8 Tanaman Obat Vertigo Paling Mujarab

Mungkin Anda selama ini mengira bahwa vertigo sama dengan migrain. Walaupun memang gejalanya sebagian besar sama, yaitu adanya gangguan ilusi yang membuat obyek sekitar terasa berputar-putar, namun ternyata migrain dan vertigo merupakan 2 penyakit yang berbeda. Vertigo merupakan sebuah gejala yang disebabkan karena adanya gangguan keseimbangan pada organ telinga bagian dalam yang biasa disebut sebagai vestibular atau bisa juga karena adanya gangguan keseimbangan pada otak. Selain adanya gangguan keseimbangan pada vestibular dan otak, vertigo juga bisa disebabkan oleh adanya peradangan pada bagian dalam telinga. Nah, yang jadi pertanyaan adalah, apa yang bisa menyebabkan adanya gangguan keseimbangan dan peradangan pada organ bagian dalam telinga?

Penyebab Vertigo

  • Penggunaan obat-obatan kimia yang berlebihan atau terkena paparan zat-zat yang berbahaya seperti timah, merkuri, dan timbal. Zat-zat kimia yang berbahaya tersebut akan menyebabkan ototoksitas yang akan menyebabkan kerusakan pada telinga bagian dalam Anda.
  • Adanya gangguan pada telinga bagian dalam Anda.
  • Adanya infeksi dan juga peradangan yang biasanya dilakukan oleh virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh Anda.
  • Penggunaan antibiotik seperti streptomisin dan gentamisin secara terus menerus yang akan menyebabkan ototoksitas atau kerusakan pada telinga bagian dalam Anda.
  • Adanya pengaruh lingkungan, semisal mabuk udara, mabuk darat, atau mabuk laut.
  • Anda memiliki riwayat penyakit transient ischemic attack atau penyakit yang membuat fungsi dan kinerja otak terganggu. Nah, gangguan ini biasanya menyebabkan sirkulasi darah ke otak menjadi terhambat yang kemudian menyebabkan timbulnya gangguan keseimbangan pada otak.

Gejala Vertigo

  • Gejala vertigo paling jelas adalah adanya ilusi bahwa diri Anda seakan-akan berputar-putar atau justru lingkungan di sekitar Anda yang berputar-putar.
  • Adanya rasa mual dan ingin muntah secara terus menerus.
  • Telinga berdenging secara tiba-tiba yang disertai dengan munculnya keringat dingin pada kulit Anda.
  • Karena adanya ilusi berputar-putar, maka Anda menjadi kesulitan dalam berjalan dan bahkan Anda merasa bahwa diri Anda mau roboh.
  • Memiliki masalah dalam memfokuskan pandangan dan juga Anda menjadi kesulitan dalam berbicara.

Nah, setelah Anda mengetahui berbagai penyebab serta gejala vertigo diatas, maka tentunya Anda sudah bisa mengukur apakah Anda memiliki riwayat vertigo ataukah tidak. Bagaimana jika seandainya Anda memiliki riwayat penyakit vertigo? Bisakah vertigo disembuhkan? Patut diketahui bahwa vertigo bukanlah penyakit, namun lebih kepada suatu gejala. Oleh karena itu, tentu saja vertigo dapat disembuhkan. Anda bisa menyembuhkan vertigo dengan memanfaatkan tanaman herbal yang ada di sekitar Anda. Apa sajakah tanaman yang berfungsi untuk menyembuhkan vertigo?

Tanaman Obat Vertigo

Bunga Melati

Siapa yang tidak kenal bunga melati? Bunga yang satu ini merupakan bunga yang sangat terkenal di Indonesia selain bunga mawar. Nah, ternyata selain digunakan sebagai teh herbal, bunga melati dan bagian daunnya memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mengatasi vertigo. Bunga melati mengandung minyak atsiri yang dapat berperan sebagai anti-depressan yang meredakan perasaan mual dan juga memperlancar peredaran darah, sehingga akan membantu Anda untuk mengatasi gejala vertigo.

Bunga melati sebagai salah satu obat vertigo

Untuk menggunakannya cukup mudah, Anda tinggal menyiapkan segenggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati. Setelah itu, Anda remas-remas semua bahan tersebut dan taburkan pada air. Nah, air rendaman daun dan bunga melati tersebut dapat Anda gunakan sebagai obat vertigo dengan mengoleskannya pada kening dan pelipis Anda.

Sambiloto

Sambiloto merupakan salah satu tanaman liar yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Atas alasan itulah, sambiloto saat ini sudah sering dijadikan salah satu bahan baku pembuatan jamu. Ternyata, sambiloto juga merupakan tanaman obat vertigo. Hal tersebit dikarenakan daun sambiloto mengandung flavonoid yang memiliki kemampuan luar biasa sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan juga mematikan virus dan kontaminan asing dalam tubuh. Nah, biasanya vertigo disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, sehingga memanfaatkan daun sambiloto memang pantas dijadikan solusi.

Cocor bebek sebagai salah satu obat vertigo

Cara menggunakan sambiloto untuk mengatasi vertigo sangat mudah, dimana Anda tinggal menyiapkan 3-5 helai daun dambiloto, kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Jika sudah mendidih, saring airnya dan dinginkan sejenak. Setelah dingin, maka Anda bisa meminumnya secara langsung. Sambiloto ini bisa diminum hingga 3 kali dalam sehari.

Cocor Bebek

Tahukah Anda apa itu tanaman cocor bebek? Tanaman cocor bebek ini biasanya lebih sering digunakan sebagai tanaman hias. Nah, tanaman ini dinamakan cocor bebek karena memang bentuk daunnya yang memanjang, memiliki pinggir yang seolah bergerigi, dan ujung daun yang tumpul sehingga mirip dengan lidah bebek. Tanaman ini ampuh digunakan sebagai obat alami vertigo karena kandungan flavonoidnya yang sangat tinggi, dimana flavonoid ini akan mematikan virus-virus di dalam tubuh, sehingga akan membantu untuk mengurangi gejala vertigo.

Cocor bebek sebagai salah satu obat vertigo

Cara menggunakan cocor bebek untuk mengobati vertigo juga mudah, dimana Anda cukup mengambil 10 helai daun cocor bebek kemudian tumbuk halus daun-daun tersebut. Agar dapat dioleskan, maka tambahkan dengan air garam sedikit saja. Jika sudah, maka oleskan campuran daun cocor bebek dan air garam di kening dan pelipis Anda 1 atau 2 kali dalam sehari.

Ginkgo Biloba

Siapa yang tidak kenal tanaman herbal asal Tiongkok ini? Ginkgo biloba memang sudah sangat terkenal akan khasiatnya untuk kesehatan tubuh, sehingga tidak heran jika tanaman ini sangat sering dijadikan sebagai tanaman obat. Ginkgo biloba akan sangat ampuh sebagai tanaman obat vertigo karena tanaman ini mampu memperlancar sirkulasi peredaran darah, termasuk di area sekitar telinga dan otak Anda, sehingga keseimbangan Anda akan terjaga dan gejala-gejala vertigo akan menghilang.

Untuk merasakan khasiat ginkgo biloba ini, maka Anda bisa membeli ekstrak tanaman ini di berbagai apotik terdekat. Alternatif lain, Anda bisa menyiapkan 4-5 helai daun gingko biloba, kemudian rebus dengan 3 gelas air. Jika sudah mendidih dan air tinggal tersisa 1 gelas, maka Anda bisa mendinginkannya sejenak dan kemudian langsung mengkonsumsinya.

Pegagan

Tanaman pegagan selama ini sering dianggap sebagai tanaman liar yang biasa tumbuh di pinggir jalan ataupun di pinggir sungai. Nah, ternyata tanaman liar yang bisa juga disebut sebagai kaki kuda ini sangat bermanfaat untuk mengatasi gejala vertigo. Tanaman pegagan memiliki efek anti-infeksi, anti-toxic, dan anti-bakteri yang membuat tanaman ini sangat ampuh untuk mengatasi bakteri yang dapat menginfeksi telinga dalam Anda. Hasilnya, tentu saja gejala-gejala vertigo yang Anda rasakan bisa segera reda.

Menggunakan tanaman pegagan sebagai tanaman obat vertigo sangat mudah. Anda cukup menyiapkan segenggam daun pegagan, kemudian masukkan ke dalam panci yang diisi 3 gelas. Setelah itu, rebus air tersebut dan tunggu hingga air tinggal tersisa 1 gelas. Jika sudah tersisa 1 gelas, maka saring air tersebut dan konsumsi dengan segera. Untuk memperkaya rasa, maka Anda bisa menambahkan 1 sendok teh madu ke dalam ramuan tradisional tersebut.

Kembang Sepatu

Kembang sepatu merupakan tanaman dengan bunga yang sangat indah karena memiliki bentuk yang menyerupai lonceng dan juga memiliki variasi warna yang bermacam-macam. Tanaman ini dinamakan kembang sepatu mengingat pada zaman dahulu tanaman ini sering digunakan untuk menyemir sepatu. Nah, selain digunakan sebagai tanaman hias dan media untuk menyemir sepatu, tanaman ini memiliki manfaat yang bagus untuk mengatasi gejala-gejala vertigo.

Tanaman ini mampu mengatasi vertigo karena mengandung banyak kandungan yang bermanfaat seperti flavonoid, saponin, tanin, Vitamin C, glikosida, peptin, dan antosianin. Semua senyawa tersebut mampu mematikan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan juga mampu memperlancar peredaran darah, sehingga gejala-gejala vertigo pun akan lenyap dengan cepat.

Cara menggunakan kembang sepatu untuk mengatasi vertigo sangatlah mudah. Ambil segenggam daun kembang sepatu, kemudian rebuslah ke dalam air yang dimasukkan ke dalam panci. Setelah itu, diamkanlah selama ½ jam. Nah, setelah ½ jam, matikan kompor dan gunakan air rebusan kembang sepatu sebagai kompres di dahi dan juga pelipis Anda.

Jeruk Nipis

Pasti Anda sudah mengenal tanaman herbal yang satu ini. Tanaman jeruk nipis memang sangat mudah untuk ditemui di Indonesia. Nah, tahukah Anda bahwa ternyata buah jeruk nipis yang dihasilkan oleh tanaman ini mampu digunakan sebagai bahan herbal untuk mengatasi vertigo? Jeruk nipis memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk mengatasi vertigo, semisal minyak atsiri yang mampu meredakan mual dan muntah, sehingga gejala vertigo pun akan menghilang. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung glikosida yang akan memperlancar peredaran darah dan meredakan gejala vertigo.

Cara memanfaatkan tanaman jeruk nipis sebagai obat tradisional vertigo sangat mudah. Anda cukup mengambil buah jeruk nipis, kemudian peras airnya dan campurkan dengan air panas atau bisa juga dengan teh. Setelah itu, jangan lupa campurkan sedikit garam, aduk hingga merata, dan konsumsi segera. Anda bisa mengkonsumsi ramuan jeruk nipis sebanyak 2 kali sehari.

Cabe Jawa

Cabe jawa merupakan tanaman yang biasanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Nah, bagian yang paling mencolok dari cabe jawa tentu saja adalah buahnya. Buah pada tanaman ini berbentuk seperti cabe rawit. Ternyata, bagian buah pada tanaman ini sangat bermanfaat untuk mengatasi vertigo. Hal tersebut dikarenakan tanaman ini mengandung zat yang dinamakan piperine. Nah, senyawa piperine ini akan sangat bermanfaat sebagai anti-inflamasi yang akan mencegah infeksi dari bakteri dan virus di tubuh Anda.

Cara memanfaatkan cabe jawa untuk mengatasi vertigo juga cukup mudah. Anda cukup mempersiapkan 5 gram buah cabe jawa yang sudah dikeringkan, kemudian tumbuklah buah tersebut hingga menjadi bubuk. Setelah itu, Anda dapat menyeduh bubuk cabe jawa tersebut dengan air panas, dan konsumsilah dengan segera.

Nah, itulah tadi berbagai macam tanaman obat vertigo yang dapat dengan mudah Anda temukan disekitar Anda. Ternyata ada sangat banyak bukan tanaman disekitar kita yang bermanfaat sebagai obat vertigo? Selamat merasakan khasiat dari tanaman obat tersebut dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diskon 20%
Tak Beruntung
Diskon 5%
Hampir!
Diskon 30%
Diskon 15%
Nyaris!
Produk Gratis
Tanpa hadiah
Diskon 10%
Zonk..!
Diskon 25%
Menangkan Diskon / Mawar Rambat GRATIS
Bagi pengguna baru situs Bibit Online, kami memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa diskon atau tanaman mawar rambat GRATIS (bisa pilih varietas pink atau putih).
  • Jika menang, sebuah kupon akan dikirim ke email Anda
  • Kupon expired setelah 5 jam. Gunakan segera.
  • Kesempatan memutar cuma 1x saja. Semoga beruntung 😘