Cara Menanam Bawang Putih di Pekarangan dengan Benar

Setelah kami memberikan informasi mengenai cara menanam bawang merah, kali ini bibitonline akan memberikan tips dan langkah-langkah cara menanam bawang putih dengan tepat agar dapat menghasilkan lebih banyak dengan kualitas yang lebih baik. Seperti bawang merah, bawang putih juga termasuk bumbu dapur yang sangat penting dan diperlukan oleh banyak orang sebagai tambahan bumbu dapur, atau juga bahkan bisa digunakan sebagai salah satu obat alternatif. Salah satu fungsi dalam kesehatan adalah untuk mengatasi sakit gigi, rematik, flu, darah tinggi dan manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari bawang putih.

Berikut ini adalah tips dan langkah cara menanam bawang putih yang tepat. Tanaman bawang putih bisa Anda tanam baik di dalam pot, polybag ataupun di area lahan. Di sini kami akan lebih fokus untunk menanam bawang putih di area lahan yang Anda miliki.

Cara Menanam Tanaman Bawang Putih

Dalam menanam bawang putih terutama di area lahan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Untuk proses penanamannya sendiri terdiri atas beberapa fase atau tahapan, di antaranya adalah persiapan lahan dan media tanam, penanaman, pemupukan bawang putih, pengairan, perawatan dan yang terakhir adalah masa panen dari bawang putih. Cara menanam bawang putih mungkin terlihat sedikit rumit namun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tanaman lainnya.

Persiapan Lahan

Pertama-tama Anda harus memilih dan menggunakan lahan yang tepat agar tanaman bawang putih bisa tumbuh dengan baik. Untuk bawang putih, lahan atau tanah yang paling baik dan disukai adalah jenis tanah yang memiliki tekstur lempung pasir dan gembur dengan nilai pH antara 5,5 hingga 7. Tanah tersebut kemudian dibersihkan dari tanaman lain yang ada dan juga tanaman liar dengan cara dibajak dengan kedalaman sekitar 30 cm. Setelah itu, buat bedengan di atas lahan dengan ukuran lebar sekitar kurang lebih 100 cm dengan tinggi sekitar 40 cm, sedangkan ukurang panjang tentunya disesuaikan dengan luas dari lahan yang Anda miliki. Tidak lupa dibuat parit di sekitar bedengan untuk mengalirkan air dan juga untuk menjaga agar tanaman tidak tenggelam saat hujan datang.

Pemilihan Bibit Bawang Putih

Selanjutnya langkah dan cara menanam tanaman bawang putih adalah dengan memilih bibit bawang putih yang baik dan tepat. Bibit bawang putih harulah memiliki ukurang yang seragam dan juga tidak rusak ataupun memiliki penyakit. Bibit juga harus bersih dan tidak ada ulat ataupuh hewan yang ada di permukaannya.

Penanaman Bawang Putih

Sekarang kita menuju ke proses penanaman dari bawang putih. Bibit atau umbi bawang putih ditempatkan di dalam tanah atau lahan yang telah kita siapkan sebelumnya yang ditaruh dengan kedalaman sekitar 2 sampai 3 cm. Jarak tanaman antar umbi disesuaikan dengan ukuran dari umbi tersebut. Contohnya jika berat umbi lebih kecil dari 1,5 gram, maka jarak antar umbi sekitar 20 x 20 cm. Jika kurang dari 1,5 gram maka jarak tanamnya akan menjadi lebih kecil sekitar 15 x 15 cm.

Pemupukan

Langkah cara menanam bawang putih yang selanjutnya adalah pemberian pupuk. Dalam budidaya tanaman bawang putih, kita menggunakan dua jenis pupuk yaitu pupuk non-organik dan juga pupuk organik. Pupuk yang digunakan bisa memakai pupuk kandang ayam dengan ukuran dosis 10-20 ton per hektar atau pupuk kandang kambing dengan ukuran dosis 30 ton per hektar. Untuk pupuk non-organik mengunakan 200 kg N, 60 kg K20, 180 kg P2O5 dan juga 142 kg S setiap hektarnya. Khusus untuk pupuk nitrogen digunakan 3 kali pada saat penanaman, pembentukan tunas dan juga saat pembentukan umbi.

Lihat aneka produk pupuk organik yang kami jual disini.

Pengairan

Cara pengairan untuk tanaman bawang putih adalah dengan mengairi parit yang ada di sekitar bedengan dengan air. Pada saat awal-awal penanaman, pemberian air sebaiknya dilakukan setiap 2 sampai 3 hari sekali. Namun jika sudah ada tunas hingga terbentuk umbi, pengairan dilakukan setiap 7 sampai 15 hari sekali. Pemberian air bisa dihentikan setelah umbi sudah terbentuk atau pada 10 hari sebelum tanaman bawang putih dipanen.

Masa Panen

Masa panen dari tanaman bawang putih biasanya berbeda tergantung dari jenis atau variatasnya. Akan tetapi rata-rata waktu panen dari bawang putih adalah sekitar 90 sampai 120 hari lamanya. Ada beberapa tanda atau ciri apakah bawang putih sudah siap panen atau belum. Di antaranya yaitu adanya perubahan warna pada daun yang awalnya hijau berubah menjadi warna kuning. Panen bawang putih dilakukan dengan cara mencabut tanaman dengan tangan di saat cuaca cerah.

Cek yuk aneka produk tanaman bawang yang kami jual disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA