Benarkah Tanaman Dolar Penyebab Leukemia yang Mematikan

Hai para pecinta tanaman, gimana kabarnya? Semoga dalam keadaan baik… belakangan ini dihebohkan dengan Tanaman dolar yang menyebabkan penyakit leukemia dan mematikan. Penyebab mengenai kabar soal bahaya nya salah satu jenis tanaman hias ini terjadi di situs jejaring sosial. Tanaman dolar sendiri adalah tanaman yang cukup sering dijadikan tanaman penghias rumah.

Silahkan klik disini untuk melihat aneka bibit tanaman dolar yang kami punya.

Zamioculcas zamiifolia atau lebih dikenal dengan nama Zanzibar Gem, ZZ plant dan di indonesia sendiri dikenal dengan sebutan tanaman dolar. Tanaman ini adalah tanaman tropis asal Afrika, asal-usul selengkapnya bisa Anda baca di wikipedia.

Menindaklanjuti kebenaran kabar ini mungkin sebagian orang banyak yang asal berkomentar tidak merujuk literatur atau lembaga yang dapat dipercaya, hanya berdasarkan perkataan si anu, kata temanku, kata ayahku dan sebagian besar orang hanya bilang katanya jadi kesannya malah menakut-nakuti orang, untuk itu berikut pembuktian jikalau kabar tanaman dolar

penyebab leukemia itu tidak benar (Hoax).

Hasil pembuktiaan Tanaman Dolar Penyebab Leukemia

Pesan berantai mengenai tanaman penyebab leukimia itu sudah ramai sejak awal Januari 2016 lalu. Selain dari Indonesia ada juga pesan yang mirip namun menggunakan bahasa melayu (Malaysia). Sumber siapa penyebar pesan juga tidak jelas, karena pesan ini sudah disebar ribuan orang baik itu di Facebook maupun di media sosial lainnya.

Dilansir dari situs detikcom, Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Deden Mudiana mengungkapkan tanaman dolar termasuk ke dalam kelompok suku Araceae (talas-talasan) dengan nama latin Zamioculcas zamiifolia (Lodd.) Engl. Umumnya keluarga talas-talasan biasanya memiliki kandungan senyawa oksalat pada bagian tubuh tanaman. Senyawa oksalat bukanlah senyawa karsinogenik yang menyebabkan kanker.

“Kandungan senyawa oksalat dapat menyebabkan gatal pada bagian tubuh manusia terutama bagi orang yang memiliki kulit yang sensitif,” jelas Deden.

Selain itu, Lulusan pascasarjana Konservasi Biodiversitas Tropika IPB ini juga mengatakan Zamioculcas zamiifolia memiliki daya tarik dari bentuk perawakan dan tampilan daunnya yang mengkilap sehingga banyak orang yang tertarik menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias.

“Pemeliharaannya relatif mudah dan dapat diperbanyak dengan memisahkan rumpun tunasnya, menggunakan setek rumpun daunnya, setek batang ataupun bijinya jika menghasilkan buah pada perbungaannya,” tegasnya.

Selain di Indonesia, kabar ini juga heboh di negara tetangga dan isunya sudah ada sejak Desember 2015 lalu. Bahkan karena hebohnya media The Malaysian Insider ikut membahas pesan berantai tanpa kejelasan sumber ini. Artikel soal pohon dolar dimuat 21 Desember 2015 lalu. Mereka menulis pendapat Dekan Fakultas Pertanian Universitas Putra Malaysia (UPM) Prof Ghizan Saleh yang mengatakan tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan adanya hubungan antara tanaman dan kanker.

Tanaman jenis ini menurut Ghizan Saleh tidak pernah terbukti menyebabkan kanker atau leukimia, meskipun memang ada bagian yang beracun bila ditelan. Racun ini bisa menyebabkan iritasi dan gatal-gatal.

“Perlu penelitian lebih ilmiah tentang efek yang sebenarnya dari tanaman ini, tetapi untuk sekarang saya bisa mengatakan bahwa tidak ada bukti bahwa hal itu dapat menyebabkan kanker atau leukemia,” ucap Ghizan.

Selain itu, pernyataan dari Universitas Sains Malaysia (UMS) soal adanya dua peneliti mereka yang dikabarkan meninggal terkena kanker karena meneliti pohon dolar. Pihak UMS membantah hal tersebut dan meminta para pengguna media sosial untuk berhenti menyebarkan berita yang tidak terverifikasi oleh mereka.

Jadi, kesimpulannya isu mengenai tanaman dolar penyebab leukimia adalah tidak benar. Pihak UMS yang disebut dalam pesan berantai itu juga sudah memastikan berita tersebut palsu. Nah, Anda jadi tidak perlu khawatir lagi jika ingin menghiasi rumah dengan tanaman dolar.

Jangan lupa klik disini untuk melihat aneka bibit tanaman dolar yang kami punya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA