7 Jenis Tanaman Tahan Panas Matahari dan Udara Kering

Menanam tanaman hias di pekarangan ataupun juga halaman rumah saat ini sudah menjadi salah satu hobi yang menyenangkan dan juga menyehatkan. Selain karena bisa memperindah pekarangan ataupun lingkungan yang ada di sekitar rumah kita, juga dapat membuat lingkungan menjadi lebih indah dan asri, serta dapat menghilangkan potensi stress ataupun beban pikiran yang ada di dalam diri kita. Akan tetapi, jika lingkungan di daerah kita memiliki kondisi udara yang kering ataupun sering mendapatkan panas sinar matahari langsung, akan membuat tanaman berpotensi untuk cepat layu dan akhirnya mati. Memilih tanaman yang cocok dengan lingkungan di sekitar kita tentunya sangat penting agar mempermudah kita dalam menanam maupun merawat tanaman tersebut. Tanaman tahan panas biasanya menjadi pilihan bagi banyak orang terutama jika lingkungan kita adalah lingkungan yang kering dan sering terkena sinar matahari.

Jika lingkungan di sekitar atau di daerah Anda termasuk panas dan kering atau lebih sering mengalami kedua hal tersebut dibandingkan cuaca hujan atau lembab, di sini kami akan memberikan info mengenai jenis tanaman hias tahan panas dan cuaca kering yang bisa Anda pilih untuk ditanam di pekarangan atau sekitar rumah. Tanaman tahan panas berikut juga sangat mudah untuk Anda tanam maupun Anda rawat, serta Anda juga bisa dengan mudah untuk mendapatkannya di toko tanaman hias atau toko pertanian. Sebelum kita membahas jenis-jenis tanaman hias terlebih dahulu silahkan klik disini untuk melihat berbagai macam produk tanaman hias yang kami punya.

Jenis Tanaman Hias Tahan Panas dan Udara Kering

Tanaman Kaktus

Tanaman tahan panas dan cuaca kering yang pertama adalah tanaman Kaktus. Tanaman ini merupakan tumbuhan yang memang telah banyak dikenal akan daya tahannya terhadap kondisi cuaca panas dan kering. Hal ini memang tidaklah mengherankan mengingat habitat asli dari tanaman ini merupakan tempat yang panas dan kering seperti gurun ataupun padang savana yang kering. Tanaman kaktus mampu menyimpan air di tempat khusus sebagai cadangan air yang membuat tanaman tersebut mampu bertahan hidup lebih lama.

Saat ini sudah ada banyak sekali jenis kaktus dan yang paling populer adalah kaktus mini karena bentuknya yang unik dan varietasnya yang banyak. Anda bisa menanamnya di dalam pot ataupun langsung di area lahan.

Tanaman Beringin Hias (Bonsai)

Tanaman yang satu ini juga sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Tanaman yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan tinggi ini bisa dan sering dijadikan sebagai tanaman hias bonsai karena bentuk akar maupun pohonnya yang terlihat unik dan artistik. Tanaman jenis ini juga memiliki daya tahan yang tinggi terhadap cuaca yang cukup ekstrim. Perawatan tanaman ini tidaklah terlampau sulit asalkan Anda bisa merawatnya dengan benar dan tepat.

Cemara

Cemara merupakan salah satu tanaman tahan panas yang juga memiliki daya tahan yang tinggi. Walau berasal dari wilayah atau iklim yang dingin, tanaman cemara juga dapat tumbuh dengan subur di daerah yang memiliki iklim kering atau panas. Walau memiliki daya tahan yang cukup tinggi terhadap panas, namun Anda tetap harus memberikan asupan air yang cukup agar pertumbuhan dari tanaman cemara tidaklah terganggu dan bisa tumbuh dengan maksimal.

Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua termasuk tanaman hias tahan panas yang banyak ditanam oleh para penggemar tanaman di tanah air. Tanaman tahan panas yang satu ini bisa tumbuh di berbagai kondisi cuaca baik itu lembab maupun kering. Selain itu lidah mertua juga bisa tumbuh di kondisi sinar matahari yang menyengat maupun sinar matahari yang minim.

Tanaman ini sering ditanam karena juga memiliki beberapa manfaat di antaranya bisa untuk membersihkan udara di sekitar rumah kita menjadi lebih bersih. Tanaman lidah mertua juga dipercaya memiliki beberapa khasiat kesehatan.

Palem

Tanaman Palem termasuk tanaman hias tahan panas yang bisa anda tanam di sekitar taman, rumah ataupun pekarangan. Tanaman ini tidak membutuhkan banyak air dan dapat tumbuh di kondisi yang kurang baik sekalipun. Hal tersebut yang membuat tanaman palem sering ditanam di taman atapun di pinggir jalan.

Bunga Kertas (Bougenville)

Tanaman tahan panas selanjutnya adalah tanaman bunga kertas atau dikenal dengan nama Bougenville. Tanaman ini tergolong sangat mudah untuk kita tanam maupun kita rawat. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di cuaca panas maupun kering dan tidak memerlukan asupan air yang banyak karena bisa mengambil dari dalam tanah. Tanaman ini tidak memerlukan perawatan yang rumit serta memiliki bunga yang terlihat cantik dan indah dipandang mata.

Bunga Euphorbia

Tanaman terakhir yang termasuk tanaman hias tahan panas adalah bunga Euphorbia. Bunga ini sangat menyukai sinar matahari dan dapat tumbuh dengan baik walau terus berada di terik matahari langsung. Justru pertumbuhannya akan menjadi terhambat jika tanaman ini tidak ditaruh di bawah sinar matahari langsung. Tanaman ini juga mudah untuk ditanam dan perawatannya juga sangat mudah.

Itulah beberapa jenis tanaman tahan panas ataupun cuaca kering yang bisa Anda pilih untuk ditanam atau ditempatkan di sekitar rumah, pekarangan, ataupun di sekitaran taman.

Jangan lupa klik disini yukk untuk melihat aneka bibit tanaman hias yang kami punya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Maaf mengganggu, apakah Anda ingin diinfokan setiap ada promo yang berlangsung? Jika YA, silahkan daftarkan email Anda sekarang.

Daftarkan Sekarang 
close-link