Cara Menanam Buah Tin dan Apa Saja Manfaatnya

Buah tin adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan, buah ini berasal dari Asia Barat mulai dari pantai Balkan hingga Afganistan, nama “Tin” diambil dari bahasa Arab, juga dikenal dengan “Buah Ara atau pohon ara” yang sebenarnya masih termasuk kerabat pohon beringin dari dari genus yang sama, yaitu Ficus.

Bagi Anda umat muslim atau mungkin ada yang pernah mendengar buah tin adalah buah surga yang keramat, hal ini berdasarkan hadis riwayat Abu Darba; Suyuti, Rasulullah SAW pernah bersabda, “Sekiranya aku katakan, Sesungguhnya buah yang turun dari Surga maka aku katakan, inilah buahnya (Tin), sesungguhnya buah surga tiada keraguannya”.

Di Indonesia sendiri belum banyak orang yang menanam buah tin karena harus impor dari negara asalnya. Namun Buah tin terbukti bisa tumbuh subur di Indonesia yang memiliki iklim tropis dan sangat cocok untuk tumbuh kembangnya buah tin tersebut, salah satu tempat pembibitan buah tin terletak di Cipinang jaya, Jakarta Timur.

Buah tin terbagi menjadi dua jenis yaitu buah tin basah dan buah tin kering. Perbedaan antara kedua jenis buah ini hanya pada kadar kalorinya. Jika pada buah tin kering, mengandung 6 kali kalori lebih banyak dari buah tin basah. Sementara untuk jenis varietasnya paling tidak terdapat dua belas jenis yang bisa Anda temui.

Jenis-jenis buah tin
Jenis varietas buah tin adalah buah tin yordan, buah tin ungu, red turki, red palestine, brown turki, negronne, black ischia, black turki, long yellow, libya, panace tiger, dan flanders. sedangkan jika di tempat pembibitan jalan cipinang ini kurang lebih terdapat enam varietas yaitu tin yordan, brown turki, tin ungu, red palestine, libya, dan black turki.

Bagaimana cara memilih (membeli) buah tin yang bagus? ternyata cara memilih buah tin sangatlah mudah. caranya adalah semakin hitam warnanya, maka buah tin tersebut akan semakin manis rasanya.

Khasiat dan Manfaat Buah Tin

  1. Buah tin memiliki kandungan Kalium, Omega 3 dan Omega yang membantu menjaga tekanan darah tinggi dan serangan Jantung koroner.
  2. Buah Tin atau Ara kaya akan serat makanan, yang membuat mereka sangat efektif untuk program penurunan berat badan atau Obesitas.
  3. Daun dari tanaman Tin memiliki sifat penyembuhan pada pasien diabetes dengan mengurangi jumlah asupan insulin. Caranya rebusan lima ruas daun buah tin lalu diminum airnya.
  4. Dengan mengkonsumsi buah tin dengan rutin dapat mengurangi risiko Kanker Payudara dan Kanker Kolon.
  5. Kandungan Coumarin pada buah TIN , juga dapat mengurangi resiko Kanker Prostate.
  6. Kandungan trytophan dalam buah ara dapat menghindari insomnia dan membuat kualitas tidur lebih baik.
  7. Dengan mengkonsumsi rutin buah tin dapat mengurangi kelelahan, meningkatkan daya memori otak dan mencegah Anemia.
  8. Efek pencahar yang terkandung dalam buah ara dapat membantu mengobati sembelit kronis. Selain itu, Buah tin juga kaya akan fenol dan benzaldehid yang berguna sebagai zat anti tumor serta dapat membunuh mikroorganisme penyebab penyakit, jamur, virus dalam tubuh manusia.
  9. Serat larut yang terdapat pada buah tin disebut Pektin yang membantu dalam mengurangi kolesterol darah.
  10. Kandungan kalsium yang cukup tinggi pada buah tin sangat cocok dikonsumsi anak-anak dan orang dewasa untuk memperkuat  pertumbuhan tulang dan sendi dan mempercepat perkembangan tulang dan gigi pada anak.

 

Cara menanam buah tin

Banyak orang yang mengira menanam buah tin itu sangat susah. Tapi pada kenyataannya tidak, karena cara pencangkokan pohon tin sangat mudah. Metode yang dapat kita gunakan adalah metode cangkok praktis. Media yang dibutuhkan menanam buah tin ini hanya berupa pupuk kompos dan juga tanah yang gembur. Selain pupuk kompos Anda juga bisa menggantinya dengan menggunakan sabut kelapa yang justru dapat membuat hasil yang jauh lebih baik. Perbandingan dari kompos dan tanah gembur adalah 1:1.

Selanjutnya mengupas batang dan memotong daun yang terdapat di batang pohon tin, lalu media yang sebelumnya telah dibungkus dengan plastik dilubangi sedikit lalu di tempelkan pada bagian batang tadi. Setelah itu ikat dengan kencang pada bagian tersebut dan tunggu sekitar 3 minggu yang nantinya dalam bagian batang yang terbungkus plastik itu akan tumbuh akar.

Jika terlihat sudah tumbuh akar, sebaiknya cepat dipotong lalu tanam di dalam polybag dan simpan di tempat yang teduh dan sejuk selama satu minggu. Setelah disimpan pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari, karena pohon buah tin akan lebih baik tumbuh di tempat yang panas.

Cara Perawatan Pohon Buah Tin

Untuk perawatan tanaman ara ini cukup mudah, karena hanya perlu menyiramnya setiap hari di pagi hari. Lebih baik dan ideal lagi jika tanaman pohon Tin ini disiram dengan campuran dari M-4, gula pasir dan air dengan perbandingan setengah botol dari M-4, setengah kilo gram gula pasir dan 20 liter dari air. Lalu campurkan semuaanya, diamkan terlebih dahulu selama 3 hari lamanya dan jika sudah disimpan selama tiga hari barulah Anda bisa menggunakan campuran cairan tersebut untuk menyirami pohon Tin. Terakhir yang perlu diperhatikan dari teknik budidaya dan cara menanam buah Tin ini sebaiknya dilakukan saat tidak panas yaitu di pagi dan sore hari atau pada saat cuaca sedang mendung.

Demikianlah panduan dalam budidaya dan tanaman buah tin. Selamat menanam bunda dan semoga tulisan ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diskon 20%
Tak Beruntung
Diskon 5%
Hampir!
Diskon 30%
Diskon 15%
Nyaris!
Produk Gratis
Tanpa hadiah
Diskon 10%
Zonk..!
Diskon 25%
Menangkan Diskon / Mawar Rambat GRATIS
Bagi pengguna baru situs Bibit Online, kami memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa diskon atau tanaman mawar rambat GRATIS (bisa pilih varietas pink atau putih).
  • Jika menang, sebuah kupon akan dikirim ke email Anda
  • Kupon expired setelah 5 jam. Gunakan segera.
  • Kesempatan memutar cuma 1x saja. Semoga beruntung 😘