertipu dengan kecantikan warna bunganya. Dibalik itu ada sesuatu yang dapat mengakibatkan kematian bagi tanaman lain. Kenapa demikian?

Yellow Hibiscus merupakan jenis tanaman tropis yang membutuhkan banyak air untuk hidup jadi jika di tanaman ini di taman anda yang kurang pengairannya maka semua unsur hara tanah disekitarnya akan terserap habis, sehingga tanaman lain tidak kebagian nutrisi untuk hidup dan akibatnya tanaman disekitarnya tidak akan tumbuh baik bahkan akan mengalami kematian akibat kekeringan yang melanda.

5. Bindweed

tanaman perusak akarTanaman ini juga disebut convolvulus tricolor. Memili sifat penjelajah dengan daya tahan yang sangat kuat, meskipun tanaman ini berbunga tetapi juga memiliki sifat perusak.

Blindweed juga merupakan tanaman liar dengan pengakaran yang sangat kuat sehingga tidak mudah membersihkannya.

Tanaman ini juga mengakibatkan tanaman lain mengalami kekeringan akibat akar tanamannya diganggu oleh akar blindweed ini. Jadi sangat dianjurkan untuk tidak menanam tanaman ini di taman anda karena dapat mengakibatkan perusakan tanah akibat pengakaran yang menjalar.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *