Cara Membuat Tanaman Hidroponik Beserta Contohnya

Cara Membuat Tanaman Hidroponik – Belajar membuat tanaman hidroponik merupakan suatu kegiatan yang bermanfaat terutama bagi Anda yang menyukai kebun. Tanaman hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah sebagai pemenuh kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Di mana tumbuhnya sebuah tanaman akan tetap subur dan dapat tumbuh dengan baik apabila nutrisi (unsur hara) tersebut selalu tercukupi.

Tanaman hidroponik menggunakan nutrisi air tanpa media tanah saat ini banyak diminati. Sebab selain tidak kotor, menanam hidroponik juga bisa Anda lakukan di rumah meskipun memiliki lahan yang sempit. Berbagai hasil sayuran dan buah-buahan bisa didapat dari cara menanam hidroponik ini di antaranya seperti bayam, cabe, tomat, selada, sawi, melon, mentimun dan lain sebagainya.

Artikel terkait
Cara Budidaya Kangkung Hidroponik Menggunakan Botol Bekas

Cara Membuat Tanaman Hidroponik dan Contohnya

Cara membuat tanaman hidroponik beserta contohnya yang akan kami bahas kali ini tidaklah sulit. Untuk itu bagi Anda yang ingin membuat tanaman hidroponik siapkan peralatan yang dibutuhkan dan beberapa bibit yang ingin ditanam. Salah satu cara yang paling mudah untuk pemula membuat tanaman hidroponik adalah dengan sistem wick yaitu metode hidroponik menggunakan perantara sumbu antara nutrisi dan media tanaman. Berikut langkah-langkah membuat tanaman hidroponik menggunakan sistem wick pada botol bekas minuman.

Alat dan Bahan :

  1. Botol bekas minuman mineral
  2. Biji sawi, bibit bisa Anda peroleh dari toko pertanian, untuk jenis tanaman bisa Anda pilih sesuai selera.
  3. Arang sekam dan sabut kelapa
  4. Nutrisi hidroponik (bisa dibeli di toko pertanian)
  5. Sumbu kompor, kain bekas (flannel) atau kapas, silahkan pilih salah satu.
  6. Rockwool yaitu media tanam untuk hidroponik, bisa dibeli di toko pertanian. Rockwool dapat diganti dengan dacron atau busa.
  7. Air bersih

Langkah-Langkah Pembuatan Tanaman Hidroponik :

1. Pembibitan atau penyemaian

Bibit tanaman hidroponik setelah penyemaian dan siap dipindahkan ke media tanaman.

Pertama-tama benih sawi perlu disemai, hal ini bertujuan agar nantinya terlihat bibit mana yang bagus untuk kemudian ditanam. Penyemaian sebaiknya dilakukan dengan media rockwool, karena bebas hama dan penyakit juga dapat menyerap air dengan baik. Cara penyemaian yaitu :

  • Potonglah rockwool beberapa bagian, lalu semailah 1-2 biji benih pada satu rockwool.
  • Basahi rockwool dengan air bersih.
  • Letakkan pada wadah kemudian simpan di tempat yang gelap.
  • Tunggu hingga tumbuh berkecambah.
  • Kemudian pindahkan ke tempat terang, namun tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Semprotkan rockwool dengan air pada pagi dan sore hari secukupnya.
  • Setelah berumur 2 minggu dan telah tumbuh daun tandanya bibit siap dipindahkan ke media tanam.

2. Pembuatan Media Tanam

Cara membuat tanaman hidroponik menggunakan botol bekas.

Potonglah botol minuman bekas menjadi dua bagian atas dan bawah. Pada bagian atas tutupnya dilubagi secukupnya agar sumbu tidak lepas, melalui sumbu inilah air nutrisi akan diserap oleh akar. Setelah sumbu terpasang, isikan campuran arang sekam dan sabut kelapa ke dalam botol dibagian atas, sedangkan pada bagian bawah diisi nutrisi hidroponik sebanyak 2/3 bagian botol bawah. Setelah selesai, tinggal pasangkan botol bagian atas dan bawah dengan posisi tutup botol menghadap ke bawah.

3. Penanaman

Tanaman hidroponik setelah tumbuh

Setelah media tanam dan bibit tumbuhan siap, pindahkan bibit dari tempat penyemaian tanpa merusak akar tanaman. Lubangi media tanam kurang lebih 1-2 cm kemudian tanam benih.

4. Perawatan

Tahapan terakhir dari cara membuat tanaman hidroponik ini adalah perawatan. Tanaman perlu ditambahi dengan cairan nutrisi hidroponik apabila persediannya hampir habis, bisa juga dengan disemprotkan pada tanaman. Cahaya matahari untuk tanaman harus cukup tidak kurang dan tidak lebih. Setelah 60 hari sejak masa tanam, tumbuhan sudah dapat Anda panen hasilnya.

Bagaimana? Sangat mudah bukan menanam tanaman hidroponik! Tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik meskipun tanpa menggunakan media tanah. Semoga informasi cara membuat tanaman hidroponik beserta contohnya ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diskon 20%
Tak Beruntung
Diskon 5%
Hampir!
Diskon 30%
Diskon 15%
Nyaris!
Produk Gratis
Tanpa hadiah
Diskon 10%
Zonk..!
Diskon 25%
Menangkan Diskon / Mawar Rambat GRATIS
Bagi pengguna baru situs Bibit Online, kami memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa diskon atau tanaman mawar rambat GRATIS (bisa pilih varietas pink atau putih).
  • Jika menang, sebuah kupon akan dikirim ke email Anda
  • Kupon expired setelah 5 jam. Gunakan segera.
  • Kesempatan memutar cuma 1x saja. Semoga beruntung 😘