Cara Menanam Tomat dengan Mudah di Dalam Polybag atau Pot

Tanaman tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki struktur buah yang sangat dibutuhkan dan banyak dicari oleh banyak orang sebagai bahan makanan. Buah tomat memiliki banyak manfaat bagi kita. Selain sebagai bahan makanan atau bumbu dapur, buah tomat juga memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita, yang salah satunya adalah sebagai sumber vitamin A yang tinggi.

Budidaya tomat juga sudah banyak dilakukan oleh para petani ataupun pengusaha tanaman. Menaman tanaman tomat bisa dilakukan diarea lahan maupun di wadah seperti polybag atau pot. Penggunaan polybag atau pot biasanya sering dilakukan karena terbatasnya lahan atau pekarangan. Buat Anda yang ingin menanam tomat di pekarangan rumah atau Anda yang ingin membudidayakan tanaman tomat namun terbatas akan lahan, kami akan memberikan info mengenai cara menanam tomat dengan mudah di dalam pot ataupun polybag.

Cara menanam tomat tidaklah rumit dan sulit untuk dilakukan. Caranya tidaklah berbeda dengan ditanam di area lahan. Yang terpenting adalah mengetahui cara yang benar dan tentu saja ketekunan dari Anda agar tanaman tomat dapat tumbuh dengan subur dan baik serta memiliki buah yang berkualitas.

Anda bisa klik disini untuk melihat aneka bibit tanaman tomat yang kami jual.

Cara Menanam Tomat Di Polybag dan Pot

Berikut ini cara menanam tomat dengan memanfaatkan wadah polybag atau juga bisa menggunakan pot yang bisa Anda tempatkan di sekeliling rumah atau area yang terbatas. Ada 5 tahapan dalam menanam tanaman tomat yang harus Anda perhatikan dan cermati.

Memilih Bibit Tomat

Tahapan pertama dalam cara menaman tanaman tomat adalah memilih bibit buah tomat yang tepat dan sesuai agar nantinya dapat tumbuh menjadi tanaman tomat yang sehat dan bisa menghasilkan tomat yang baik. Dalam memilih bibit tomat, sebaiknya jauhi bibit yang memiliki cacat dan juga pilih yang bebas dari berbagai penyakit. Ada beberapa kriteria dalam memilih bibit, yaitu:

  • Pilihlah buah tomat dengan ukuran yang besar dan sehat
  • Pilih buah yang telah matang dengan sempurna
  • Tidak ada cacat fisik atau luka luar
  • Biji tomat memiliki ukuran yang besar dan tidak terapung saat direndam

Jika tidak ingin repot dalam memilih bbibit, Anda juga bisa membeli bibit tomat dengan kualitas yang baik di toko pertanian atau di toko online yang menjual bibit tanaman.

Penyemaian Biji Tomat

Setelah kita memilih bibit yang tepat dan sesuai dengan kriteria, kini saatnya kita untuk melakukan penyemaian.  Pertama-tama bibit tomat direndam di dalam air yang sebelumnya telah dicampur dengan fungisida. Tujuannya adalah untuk menghilangkan hama dan juga potensi penyakit yang ada di dalam bibit tomat.

Setelah direndam selama beberapa saat lamanya, siapkan media semai yang bisa berupa tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. Buat lubang di dalam media semai dengan mengguanakn jari dengan kedalaman kurang lebih 2 sampai 3 cm.  Masukan bibit tomat kedalam lubang, dan tutup kembali dengan tanah. Taruh media semai di tempat yang teduh atau gunakan plastik untuk menutupinya. Siram setiap hari pada waktu pagi dan juga sore hari. Setelah 7 hari, biasanya sudah mulai tumbuh kecambah. Pindahkan setelah lewat masa 20 hari sejak ditaruh di media semai.

Persiapan Media Tanam dan Wadah Tanam

Selanjutnya dalam cara menanam tomat di dalam pot atau polybag adalah memilih media tanam atau wadahnya. Anda bisa menggunakan beragam jenis pot atau juga polybag dengan ukuran yang sesuai dengan tanaman tomat. Jika menggunakan pot, sebaiknya memilih yang menggunakan bahan tanah liat yang memiliki sirkulasi udara dan air yang lebih baik.

Untuk media tanam yang digunakan merupakan campuran dari pasir, tanah, serta pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan (1 : 1 : 1).

Penanaman di dalam Pot atau Polybag

Sekarang kita masuk ketahapan penanaman bibit tomat yang telah disemai kedalam polybag atau pot. Bibit yang telah berumur lebih dari 20 hari kemudian akan kita pindahkan kewadah tanam. Cara menanam tomat yang baik saat penanaman harus dilakukan dengan hati-hati dan perlahan agar kita tidak merusak akar dari bibit tomat tersebut. Pindahkan bibit kedalam pot atau polybag dengan akar yang masih untuh bersama tanah yang masih menempel dibibit tomat.

Perawatan Dan Masa Panen

Perawatan dari tanaman tomat tergolong mudah, apalagi jika ditanam di dalam pot atau polybag karena akan terhindar dari penyakit yang menjangkit lewat akar. Yang penting tanaman tomat harus dijaga agar selalu tetap basah. Setidaknya tanaman tersebut harus disiram sekitar 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore. Jangan pula terlalu basah untuk menghidari penyakit busuk akar.

Bersihkan juga dari gulma dan tanaman liar secara berkala dan juga cabut tanaman yang mati atau layu. Penyemprotan bisa dilakukan apabila diperlukan saja dan apabila serangan hama sudah terlalu parah.

Masa panen dari tanaman tomat sekitar 3 bulan lamanya dan tergantung pula dari jenis varietas tomat tersebut. Buah tomat tidak matang secara berbarengan. Anda bisa memetik setiap waktu 3 hari sekali dan dilakukan pada waktu pagi ataupun sore hari saat matahari tidak terlalu terik.

Produk yang terkait:

Aneka produk bibit tanaman tomat.

Aneka produk polybag.

Aneka produk pot bunga / tanaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Maaf mengganggu, apakah Anda ingin diinfokan setiap ada promo yang berlangsung? Jika YA, silahkan daftarkan email Anda sekarang.

Daftarkan Sekarang 
close-link