Bonsai Azalea Bonsai dengan Bunga Indah

Bagi Anda pecinta tanaman hias pasti mengenal tanaman bonsai yang satu ini. Bonzai azalea yakni tanaman bonsai yang memiliki bunga yang sangat indah. Karena keindahannya bonsai ini merupakan salah satu bonsai yang memiliki bunga terindah dibandingkan bonsai lain. Salah satunya yang terkenal adalah bonsai azalea japonica yang berasal dari Jepang.

Bonsai azalea memiliki warna bunga merah ungu mencolok yang sangat menarik dan indah. Tanaman ini asalnya dari daratan Jepang dan Cina. Tanaman ini juga termasuk ke dalam jenis perdu dengan ciri khas pada batangnya. Selain bunga yang mencolok, tanaman ini memiliki daun kecil berwarna hijau, dengan bentuk yang agak membulat. Bakal bunga sendiri memiliki ciri khas berambut. Tanaman ini merupakan tanaman yang tumbuh pada daerah pegunungan. Ketika di daerah pegunungan maka tanaman ini bisa berbunga sangat lebat. Jika di Indonesia bonsai jenis ini hanya dapat kita temui di daerah tertentu yang berada di pegunungan seperti Bogor. Tanaman ini memang menarik peminat dan pengkoleksi tanaman bonsai karena bunganya yang sangat menawan dengan warnanya yang mencolok dan bisa menghasilkan banyak bunga atau bunga yang lebat.

Cara Pembibitan Bonsai Azalea

Bagi Anda yang ingin memilikinya bisa juga melakukan penanaman sendiri atau pencangkokan sendiri di rumah. Caranya cukup mudah, sebelum Anda melakukan proses ini pastikan sudah memahami karakteristik dari tanaman azalea.

  1. Pembibitan

Bunga Azalzea termasuk ke dalam tanaman semak sehingga pada proses pembibitan model pembibitannya cukup atau bisa dilakukan dengan cara stek batang. Cara mendapatkan bibit bunga ini bisa dilakukan dengan mudah. Anda hanya perlu menyiapkan indukan dari Azalea yang bagus, sehat, dan terhindar dari hama. Potong batang dengan pola miring. Anda harus melakukannya dengan pola miring karena hal tersebut akan mempengaruhi hasil dan kualitasnya. Setelah terpotong, tancap stek batang tersebut ke dalam media yang telah disiapkan.

Baca juga: Proses Pembuatan Bonsai Wahong Berpesona Alami

  1. Penanaman

Dalam proses penanaman media tanam tentunya perlu disiapkan untuk menanam bibit pasca potong dari indukannya. Media tanam yang digunakan seperti halnya media tanam lainnya yakni dengan mencampurkan tanah dengan pupuk kandang. Perbandingan dari campuran ini yakni 1 dibanding 1. Setelah media disiapkan bibit ditanam dengan kedalaman 5 sampai 10 cm setelah tertancap sempurna jangan lupa berikan tekanan kepada tanah sehingga bibit bisa berdiri dengan sempurna. Jangan lupa berikan air secukupnya.

  1. Perawatan

Sama seperti proses perawatan bonsai lainnya. Bunga Azalea membutuhkan asupan air yang cukup pada fase awal pertumbuhan bibit. Berikan juga pupuk secara berkala 1 sampai dua bulan sekali agar nutrisi untuk bibit terpenuhi. Lakukan juga penyiangan secara rutin apabila dibutuhkan.

Lakukan pemangkasan secara teratur. Dengan pemangkasan akan membentuk tanaman menjadi menarik dan rapi. Bonsai azalea di Jepang juga sering disebut bonsai azalea prezzo. Karena bonsai adalah pelafalan dari bahasa Jepang, penzai.ย  Dengan melakukan perawatan yang benar maka Anda bisa mendapatkan kualitas bonsai yang baik dan menarik. Bahkan bonsai Anda juga bisa mimiliki nilai jual yang tinggi.

Bonsai azalea merupakan salah satu bonsai primadona di Indonesia karena memang bonsai ini bisa dinikmati banyak orang dengan bunganya yang indah bermekaran dengan warna merah keunguan yang mencolok.

Lihat di sini daftar tanaman bonsai kami.

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA